10 kuliner terkenal di jogja

Wisata Minat Khusus Di Jogja
February 5, 2014
Goa Pindul
February 10, 2014

10 kuliner terkenal di jogja

10 Kuliner Terkenal di Jogja

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan tempat tempat wisata nya saja, namun Yogyakarta juga memiliki banyak kuliner yang siap memanjakan lidah anda dengan jaminan rasa yang mantap dan bikin ketagihan. Sebagian wisatawan bahkan mengunjungi Yogyakarta hanya untuk culinary tour jogja. Berikut 10 kuliner terkenal di jogja yang wajib anda coba ketika berkunjung ke Yogyakarta :

–          Gudeg

10 kuliner terkenal di jogja

              Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan khas jogja satu ini? Gudeg sudah sangat melegenda di Yogyakarta, belum ke jogja kalau belum makan gudeg katanya. Gudeg terbuat dari nangka muda atau gori yang diberi bumbu kuah santan. Rasanya yang manis gurih cocok disajikan dengan nasi hangat, sambal krecek, telur, tahu, tempe maupun suwiran ayam. Ada tiga jenis gudeg yaitu gudeg basah, gudeg kering dan gudeg manggar. Gudeg basah biasanya kuahnya lebih pekat dan “nyemek” sehingga cocok disantap pada pagi hari, Gudeg kering biasanya dimasak lebih lama sehingga lebih awet dan cocok dijadikan oleh oleh. Nah kalau gudeg manggar ini beda dari gudeg pada umunya karena terbuat dari bunga kelapa. Rasanya yang renyah sangat khas di lidah. Gudeg hampir dapat kita jumpai di seluruh area di Yogyakarta, namun sentra Gudeg yang terkenal ada di kawasan Wijilan. Harga gudeg ini bervariasi  antara 10.000-50.000 rupiah.

 –          Oseng Mercon

OsengMercon01

            Bagi anda penyuka kuliner pedas, jangan pikir panjang untuk mencoba kuliner satu ini. Oseng mercon, dari namanya saja sudah unik bukan? Oseng mercon adalah tumis tetelan sapi yang dimasak dengan cawe rawit yang sangat banyak sehingga rasanya sangat pedas. Makanan ini cocok disajikan dengan nasi hangat dan taburan bawang goreng. Oseng mercon yang paling terkenal di jogja adalah oseng mercon di kawasan Jalan Ahmad Dahlan. Disana banyak berjejer warung warung lesehan yang menjajakan oseng mercon. Harga oseng mercon ini bervariasi antara 8000-13.000 saja. Bagi anda yang tidak terlalu suka pedas, oseng mercon di daerah Langensari bisa menjadi alternatif piihan karena rasanya yang tidak terlalu pedas.

–          Sate Klathak

sate klathak

            Tidak hanya Madura saja yang memiliki sate Madura, jogja juga punya sate melegenda bernama sate klathak. Sate Klathak yang paling terkenal di jogja adalah sate Pak Pong di daerah Imogiri. Kenapa dinamakan sate Klathak? Karena saat memanggang  mengeluarkan bunyi ‘thak thak thak “. Sate ini dipanggang menggunakan besi dan hanya dibumbui garam  saja. Walaupun hanya dibumbui garam saja, justru inilah sensasinya, aroma daging sangat kuat akan menggugah selera makan anda. Harga seporsi sate klathak ini 12.000-20.000 rupiah.

–          Sego Pecel

pecel imogiri

              Sego pecel ini menjadi makanan nostalgia orang orang yang berumur 40tahunan. Makanan ini sangat sederhana terdiri dari nasi, sayur pecel, sambel pecel dan ditambah dengan dengan gorengan. Dan biasanya dijadikan sebagai sarapan. Sego pecel yang terkenal adalah sego pecel yang berada di utara fakultas peternakan UGM. Dengan merogoh kocek 9000 anda dapat menyatap seporsi sego pecel tanpa lauk legendaris ini.

–          Angkringan

Angkringan-Lik-Man

             Angkringan dapat di temukan di mana saja dan kapan saja jika anda berkunjung ke Yogyakarta. Angkringan menyajikan makanan makanan seperti nasi kucing, sate usus, sate keong, ceker, kepala, rempelo ati serta tak lupa bermcam macam gorengan. Harga yang cukup relatif murah membuat anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Cukup dengan 5000 saja anda dapat menikmati satu bungkus nasi kucing, segelas teh anget, satu tusuk sate dan gorengan. Murah bukan? Angkringan yang ramai di Jogja contohnya angkringan kopi jos di sebelah utara stasiun Tugu, angkringan wijilan di selatan plengkung wijilan dan angkringan di depan kantor kedaulatan rakyat.

–          Bakmi Jowo

img-20120901-01355

            Jika anda bingung memikirkan menu makan malam untuk di santap di jogja, bakmi jowo bisa menjadi pilihannya. Bakmi yang disajikan dengan telur dan ayam kampung ini cocok dinikmati ketika cuaca dingin dan malam hari. Bakmi jowo bisa direbus bisa digoreng tergantung selera masing masing. Bakmi  Jowo yang terkenal di jogja diantaranya Bakmie Kadin di jalan Kusumanegara, Bakmi Pak Pele di pojok alun alun utara, dan Bakmie Mbah Mo di jalan bantul. Harga bakmi jowo ini bervariatif antara 10.000-20.000 rupiah.

 –          Brongkos

SONY DSC

               Brongkos ini konon adalah makanan kesukaan Sultan Hamengkubuwono X. Brongkos yang terkenal di jogja adalah brongkos Bu Padmi yang terletak di bawah jembatan Krasak, Tempel, Sleman. Sayur brongkos ini terdiri dari tahu, kulit melinjo, kacang tolo, daging sapi dan kuah santan kental. Makanan ini cocok disajikan dengan nasi putih hangat. Harga seporsi brongkos ini hanya 13.000 rupiah saja.

 –          Soto khas Jogja

soto-kadipiro

             Soto khas Jogja ini menyajikan sajian soto dengan kuah yang sangat segar. Soto yang terkenal di jogja adalah soto Kadipiro dan soto pak Sholeh. Soto Kadipiro terletak di jalan Wates sedangkan soto Pak Sholeh terletak di Tegalrejo. Kedua soto dengan harga 15.000- 20.000 rupiah ini selalu ramai dikunjungi. Soto ini cocok disantap saat pagi hari atau siang hari.

 –          Lotek Teteg

lotek-teteg-4-1024x768

            Bagi anda yang seorang vegetarian, lotek ini cocok menjadi alternatif makan siang anda. Lotek teteg ini terletak di Baciro tepatnya di sebelah timur perlintasan kereta api stasiun lempuyangan. Lotek ini sudah berdiri sejak tahun 1968 dan memiliki cobek sangat besar berdiameter 80cm yang konon bisa untuk membuat 40 porsi lotek sekaligus.  Lotek legendaris ini sangat lezat, tidak heran jika lotek ini selalu ramai.  Hanya cukup merogoh kocek 9000 rupiah anda akan kenyang dan puas karena rasa loteknya yang memang nagih.

–          Sate Koyor

Sate-Kere1

               Sate koyor atau yang biasa disebut dengan sate kere ini umumnya di jual oleh pedagang sate keliling yang tempat menaruh wadah satenya di atas kepala. Sate yang terbuat dari koyor sapi atau gajih ini biasa kita jumpai di pinggir Pasar Beringharjo. Sate ytang hanya dibumbui dengan kecap dan lada ini memiliki harga yang relatif murah, hanya 2000 rupiah tiap tusuknya. Tapi bagi anda yang menderita darah tinggi jangan coba coba terlalu banyak memakan sate ini ya bisa bisa darah tinggi anda kambuh. Biasanya sate koyor ini cocok dimakan bersama lontong sayur.

                Nah… itulah 10 kuliner terkenal di jogja yang jangan sampai anda lewatkan jika berkunjung ke kota yang penuh kuliner lezat ini. Kuliner yang di jajakan tak akan merogoh kocek anda terlalu dalam. Berbagai kuliner dengan harga murah namun cita rasa yang tidak murahan. selamat mencoba dan menikmati.

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: