Oleh oleh khas jogja

Museum De Mata
Museum De Mata
February 19, 2014
5 Tempat Terindah Melihat Sunrise di Jogja
February 23, 2014

Oleh oleh khas jogja

OLEH OLEH KHAS JOGJA

Jogja selalu ramai terlebih disaat musim liburan tiba. Sebagai kota wisata, jogja menyajikan sebuah nilai kepuasaan tersendiri bagi pengunjungnya. Salah satu nilai kepuasaan tersebut adalah dari oleh oleh yang dibeli yang akan diberikan oleh sanak saudara. Oleh oleh adalah hal yang wajib dibawa saat berkunjung ke Jogja. Dengan harga yang terjangkau Anda dapat membawa pulang berbagai macam oleh oleh. Berikut daftar oleh oleh khas Jogja :

OLEH – OLEH KHAS JOGJA

1. BAKPIA

Oleh oleh khas jogja

Cemilan kecil satu ini menjadi andalan oleh oleh jika anda berkunjung ke Jogja. Bakpia kini   tersedia dalam berbagai pilihan rasa seperti keju, coklat, durian dan kacang ijo. Ada dua macam bakpia, bakpia kering dan bakpia basah. Bakpia kering sangat cocok untuk oleh oleh karena lebih tahan lama kira kira 10 hari.

 2. RENGGINAN

Rengginan

 Cemilan gurih satu ini menjadi kesukaan wisatawan khususnya para ibu ibu yang doyan “klethik klethik”. Rengginan terbuat dari nasi yang dikeringkan, dibumbui kemudian di goreng. Rasanya yang renyah dan gurih membuat ketagian para penikmatnya. Bagi anda yang tidak suka gurih, rengginan ini juga tersedia dalam rasa manis.

 3. BATIK

batikBisa di bilang Jogja itu surganya batik. Di sepanjang Jalan Malioboro Anda dapat menemui beratus ratus pedagang dan toko yang menjual batik. Dari harga murah sampai harga mahal semua ada di sana. Jenis batiknya pun bermacam macam dari batik tulis sampai batik celup.

 4. GUDEG

gudeg kaleng Karena Jogja adalah kota Gudeg maka tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh oleh gudeg. Kini gudeg bisa dijadikan alternatif oleh oleh karena gudeg tersedia dalam gudeg kering maupun gudeg kalengan.

5. TAS ANYAMAN

anyamanBagi anda yang mengaku fashionable, tas anyaman satu ini bisa menjadi pilihan anda untuk dibawa pulang ke daerah asal. Tas yang terbuat dari enceng gondok yang telah dikeringkan ini begitu cocok untuk melengkapi gaya anda sehari hari. Bentuk dan desain yang bermacam macam cocok digunakan semua kalangan dari yang muda sampai tua.

 6. KAOS DENGAN GAMBAR PLESETAN ALA JOGJA / KAOS DAGADU

kaosSelain batik, di sepanjang jalan Malioboro Anda akan menemukan pedagang pedagang yang menjual kaos dagadu dan kaos plesetan ala Jogja. Kaos Dagadu bisa bergambar Tugu, Malioboro, andong dan sebagainya, sedangkan kaos plesetan gambarnya adalah tulisan plesetan yang akan membuat anda ngakak membacanya. Harganya yang murah dan unik membuat kaos ini cocok dijadikan oleh oleh untuk kerabat terdekat.

 7. BUNGA KERING

bunga-keringBunga kering ini sangat cocok dijadikan hiasan di dalam rumah karena warnanya yang cantik dan bentuknya yang unik. Anda dapat menemukan bunga kering di di sepanjang jalan malioboro dan di dalam pasar beringharjo.

 8. KERAJINAN PERAK

perakJika anda berkunjung ke Kota Gede jangan melewatkan sentra kerajinan perak. Disana anda dapat membeli berbagai macam perhiasan dari perak seperti cincin, gelang, kalung dan anting. Dengan harga yang terjangkau anda dapat membawanya sebagai buah tangan untuk sanak saudara.

 9. KERAJINAN TANGAN

kerajinanJogja kaya sekali dengan aneka kerajinan tangan. Bahkan banyak diantaranya yang telah berhasil diekspor keluar negeri. Kerajinan tangan khas Jogja bisa berupa patung, lampu, miniatur, dll. Berbagai macam kerajinan tangan ini dapat anda beli di Mirota Batik.

 10. KERAMIK KASONGAN

guci-kasongan Kasongan terkenal dengan dengan kerajinan gerabahnya. Aneka pot, gucci, patung yang terbuat dari keramik menghiasi setiap toko di desa Kasongan ini. Anda dapat membelinya satu untuk dibawa sebagai oleh oleh yang berkesan ekslusif.

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: