5 air terjun terindah di yogyakarta

Obyek Wisata Kabupaten Gunungkidul
September 4, 2013
10 wisata goa di yogyakarta
October 6, 2013

5 air terjun terindah di yogyakarta

5 Air Terjun Terindah di Yogyakarta

Yogyakarta adalah destinasi utama di Indonesia, Yogyakarta atau biasa disebut Jogja kental akan budaya Jawa, sejarah dan wisata. Banyak wisatawan datang untuk mengunjungi alam di yogyakarta, seperti pantai pasir putih gunungkidul, gunung merapi maupun air terjun. Kali ini Pamitran Tours akan bercerita tentang 5 air terjun terindah di yogyakarta menurut kami :

1. Air Terjun Sri Getuk

air terjun srigethuk

Air terjun ini merupakan air terjun yang terletak di wonosari gunung kidul. Mengapa air terjun ini bisa di juluki sri gethuk? Karena dulu Konon,  air terjun ini adalah tempat menyimpan kethuk (salah satu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro). Konon lagi setiap waktu tertentu masyarakat sekitar masih sering mendengar suara gamelan dari arah air terjun. Untuk sampai ke air terjun ini kita akan menyusuri sungai menggunakan perahu rakit, kurang lebih 5 menit sudah sampai di air terjun yang tingginya mencapai 12 meter.

2. Air Terjun Sidoharjo

foto by : kampungwestprog

foto by : kampoengwestprog.com

Di kulon progo terdapat air terjun yang masih belum banyak di jamah manusia yaitu air terjun Sidoharjo. Air terjun ini mempunyai ketinggian 75 meter dengan tingkat kemiringan 90 derajat sehingga air yang jatuh tidak terhalang apapun. ketika sedang musim hujan, pemandangan menjadi semakin indah karena debit air banyak.

3. Air Terjun Grojogan Watu Jogol

balibackpacker.blogspot.com

foto by : balibackpacker.blogspot.com

Tidak jauh dari air terjun sidoharjo terdapat air terjun grojogan  watu jogo. Untuk sampai ke air terjun ini wisatawan harus parker di rumah penduduk dan jalan kaki menuju air terjun.  Jalannya memang agak licin dan di tubuhi ilalang, kita juga harus menebus pepohonan lebat, setelah itu menyeberang jembatan bambu sehingga menambah pengalaman baru yang tak terlupakan.

4. Air Terjun Tlogo Muncar

foto by : djumaidi.wordpress.com

foto by : djumaidi.wordpress.com

Air terjun ini berada di dalam tempat wisata kaliurang sehingga banyak di kenal dengan air terjun kaliurang. Dengan tinggi 30-45 meter dengan suhu 20oC -25oC dan bersumber air di lereng bukit plawangan. Sayangnya air terjun ini alirannya tidak terlalu deras sehingga kalau pas musim kemarau kadang sampai kering.

5. Air terjun pantai jogan

5 air terjun terindah di yogyakarta

foto by : Sarwo Hadi Setyana

Ini yang unik, air terjun sekalian pantai. Dalam satu tempat bisa mengunjungi 2 jenis pemandangan yang berbeda. Jadi air terjunnya langsung jatuh ke pantai. Pantai ini terdiri dari tebin-tebing tinggi, dinding-dinding tebing yang tajam dan bebataun-bebatuan koral  serta mempunyai sedikit sekali pasir pantainya. Pasir pantainya dapat kita lihat ketika laut dalam keadaan surut.

Baca juga : 

Demikian 5 air terjun terindah di Yogyakarta. Bila anda membutuhkan jasa paket wisata jogja dan sewa mobil jogja silahkan hubungi Pamitran Tours untuk pelayanan dan harga terbaik.

 Update : 1 September

  • Air terjun Kembang Soka
  • Air terjun Grojogan Sewu
  • Air terjun Mudal

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: