Air Terjun Sri Gethuk Jogja, Oase di Tengah Perbukitan Gersang

Setiap kali liburan tiba, itu adalah saat yang tepat bagi anda untuk merencanakan hal-hal baik seperti refreshing atau mencoba beberapa aktivitas outdoor yang seru. Nah, kali ini ada Air Terjun Sri Gethuk Jogja bagi yang mau relaksasi setelah berpanas-panasan menjelajahi kota seni dan budaya ini. Air Terjun Sri Gethuk cukup terkenal karena berada di daerah pesat wisata yaitu Gunung Kidul. Jadi tentunya selain melihat Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul anda bisa mampir pula ke destinasi wisata lain seperti pantai pasir putih, goa pindul dan goa jomblang, gunung api purba, dan masih banyak lagi.

air terjun sri gethuk

photo by @maia_lan

Daya Tarik Air Terjun Sri Gethuk di Jogja

Pesona Air Terjun Sri Gethuk tak bisa dielakkan lagi. Tersembunyi dibalik perbukitan Gunungkidul, Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Indonesia mengalir deras mengalahkan panas dan kering yang biasa terjadi di daerah ini. Air Terjun Sri Gethuk di Yogyakarta sendiri mulai dikenal pada tahun 2011. Maka tak heran kalau anda kemari sekarang fasilitasnya sudah cukup lengkap. Dari pintu masuknya anda harus menggunakan sampan sederhana untuk bisa sampai ke air terjun tersebut jika tak mau berjalan melewati panasnya perbukitan. Ini sendiri sudah jadi keindahan tak tertandingi.

Objek wisata Air Terjun Sri Gethuk diapit oleh tebing-tebing yang ketinggiannya kurang lebih 50 m. Di atas bukit inilah air terjun dengan deras setiap harinya tanpa mengenal musim. Ketinggian air terjun sri gethuk gunung kidul jogja mencapai 50m. Dibawahnya ada sungai yang mengalir. Seolah tak mau melepas daya pikatnya pada wisatawan, sungai yang berada di air terjun ini pun jadi memiliki kegiatan wisata yang asyik. Body rafting air terjun sri gethuk, yang dimana anda bisa mengambang di sungai dengan ban dan pelampung untuk menikmati sejuknya nuansa di sekitar air terjun. Rafting Air Terjun Sri Gethuk adalah salah satu cara anda menyelami kesejukan tiada tara di tempat ini.

air terjun sri gethuk

photo by @ayodolan

Namun bagi anda yang ingin berenang bebas, tentu anda juga bisa mencobanya di sungai wisata air terjun sri gethuk jogja. Kedalamannya bisa mencapai 5 meter jadi hati-hati untuk para pemula. Kalau takut bisa sewa pelampung.

Nah, ada tips dan saran ketika mau datang ke obyek wisata Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul. Yang paling penting adalah untuk berkunjung kemari saat musim kemarau. Apa nggak lagi kekeringan? Seperti yang dibilang tadi air terjun ini bukan air terjun musiman sehingga meski musim kering airnya tetap deras. Justru ketika musim kemarau air disini tampak bersih dan menentramkan, berwarna hijau kebiruan.

Wisata Sekitar Air Terjun Sri Gethuk

Masih kurang puas main air di Air Terjun Sri Gethuk Wonosari? Tenang, ada wisata terdekat Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul Yogyakarta antara lain: Gua Rancang Kencono, cave tubing Goa Pindul, Goa Jomblang, Gunung Api Purba Nglanggeran, Embung Nglanggeran, Pantai Nglambor, Air Terjun Randusari, dan masih banyak lagi yang lainnya.

air terjun sri gethuk

photo by @muhammadirfanbr

Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Soal tiket masuk air terjun Sri Gethuk Jogja anda tak perlu memikirkannya karena harganya sangat murah. Anda hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp 10.000 untuk htm air terjun Sri Gethuk Jogja dan ini pun merupakan tiket masuk terusan untuk Gua Rancang Kencono. Jadi pastikan anda juga mengunjungi goa tersebut agar tidak rugi sendiri. Biaya parkir juga sudah termasuk didalamnya. Murah kan air terjun Sri Gethuk tiket masuknya? Tapi untuk pelampung atau sewa ban rafting anda harus tambah biaya Rp 5.000 saja.

Fasilitas Air Terjun Sri Gethuk

Sedangkan fasilitas air terjun Sri Gethuk antara lain:

  1. Mushola
  2. Warung
  3. Tempat sewa rakit
  4. Tempat sewa ban dan pelampung
  5. Penitipan barang
  6. Toilet umum
  7. Area parkir
air terjun sri gethuk

photo by @siwildan_

Jam Buka Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Jam operasional Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta adalah setiap hari dari pukul 08.00 – 16.00 WIB. Rentang waktu yang lama ini sudah dipastikan anda puas menikmati keindahan dan berlibur seru-seruan.

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk Wonosari

Jadi dimana dong lokasi Air Terjun Sri Gethuk Wonosari yang cantik ini? Anda bisa langsung meluncur ke alamat Air Terjun Sri Gethuk Jogja yaitu di Dusun Menggoran, Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Letak Air Terjun Sri Gethuk ada di tepi Sungai Oyo.

Akses menuju Air Terjun Sri Gethuk tidak sulit. Sudah ada penunjuk jalan, dan jalan pun sudah mulus. Jika anda tidak tahu arahnya anda bisa bertanya ke orang sekitar. Cara ke Air Terjun Sri Gethuk yang paling baik memang menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum yang mengantar anda kesana. Nah untuk masalah transportasi ke Air Terjun Sri Gethuk ini anda tak perlu khawatir. Ada Pamitran Rental Motor. Kami menyewakan armada mobil, motor, dan bus yang siap untuk anda pakai sesuai kebutuhan dan keinginan. Untuk sewa mobil ada driver yang siap mengantar anda jadi tak perlu repot bertanya kesana kemari. Kami bisa antar gratis dan pemesanan juga dapat via online.

air terjun sri gethuk

photo by @falentinakusumawardani

Rute Air Terjun Sri Gethuk adalah:

Dari Kota Yogyakarta silahkan menuju arah Jl. Wonosari hingga sampai ke Piyungan. Dari Piyungan lanjutkan ke Pathuk. Setelah itu ambil arah ke Sambipitu hingga bertemu pertigaan Lanud TNI AU Lapangan Gading. Di pertigaan ini silahkan ambil kanan untuk menuju Playen. Kemudian anda akan sampai di perempatan Pasar Playen, dan dari sini ikuti petunjuk ke Air Terjun Sri Gethuk atau silahkan bertanya dengan orang sekitar.

Bagaimana? Mau dong ya relaksasi di Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul Jogja? Kalau begitu langsung saja hubungi Pamitran Rental Motor Jogja atau juga ambil paket wisata air terjun sri gethuk di Pamitran Tours. Kami tunggu order anda.