Kalisuci
February 10, 2014
Wisata Kulonprogo
February 10, 2014

Air Terjun Srigethuk

Air Terjun Srigethuk

Air Terjun Srigethuk

Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu wisata alam yang terdapat di daerah Gunungkidul tepatnya di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Terletak di antara ngarai Sungai Oya yang dikelilingi areal persawahan nan hijau, Air Terjun Sri Gethuk selalu mengalir tanpa mengenal musim. Gemuruhnya menjadi pemecah keheningan di bumi Gunungkidul yang terkenal kering.

Air Terjun Srigethuk

Air Terjun Srigethuk

Dahulunya, Air terjun Sri Gethuk terkenal dengan nama air terjun Slempret karena lokasi air terjun tersebut bertempat di lokasi blok Slempret, dan aja juga yang menyebut Air Terjun Sompret. Nama Slempret sendiri berasal dari legenda yang ada di Desa Bleberan. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, air tejun ini merupakan pusatnya para jin dengan pimpinan Jin Anggo Menduro.

Tempat tersebut sangatlah indah karena adanya air terjun yang diapit oleh tebing yang sangat tinggi bahkan tebing tersebut dengan ketinggian sampai dengan 50 m dengan suasana yang sangat romantis karena di daerah tersebut adalah merupakan daerah persawahan yang sepanjang tahun tidak pernah mengalami kekeringan dan bahkan di sepanjang tahun di sana tanaman padi selalu menghijau silih berganti dengan topografi berbukit dengan banyak sekali tumbuh pohon kelapa, sehingga suara angin bertip akan sangat menghiasi lambaian daun nyiur yang melambai di samping itu tempat tersebut adalah merupakan lokasi yang sangat subur karena di dukung dengan 3 sumber mata air yang cukup besar al; Sumber mata air dong Poh, Ngandong dan Ngumbul dengan rata – rata debit 30 s/d 60 l/dtk, sehingga di lokasi tersebut seperti di daerah ngarai, bahkan ketika berada di sana seperti kita berada di luar Gunungkidul.

450px-Air_terjun_Sri_Gethuk

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: