Alun Alun Jogja di Malam Hari – Gemerlap Kota nan Klasik

Menikmati Alun-Alun Jogja memang tak mesti harus malam hari. Tapi kalau kamu mencari sensasi yang khas Jogjakarta, disarankan datang ke Alun-Alun Yogyakarta saat malam. Ada banyak hiburan yang tersedia dan juga event.

Alun Alun Jogja malam hari juga lebih semarak karena ada mobil lampu Alun Alun Jogja, jajaran kuliner Alun Alun kota Jogjakarta, dan juga keunikan wisata Masangin. Alun-alun sendiri terbagi menjadi dua yaitu Alun Alun Utara dan Selatan Jogja. Apa saja yang bisa kamu eksplor di tiap alun-alun ini? Simak artikel berikut.

Artikel Terkait: Keraton Yogyakarta, Memasuki Dunia Para Sultan Jogja

alun alun jogja

photo by @memey_mersi

Keunikan Wisata Alun Alun Jogja di Malam Hari

Kesultanan Yogyakarta merupakan salah satu kerajaan terbesar di Indonesia pada masanya, keturunan langsung dari kerajaan Mataram Islam yang berjaya. Maka tak heran jika terdapat dua alun-alun yang cukup besar. Yang pertama adalah Alun Alun Jogja Utara dan yang kedua disebut dengan Alun-Alun Selatan di Jogja.

alun alun jogja

photo by @citrachairine.29

Letak keduanya berada sejajar dengan Keraton Jogja. Alun Alun Lor Jogja terletak di depan Keraton persis, juga dekat dengan museum Kareta Karaton. Dahulu berfungsi sebagai tempat pertemuan Sultan dengan rakyatnya. Sedangkan Alun-Alun Jogja Alkid terletak di belakang Keraton, berfungsi sebagai tempat hiburan rakyat. Di tempat inilah dahulu sering diadakan acara kerajaan seperti setonan (ketangkasan berkuda), manahan (memanah dengan duduk bersila), rampok macan (lomba adu harimau), dan terakhir adalah Masangin.

Artikel Terkait: Uniknya Tempat Pemandian Kerajaan Tamansari Jogja

Alun-Alun Selatan Jogja

Alun-alun ini lebih terkenal karena aktivitasnya seru. Salah satunya Masangin, adalah latihan konsentrasi melewati dua Alun Alun Jogja Beringin Kembar dengan mata tertutup. Saat ini hanya Masangin lah yang masih dapat dilakukan di Alun Alun Selatan Jogja malam hari. Ajak temanmu seru-seruan mencoba melewati Alun-Alun Jogja pohon kembar sampai berhasil. Konon kalau kamu berhasil, segala keinginanmu akan terkabul.

Selain itu ada hal lain yang bisa kamu lakukan, seperti misalnya menikmati wisata malam Alun Alun Jogja dengan naik Odong Odong Alun Alun Jogja atau sepeda. Odong-odong atau mobil yang dihiasi lampu ini hits banget. Wajib dicoba setiap kali kamu kemari. Sambil menikmati pemandangan dan semilir angin, kamu juga bisa berolahraga.

alun alun jogja

photo by @muhammadfikar730

Setelah kamu lelah dan merasa lapar, puaskan dahagamu dengan mencoba jajanan di Alun Alun Jogja. Harganya terjangkau. Dan kamu mungkin ingin merasakan seperti apa rasanya makan di angkringan Alun Alun Jogja. Tapi bagi yang ingin cari kopi dan snack-snack modern bisa mengunjungi cafe-cafe daerah Alun Alun Jogja. Ada banyak lho. Tinggal pilih.

Baca juga: Benteng Vrederburg Jogja, Saksi Bisu Kejamnya Sejarah Indonesia

Alun Alun Utara Jogja

Sementara itu Alun Alun Utara Jogja malam hari memang lebih sepi. Biasanya digunakan untuk bersepeda. Tapi ada juga angkringan dan wisata kuliner di Alun Alun Jogja yang nggak kalah banyak. Kuliner andalan di alun alun sendiri adalah angkringan, wedang bajigur, wedang ronde, dan jagung bakar. Dan satu yang nggak boleh kamu lupakan adalah berbelanja Dagadu Alun-Alun Utara Jogja.

Alun alun utara memang lebih sepi tapi kalau ada acara di Alun Alun Jogja yang terselenggara pasti ramai. Misalnya saja konser musik dan acara seni lainnya. Dan yang tak kalah ditunggu-tunggu adalah Alun Alun Sekaten Jogja. Di sekaten ada banyak wahana permainan yang bisa dicoba, jajanan unik dan tradisional, hingga barang-barang fashion dan kebutuhan lain yang dijual dengan harga miring.

Festival Alun Alun Jogja diadakan setelah rangkaian acara sekaten mulai dari tanggal 5-12 Mulud penanggalan Jawa. Baru kemudian dimulai Sekatenan atau pasar malam selama 40 hari ke depan.

Jadi, kamu mau ngapain di wisata di Alun Alun Jogja kali ini?

Baca juga: Obyek Wisata yang Terdapat di Malioboro dan Sekitarnya

alun alun jogja

photo by @arif_josselalu

Obyek Wisata Dekat Alun Alun Jogja

Tempat Wisata dekat Alun Alun Jogja yang bisa kamu kunjungi tentunya adalah Keraton Jogja, Tamansari, Malioboro, Titik 0 Kilometer, Benteng Vrederburg, dan lain sebagainya. Tapi semua tempat tersebut hanya bisa dikunjungi dari pagi hingga siang hari. Hanya Titik 0 Kilometer yang bisa didatangi untuk nongkrong di malam hari.

Rekomendasi: Wisata Ramah Anak, Taman Pintar Jogja yang Dekat Malioboro

alun alun jogja

photo by @mahendra_dwika_putra

Letak dan Lokasi Alun Alun Jogja

Jarak Alun Alun Jogja dari Malioboro tidak terlalu jauh. Apalagi untuk alun-alun utara, kamu bisa meraihnya dengan jalan kaki dari Malioboro. Sementara untuk ke Alun-alun Selatan atau Alkid, bisa dicapai dengan becak alun alun jogja kalau kamu nggak mau terlalu mengeluarkan tenaga untuk kesana.

Tidak sulit untuk mencari letak Alun Alun Jogja. Kalau kamu bingung bisa langsung tanya warga sekitar. Tapi untuk kamu yang ingin kesini dengan mobil atau motor bisa sewa mobil dan motornya di Pamitran Rental Motor. Rental mobil Jogja disini murah dan fasilitasnya lengkap.

Cek pilihan sewa mobil murah Jogjanya disini>>

Atau untuk sewa motor Jogja juga bisa banget. Harganya lebih terjangkau dan lebih enak untuk kamu yang nggak bawa rombongan. Jadi nggak perlu cari kendaraan umum, kamu udah bisa keliling alun-alun utara dan selatan, plus objek wisata terdekat lainnya. Hubungi Pamitran Rental Motor kalau kamu tergerak untuk menyewa biar lebih efisien.

Biar lebih mudah, cek peta Alun Alun Jogja: https://goo.gl/maps/6vhgvuyuUr92

Cek juga paket wisata Jogja kami di>>