12 Angkringan di Jogja Terkenal yang Unik dan Bikin Kangen

Kamu lagi di Jogja? Jangan lupa untuk datang ke angkringan di Jogja terkenal. Di zaman sekarang ini ternyata ada sebuah jenis warung khas Jogja yang justru jadi incaran siapapun ketika main ke kota wisata ini. Warung sederhana yang disebut angkringan ternyata sekarang merajalela di berbagai tempat. Selain karena harganya murah, angkringan di Jogja yang enak punya menu unik dan tak kalah sedap dengan restoran.

Untuk kamu yang suka nongkrong dengan teman wajib coba datang ke beberapa angkringan favorit di Jogja ini. Kamu juga bisa cari angkringan di jogja 24 jam buat yang suka menikmati malam. Dan kamu mungkin akan sedikit takjub melihat beberapa angkringan jogja gaul di bawah ini.

angkringan di jogja terkenal

photo by tanahnusantara.com

Menyambangi Angkringan Jogja Paling Terkenal

Sedikit Cerita Tentang Angkringan di Jogja Paling Terkenal

Sebelum kita membahas jauh angkringan di daerah Jogja mana saja yang bisa kamu kunjungi, kita lihat dulu sejarah angkringan, terutama untuk kamu yang baru pertama mendengar namanya. Angkringan biasa disebut juga dengan Warung Nasi Kucing, karena menunya adalah nasi kucing. Nasi kucing sendiri adalah nasi bungkus yang ukurannya kecil, hanya sekepal tangan manusia dilengkapi dengan lauk yang juga sangat sedikit di dalamnya berupa sambal teri atau oseng. Sedangkan untuk tambahan lauknya, disediakan lauk pauk lengkap diluar bungkusan nasi kucing itu.

angkringan di jogja terkenal

photo by dolanyok.com

Angkringan diambil dari kata “ngangkring” atau nongkrong, sebab para pembeli disini selain makan bisa sambil nongkrong dan berbincang dengan para pembeli lainnya. Angkringan ini dulu hanya sebuah warung sederhana. Lebih tepatnya warung makan untuk kalangan menengah ke bawah. Angkringan di kota Jogja jadi ada karena seseorang yang bernama Mbah Pairo dari Klaten, butuh menghidupi keluarganya namun ia sendiri tak punya modal untuk mendirikan toko. Sehingga ia pun membuat pikulan sebagai alatnya menjajakan nasi kucing di kota Jogja. Iya, dahulu angkringan menggunakan pikulan bukan gerobak seperti sekarang ini.

wisata malam jogja hits

photo by @adrianmarvelugr

Nah angkringan Mbah Pairo itu ternyata berlokasi di emperan Stasiun Tugu, yang sekarang sudah berpindah tangan dan diteruskan oleh putranya. Kamu pernah dengar Angkringan Lik Man? Nah, itu adalah angkringan yang diteruskan oleh Lik Man putra Mbah Pairo.

Angkringan Jogja Hits

Angkringan Lik Man

Seperti tadi yang sudah dibicarakan, Angkringan Lik Man merupakan penerus utama dari Angkringan Mbah Pairo yang menjadi legenda angkringan di Jogja. Angkringan jogja terdekat ini bisa jadi andalan terutama kalau kamu menginap disekitaran Malioboro atau daerah kota Jogja. Angkringan jogja lik man ini juga angkringan jogja dekat stasiun tugu. Begitu kamu keluar dari area stasiun, kamu bisa mencarinya di bagian utara, tepat di balik dinding luat Stasiun Tugu.

Soal popularitas jangan ditanya. Angkringan legendaris Jogja ini tak pernah sepi pengunjung. Buka dari sore hari, pasti sudah ada yang setia menunggu warung ini sambil bersiap-siap. Menu favorit yang dibuat oleh Lik Man adalah Kopi Joss. Kopi yang disajikan dengan arang. Itulah kenapa warung ini juga disebut sebagai Angkringan Jogja Kopi Joss. Dan tahu apa yang paling menyenangkan? Penikmat malam bisa nongkrong hingga puas di angkringan jogja 24 jam ini.

wisata malam jogja hits

photo by @voilajogja

Angkringan KR/Angkringan Pak Jabrik

Angkringan yang berada di depan kantor koran kenamaan Jogja ini sebenarnya bernama Angkringan Pak Jabrik. Tapi sering disebut dengan angkringan KR. Yang datang kesini rata-rata anak muda karena angkringan Jogja asik ini sangat nyaman untuk nongkrong malam. Kalau kamu mau tahu salah satu angkringan cozy Jogja, Angkringan Pak Jabrik ini tempatnya. Terkenal juga sebagai angkringan jogja dekat Malioboro. Kalau tadi Angkringan Lik Man populer dengan menu lawas dan legendaris, angkringan jabrik jogja lebih menawarkan rasa-rasa modern. Lauk pauknya pun juga lidah anak zaman now, seperti sate sosis, sate tempura, sate keong, dan lain-lain. Nasi kucingnya saja bervariasi mulai dari oseng tempe, oseng ati, oseng jamur, mercon jamur, dll. Ngobrol asyiklah bersama teman atau keluarga di hamparan lesehannya yang cukup luas.

photo by hipwee

Angkringan Wijilan Jogja

Di daerah Wijilan dekat Malioboro, ada sebuah angkringan yang menjadi terkenal. Namanya Angkringan Kang Harjo. Orang sini sih terbiasa memanggilnya Angkringan Wijilan Jogja. Angkringan Jogja daerah Malioboro ini buka dari sore dan memiliki dua tingkat, membuat banyak orang bisa bergabung makan enak, murah, sambil berbincang. Menu-menu di angkringan malam hari di Jogja ini cukup lengkap. Kamu akan menjumpai meja yang memanjang berisi lauk pauk dan sayur khas Jogja. Nasinya bisa kamu ambil sendiri sesuai ukuran perutmu. Pokoknya apapun disini kamu ambil sendiri (prasmanan). Nggak salah kan kalau jadi salah satu angkringan rame di Jogja? Eh, coba teh pocinya deh. Sedap abis!

Angkringan JAC

Ada lagi nih, angkringan yang bergaya mewah tapi klasik, dan sebenarnya murah. Angkringan JAC atau Angkringan Pendopo ndalem adalah angkringan ngasem jogja yang cukup terkenal karena tempatnya nyaman. Angkringan ini berlokasi disebuah bangunan tua mirip Joglo atau pendopo rumah bangsawan Jawa. Dan tebak, nongkrongmu di angkringan ndalem jogja akan semakin asik karena tempat ini adalah angkringan jogja free wifi. Selain nongkrong ala bangsawan, di angkringan jac jogja kamu akan menemukan kuliner tradisional Jogja dan jajanan klasik seperti Clorot, Kipo, Jadah Manten, Lupis, dll. Bingung? Cari tahu saja disini.

angkringan di jogja terkenal

photo by travel kompas

Angkringan Pak Jack

Selain Lik Man, ternyata Angkringan Pak Jack juga menyediakan menu kopi joss. Angkringan ini berada di sebelah barat jembatan Gondolayu dan selalu jadi jujugan anak muda terutama mahasiswa yang ingin nongkrong asyik. Angkringan ini pun tak pernah sepi pengunjung.

Angkringan Nganggo Suwe

Selanjutnya ada Angkringan Nganggo Suwe atau angkringan Lek Adi. Kalau yang satu ini lebih menyerupai warung makan karena tak ada gerobak angkringannya. Tapi tenang, angkringan lawas jogja ini tetap menjajakan nasi kucing lengkap dengan aneka lauk pauk yang unik. Menu-menu andalannya adalah Wedang Asem Jahe, Wedang Asem Panas, Nasi Bakar, dan Tongseng Keong.

angkringan di jogja terkenal

photo by telusur jogja

Angkringan Bonbin

Jangan lupa untuk mampir ke angkringan Jogja nasi kucing yang terkenal karena nasi kucingnya selalu hangat. Angkringan Bonbin jadi angkringan Jogja terenak menurut warga lokal karena nasi kucingnya fresh from the oven. Begitu diantar biasanya langsung ludes. Jadi kesabaran adalah hal yang wajib disini. Tapi ya, angkringan jogja recommended ini pantas dicoba karena menunya enak-enak. Lokasinya dekat dengan kebun binatang Gembira Loka.

Angkringan Sendang

Angkringan Sendang merupakan angkringan jogja terbaru yang lagi hits. Berada di depan resto Sendang Ayu, angkringan yang bagus di jogja ini punya ciri tulisan “Sendang” di nasi kucingnya. Menu lauk lengkap mulai dari gorengan, baceman, hingga sate. Ada nasi bakar juga disini.

photo by nasirullah sitam

Angkringan Klebengan

Kamu yang lagi ada di sekitar kampus UGM atau UNY bisa mampir ke angkringan Klebengan. Angkringan ini terkenal sebagai angkringannya mahasiswa. Beberapa ada yang sambil diskusi tugas, tapi beberapa juga ada yang hanya ingin gojek kere sama teman-teman. Angkringan ini terkenal karena setiap lauknya bisa dibakar ulang dan selalu ditambahkan kecap manis biar makin mantap. Gimana? Meleleh membayangkannya? Coba juga jajanan khas Jogja yang ada disini.

Angkringan Kali Code

Jika kamu mau coba apa-apa yang unik dari kota Yogyakarta, mainlah ke angkringan unik Jogja Kali Code. Angkringan lesehan jogja ini terkenal juga dengan nama Kopi Code karena menu utamanya adalah kopi. Kopi disini kental, dan nongkrongmu bersama teman jadi makin asyik karena beratapkan langit malam dan suara gemericik sungai Code. Ya, seperti namanya, Angkringan Kali Code berada di pinggir Sungai Code. Dan tempat ini populer sebagai salah satu dari sekian banyak angkringan jogja tengah malam.

photo by kuliner.panduanwisata.id

House of Raminten

Buat kamu yang suka apa-apa hits, ada angkringan instagramable Jogja. House of Raminten merupakan cafe angkringan di Jogja yang sudah terkenal bahkan sampai punya cabang dimana-mana. Meskipun bangunannya mirip cafe atau resto, tapi angkringan jogja modern ini menyajikan menu-menu angkringan dan dengan harga yang semurah angkringan juga. Ketika malam hari atau weekend, antrian akan mengular seolah tiada habisnya. Kamu wajib coba kemari.

Angkringan Pendopo Lawas

Terakhir kita punya Angkringan Pendopo Lawas yang juga bertema cafe angkringan. Pendopo Lawas tak seperti angkringan biasanya menempati bangunan pendopo klasik dan berada di pinggir alun-alun utara. Angkringan jogja alun alun ini juga jadi tujuan anak muda tiap malam. Menu nasi kucing dan lauk pauknya tergolong lebih kekinian. Tempatnya juga karena mengambil area outdoor yang beratapkan langit langsung dan ditambah dengan lampu-lampu temaram yang cukup romantis. Kamu juga bisa cari minuman macam-macam teh dan juga coklat panas.

angkringan di jogja terkenal

photo by travelingyuk.com

Jangan bilang kamu sudah ke Jogja kalau belum mampir ke angkringan-angkringan di atas. Salah satu pesona kota ini juga terletak pada warung yang cukup khas ini. Jadi kamu wajib datang ke angkringan Jogja. Dan jika kamu butuh sewa motor di Jogja untuk muter-muter kota, ada Pamitran Rental Motor Jogja yang siap jadi andalanmu. Untung banget kalau kamu sewa disini, karena selain motor ada juga rental mobil Jogja yang bisa kamu pakai. Harganya pasti terjangkau. Buat kamu yang lagi bingung cari-cari paket tour Jogja untuk dolan ke destinasi favorit, Pamitran Rental Motor juga punya paket-paket wisata murah di Jogja yang amazing. Kalau kamu nggak percaya cek sendiri di website kami. Atau langsung saja hubungi via Whatsapp biar lebih leluasa.