Lokasi Beli Batik di Jogja yang Terkenal dan Sangat Recommended

Ketika anda datang ke Yogyakarta, pastinya yang terbersit pertama sebagai oleh-oleh khas dari kota ini adalah batik di Jogja yang murah. Tentu saja ada banyak tempat beli batik di Jogja yang terkenal. Tapi untuk belanja batik di Jogja yang berkualitas namun harganya terjangkau, tentu ada rekomendasi toko batik favorit di jogja atau tempat beli batik di jogja lainnya yang sudah jadi langganan jutaan pengunjung. Bahkan ada yang menyerupai pasar batik di Jogja seperti Pasar Beringharjo. Lalu dimana lagi kira-kira lokasi beli batik Jogja yg terkenal? Sudah penasaran? Berikut daftar rekomendasi tempat cari batik jogja murah dan bagus.

Daftar Tempat Beli Batik Bagus di Jogja

Sejarah Batik di Yogya

Membeli tanpa tahu makna di balik batik pastinya cukup aneh. Dengan kita tahu sedikit sejarah batik jogja dan maknanya tentu kita akan semakin greget untuk melestarikan dan membelinya. Batik diambil dari kata “tik” yang artinya metode menitikkan malam atau wax atau cairan lilin (malam) yang menjadi alat lukis kain atau merujuk pada sesuatu yang detail dan halus. Batik jogja klasik dahulu hanya boleh dipakai oleh keluarga kerajaan dan bukan rakyat biasa. Kegiatan membatik pun hanya boleh dilakukan oleh ratu dan puteri keraton sebagai bagian dari pendidikan mereka. Namun lambat laun jadi banyak yang ingin belajar membuat batik dan memakainya.

Dalam prosesnya batik akhirnya menembus dinding Keraton dan berkembang luas di masyarakat sehingga terbagi menjadi batik larangan jogja yang dipakai oleh keluarga kerajaan sebagai batik jogja keraton, batik sudagaran (untuk bangsawan), dan batik petani untuk masyarakat umum.

batik di jogja terkenal

photo by artikel indonesia

Motif Batik Jogja

Motif-motif batik juga sangat banyak seperti motif batik fauna jogja, batik jogja kawung, batik lawasan jogja,  batik jumputan jogja, batik lurik jogja, batik ceplok, batik lereng, batik motif bunga jogja atau batik truntum, batik parang, batik nitik, batik semen, motif isen, dan lain-lain.

Ciri dari batik jogja kuno adalah ditulis atau dilukis sehingga disebut sebagai batik jogja tulis dan sekarang jadi yang paling mahal. Latar kain berwarna putih atau hitam. Sementara warna batik bisa putih, coklat soga, atau biru kehitaman. Sementara itu beda batik jogja dan solo terlihat cukup signifikan. Untuk warna dasar Solo lebih memilih latar hitam kecoklatan. Background motif Jogja lebih ke warna putih sedangkan Solo mengambil warna coklat atau gelap. Lalu motif Jogja cenderung tegas dan memperlihatkan kekayaan bangsa, sedangkan Solo lebih luwes dan beragam karena terkena pengaruh Belanda.

photo by independensl

Batik jogja dan filosofinya selalu melekat erat dalam masyarakat karena batik diciptakan sebagai seni dan jati diri masyarakat Jogja serta penanda status kala itu. Kini batik sudah berkembang pesat dan tentu sudah banyak motif-motif modern yang beredar luas di Jogja seperti motif batik menjalar, motif tumbuhan, motif geometri, dan bahkan jenis batik pun semakin banyak. Batik jogja modern yang bisa kita lihat saat ini adalah batik embos jogja, batik lukis jogja, dan batik jogja kekinian yang terbaru yaitu batik ecoprint jogja. Batik jenis ini melibatkan tumbuhan asli seperti dedaunan yang ditempelkan ke kain. Dari segi fungsi batik pun jadi lebih banyak. Jika dulu hanya sebagai batik jarik jogja, sekarang kain batik digunakan sebagai pakaian batik etnik jogja dengan model kekinian seperti dress, cardigan, topi, batik jogja sarimbit untuk baju couple, sebagai hiasan rumah, dan fungsi-fungsi lain.

Tempat Beli Batik Murah Di Jogja

Setelah tadi melihat sejenak sejarah Batik di Yogyakarta, sekarang saatnya anda mengetahui tempat mana saja yang menjual batik bagus di Jogja.

Jalan Malioboro

Yang pertama dan terutama wajib dituju adalah Jalan Malioboro. Batik di jogja malioboro ini cocok bagi anda yang sedang mencari daster, celana santai, dan aksesoris dari batik yang murah. Cari saja di sepanjang kaki lima Malioboro dan anda akan mendapatkan koleksi yang sangat bervariasi dan tentunya murah. Anda pun bisa menawarnya.

Batik Jogja Beringharjo

Lokasi berikutnya tidak jauh dan masih di kawasan Malioboro. Batik Jogja Pasar Beringharjo selalu jadi acuan dikala butuh membeli oleh-oleh batik murah karena jika beli dalam jumlah banyak akan semakin mendapat diskon. Pasar Beringharjo sendiri selalu jadi surga tempat beli kain batik jogja (masih berupa kain jarik) dan tempat beli baju batik murah di jogja dengan gaya modern seperti dress, cardigan, rok, celana, daster, kemeja, dan batik sarimbit jogja. Harganya tentu murah-murah mulai dari Rp 30.000.

Lokasi: Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Maps>> https://goo.gl/maps/YYdyZ1yQVmEZL9Nz7

Mirota Batik Atau Hamzah Batik

Berseberangan dengan Pasar Beringharjo ada gerai Mirota Batik atau Batik Jogja Hamzah yang juga cukup terkenal. Toko batik di Jogja yang bagus ini menjual ragam batik murah hingga yang mahal. Ada batik cap dan juga batik tulis disini. Juga tersedia dalam bentuk kain batik dan pakaian. Selain batik, toko batik jogja rekomendasi ini menjual pernak-pernik khas Jogja, hiasan rumah, dan aksesoris unik. Semua tentang Jogja. Dan tak jarang anda bisa menemukan hal tradisional Jogja disini.

tempat belanja jogja terkenal

photo by bon voyage jogja

Lokasi: Jl. Margo Mulyo No.9, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Maps>> https://goo.gl/maps/au3ddZhnptLr2YTFA

Batik Giriloyo Jogja

Terkadang kita butuh datang langsung ke pengrajin batik di Jogja untuk mendapatkan batik yang berkualitas. Jika anda termasuk penikmat seni dan kerajinan batik asli, datanglah ke batik factory jogja Kampung Giriloyo. Harganya memang agak mahal, tapi tentu sejalan dengan kualitasnya. Disini juga anda bisa belajar membatik selama 2 jam. Anda akan diajarkan teknik dan motif klasik batik Jogja. Lalu membawa pulang hasil karya tangan anda.

batik di jogja terkenal

photo by @petrichor8994

Lokasi: Gazebo Wisata Giriloyo, Jl. Imogiri Tim. No.Km. 14, Karang Kulon, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55782

Maps>>  https://goo.gl/maps/Tj99xpidg6yHTGfU7

Batik Ngasem Jogja

Nah ini dia kampung yang jadi surga batik. Jika anda sedang jalan-jalan santai di sekitar Kampung Ngasem, kampung ini pusatnya butik-butik batik jogja termurah. Batiknya beragam mulai dari batik tradisional hingga modern; mulai dari batik tulis, hingga batik cap dan printing. Tak hanya menjual pakaian, di Ngasem anda dapat menemukan tas batik, seprai batik, selimut batik, dan aksesoris dari batik lainnya. Beberapa bahkan warnanya terang dan mencolok sehingga terlihat modern.

Lokasi: Jl. Polowijan No.11, Patehan, Kraton

Maps>> https://goo.gl/maps/XQE3bdpnphou9G93A

Desa Krebet

Batik Yogyakarta ini ternyata tak hanya melulu batik tulis atau batik cap. Juga tak melulu batik dalam bentuk pakaian. Nyatanya ada jenis batik unik yaitu batik ukir jogja atau batik lukis yang ada di Desa Wisata Krebet. Disini anda dapat menjumpai beragam kerajinan topeng, aksesoris, dan hiasan rumah  dari kayu yang dilukis batik. Harganya pun murah jika anda mau bawa pulang sebagian untuk koleksi maupun oleh-oleh. Dan seperti biasa anda juga bisa belajar membuat batik lukis disini.

Lokasi: Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul

Maps>> https://goo.gl/maps/eGext9SSXyjfze747

Toko Batik Winotosastro

Batik Winotosastro sudah berdiri lama sejak tahun 1940 an. Toko batik di jogja yang terkenal ini juga jadi langganan masyarakat Jogja maupun wisatawan. Sangat mudah untuk menemukan batik jogja tradisional di toko ini. Anda bahkan bisa belajar membuat batik.

Lokasi: Jl. Tirtodipuran No.54, Mantrijeron

Maps>> https://goo.gl/maps/QDwiF7SV1x7U5r3g7

Batik Seno

Toko batik jogja yg bagus selanjutnya adalah Batik Seno. Toko ini selalu jadi incaran wisatawan asing. Batik Seno merupakan galeri batik jogja terbesar sehingga tak heran koleksinya cukup lengkap. Eksis sejak 30 tahun yang lalu, Batik Seno menawarkan paket lengkap. Batik yang mendunia dan kelas membatik yang dapat anda ikuti langsung diajari oleh ahlinya.

batik di jogja terkenal

photo by @batikseno_jogja

Lokasi: JL. Mantrijeron, MJ. III/800, Jl. Mantrijeron, Mantrijeron

Maps>> https://goo.gl/maps/UwDGBjtL9aX6GMQm8

Batik Yudhistira

Yogyakarta memang terkenal dengan tempat beli batik murah Jogja. Salah satu tempat untuk mencari batik Jogja murah meriah adalah di toko Batik Yudhistira. Tempat membeli batik di jogja yang satu ini tak pernah sepi pengunjung karena tiap itemnya murah sekali. Hanya dengan sekitar Rp 30.000 anda bisa mendapatkan satu potong pakaian batik. Jika anda beli banyak tentu semakin banyak diskon yang didapat. Tapi disini juga ada batik berkualitas dan batik tulis tentunya.

Lokasi: Jl. Taman Siswa No.150A, Wirogunan, Mergangsan

Maps>> https://goo.gl/maps/8WEpS2KkSq9HidfJA

Batik Rumah

Mau datang ke toko batik jogja paling bagus? Kunjungilah Batik Rumah yang jadi sasaran wisatawan manca. Tempat beli batik di Yogyakarta yang satu ini cukup terkenal karena kreasi batiknya yang unik. Batik buatan Batik Rumah ini terkenal awet dan karena itulah banyak yang suka.

photo by @ellyn_harnes

Lokasi: Jl. Suryowijayan No.427, Gedongkiwo, Mantrijeron

Maps>> https://goo.gl/maps/c9ZdxCHw9FuSS1mu7

Batik Danar Hadi

Masih jalan-jalan di sekitar Malioboro dan mau cari toko batik di jogja malioboro? Tenang, ada Batik Danar Hadi. Danar Hadi sendiri sangat terkenal di Jogja sebagai tempat cari batik premium di Jogja. Jika anda sedang di Malioboro silahkan mampir ke gerainya.

Lokasi: Jalan Malioboro 25, Sosromeduran, Gedong Tengen, Jogja

Maps>> https://goo.gl/maps/mcZ9zSmuhNkw65LX9

Rianty Batik

Terakhir masih di sekitar Malioboro juga, ada Rianty Batik yang jadi tujuan untuk mencari batik jogja terbaru dengan model yang berkelas dan modern. Rianty Batik terkenal dengan modelnya yang sangat fashionable dan segar serta unik. Namun harganya terjangkau. Batik jogja murah yang tersedia disini adalah kemeja, dress, blouse, outer, rok, serta pernak-pernik aksesoris.

batik di jogja terkenal

photo by @lyly_lylyana

Lokasi: Jalan Malioboro No. 79, Sosromeduren, Jogja

Maps>> https://goo.gl/maps/DFhUUysWUyyukybe8

Gimana? Segera ingin beli batik di Jogjanya kan? Langsung saja serbu sebelum anda kehabisan yang anda mau. Dan jika anda butuh bantuan dalam hal transportasi selama di Jogja, ada Pamitran Rental Motor Jogja yang bisa membantu. Anda bisa sewa mobil murah Jogja disini. Hitung-hitung cari-cari batik untuk oleh-oleh juga jadi lebih mudah. Atau mau yang lebih murah? Ada juga rental motor Jogja yang bisa dipilih. Namun untuk mudahnya, anda bisa juga mengambil paket tour Jogja yang akan mengantar anda ke destinasi favorit Yogya dan sudah jadi satu dengan transport serta driver. Kalau bisa jadi lebih mudah kenapa tidak kan? Segera hubungi kami dibawah ini ya.