Benteng Vredeburg Jogja: Wisata Museum Jogja Tak Melulu Membosankan

Sudah pernah datang ke Benteng Vredeburg? Benteng Vredeburg Jogja adalah satu-satunya benteng bekas penjajahan Belanda yang kini jadi museum. Makanya, wisata sejarah atau wisata budaya Jogja ini takkan jadi membosankan.

Selain anda dapat mempelajari sejarah dari tiap diorama di tiap ruangan, anda bisa melakukan hal lain seperti foto-foto dengan tema kolonialisme di Benteng Vredeburg wisata, dan menikmati secangkir kopi ketika malam tiba di benteng ini. Asyik kan? Kalau mau, yuk kita lanjut membahasnya.

benteng vredeburg jogja

photo by @biandaalzena

Keistimewaan Benteng Vredeburg di Yogyakarta

Benteng Vredeburg di Jogja adalah salah satu wisata edukasi Jogja dan juga termasuk ke dalam wisata budaya di Jogja yang cukup terkenal. Saat libur tiba, lokasi ini akan penuh dengan masyarakat umum maupun pelajar yang hendak belajar sejarah tentang Jogja pada masa kolonialisme.

Apa yang menarik dari Benteng Fort Vredeburg tentunya adalah lokasi bekas benteng yang cukup berpengaruh pada masanya, yang masih tetap utuh hingga kini, namun diubah menjadi museum yang apik.

Baca juga: Rute Wisata Wajib, Tempat Pemandian Kerajaan Tamansari Jogja

benteng vredeburg jogja

photo by @arie_ardie

Sejarah Benteng Vredeburg di Jogja sendiri sangatlah unik. Museum Benteng Vredeburg Jogja merupakan bangunan khas Belanda (loji) tertua di kawasan Malioboro. Kala itu, benteng dibuat karena pemerintah Belanda khawatir terhadap kemajuan pesat Kraton Yogyakarta. Karena itulah mereka membangun benteng dengan jarak yang sangat dekat, seperlemparan meriam dari Kraton. Mereka beralasan membangun benteng untuk keamanan Kraton, namun tentu saja siasat dibaliknya adalah untuk mengatur strategi menjatuhkan Kraton Jogja.

Awalnya, benteng diberi nama Rustenburg yang artinya tempat peristirahatan. Namun diganti menjadi Vredeburg dengan arti perdamaian. Berulangkali tempat ini berganti fungsi mulai dari benteng pertahanan Belanda, markas tentara, tempat perlindungan residen, tempat tahanan dan kini menjadi Museum Wisata Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Edukasi Taman Pintar Yogyakarta

benteng vredeburg jogja

photo by @jogjajateng

Isi Benteng Vredeburg Yogyakarta

Bentuk bangunan Benteng Vredeburg menyerupai bujur sangkar dengan 4 bastion di tiap sudut. Di bagian depan sebelum pintu masuk, anda akan berjumpa dengan tembok keliling, jembatan angkat, dan parit. Kemudian di dalamnya anda akan disambut taman yang luas dimana tempat duduk, koleksi meriam, dan patung-patung berada.

Di dalam benteng terdapat ruangan-ruangan dua lantai yang dijadikan museum yang menampilkan diorama sejarah Indonesia terutama Jogjakarta. Kini disini juga ada Perpustakaan Benteng Vredeburg bagi anda yang ingin membaca buku ketika berada disini.

Lihat>> Kraton Yogyakarta, Gudang Sejarah dan Wisata Klasik di Jogja

benteng vredeburg jogja

photo by @himawanadi27

Fasilitas Benteng Vredeburg dilengkapi sedemikian rupa. Mulai dari toilet, tempat duduk, kantin, hingga cafe di Benteng Vredeburg Jogja. Indische Koffie Benteng Vredeburg Jogja cukup sensasional. Kalau anda ingin mengecap sensasi menjadi tuan dan nona Belanda, disinilah tempatnya. Cafenya masih berada di dalam halaman benteng lho. Sedangkan untuk hotel dekat Benteng Vredeburg tentu ada sangat banyak, karena benteng ini berada di kawasan wisata Malioboro.

benteng vredeburg jogja

photo by @soldatzkaiser

Obyek Wisata Dekat Benteng Vredeburg

Di dekat Benteng Vredeburg Yogyakarta ada macam-macam. Anda bisa sekalian menjelajah Jalan Malioboro, kemudian mampir ke Taman Pintar. Atau juga datang ke Kraton Jogja dan Tamansari. Di malam harinya anda bisa menikmati Titik 0 Kilometer dan alun-alun selatan.

Rekomendasi: Mencari Sepenggal Kisah Sejarah di Kotagede Jogja

benteng vredeburg jogja

photo by @nia7o

Benteng Vredeburg Harga Tiket Masuk Terbaru

Berapa htm Benteng Vredeburg Yogyakarta? Tiket Masuk Benteng Vredeburg Jogja dibagi menjadi dua yaitu tiket dewasa dan anak-anak. Untuk dewasa tiketnya Rp 3.000 sedangkan anak-anak Rp 2.000. Berbeda lagi untuk wisatawan asing dan rombongan. Harga tiket Benteng Vredeburg Jogja untuk wisatawan asing sebesar Rp 10.000. Namun untuk rombongan pelajar dan lain-lain tentu ada paket tersendiri.

Sewa Mobil & Motor Sekarang

Jam Operasional Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg Malioboro Jogja tutup setiap hari Senin. Bukanya hanya pada hari Selasa-Minggu. Benteng Vredeburg jam buka mulai dari pukul 08.00 – 16.00 WIB setiap Selasa hingga Jumat, dan 08.00 – 17.00 WIB setiap Sabtu dan Minggu.

Museum Benteng Vredeburg Jogja Alamat Lengkap

Lokasi Benteng Vredeburg Yogyakarta berada di Jalan Ahmad Yani (Jalan Margo Mulyo) No. 6 Yogyakarta. Museum ini terletak tepat di Titik Nol Kilometer Yogyakarta, di seberang jalan persis Gedung Agung. Letaknya juga dekat dengan Pasar Bringharjo, sehingga anda bisa sekalian mampir untuk membeli batik khas Jogja yang murah.

Peta Benteng Vredeburg>> https://goo.gl/maps/BpMJLLV1shT2

Anda bisa datang kemari setelah dari Keraton ataupun Tamansari. Dengan berjalan kaki atau naik becak, atau dengan sewa mobil di Jogja juga bisa. Kalau anda mau sewa mobil di Jogja dan sewa motor murah Jogja, hubungi Pamitran Rental Motor Jogja. Ada driver yang siap mengantar anda. Pun juga jika ingin study tour ada paket wisata study tour Jogja yang bisa anda pilih. Paket sudah lengkap dengan transportasi dan hotel.

Sewa Mobil & Motor Sekarang

Yuk segera ke Benteng Vredeburg dan pesan transportasi atau paket tour pilihan Jogja di Pamitran Rental Motor.