Menjelajahi Candi Buddha Terbesar di Dunia, Candi Borobudur Jateng

candi borobudur jateng

photo by @kreasinova

Candi Borobudur Jateng sudah terkenal di seantero negeri bahkan dunia karena menjadi peninggalan candi Buddha terbesar di dunia. Datang ke Candi Borobudur jogja akan membawa kamu seolah kembali ke masa lalu dimana candi ini pernah dipakai sebagai tempat ibadah umat Buddha di sekitar tempat tersebut. Dan apalagi keindahan Candi Borobudur Magelang dulu dan sekarang nggak jauh berbeda.

Asal-Usul Candi Borobudur Jawa Tengah

Menurut sejarah Candi Borobudur dibangun sekitar tahun 800 Masehi atau sekitar abad ke-9. Candi Borobudur dibangun oleh para penganut agama Buddha Mahayana. Pendirinya adalah Raja Samaratungga dan diperkirakan selesai sekitar tahun 900 masehi, tepatnya  pada masa pemerintahan Ratu Pramudawardhani yang merupakan putri dari Raja Samaratungga. Candi Borobudur fungsi sebagai tempat pemujaan umat Buddha. Candi Borobudur peninggalan kerajaan Mataram Hindu berkembang pesat pada masanya tetapi mulai ditinggalkan oleh masyarakat Buddha sekitar abad ke 14 setelah pengaruh Islam masuk. Baru pada tahun 1814 Sir Thomas Raffles menemukan candi tersebut. Sejak saat itu usaha pemugaran terus dilakukan.

candi borobudur jateng

photo by @yvettheworld

Candi Borobudur candi budha terbesar di dunia ini kini jadi peninggalan bersejarah bagi dunia karena jadi satu-satunya candi Buddha dengan kerumitan arsitekturnya dan wilayahnya yang luas. Candi Borobudur Indonesia ini terkenal dengan relief indahnya dan tiga tingkatan lantai yaitu Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu. Uniknya, candi ini juga dibangun dengan inspirasi gaya India, sehingga terbentuklah kerumitan relief dan kelengkapan yang sedemikian rupa. Relief dan patung serta stupanya saja yang terlengkap di seluruh dunia. Candi Borobudur relief ada yang menceritakan Karmawibhangga, Lalitaswara, Jataka dan Awadana, serta Gandawyuha dan dimulai di lantai kedua. Nggak heran memang kalau ia jadi candi borobudur UNESCO. Sebagai candi borobudur warisan dunia kita patut berbangga memilikinya.

Panduan Wisata Candi Borobudur 2019

Karena masuk candi borobudur 7 keajaiban dunia, kamu wajib banget dateng ke tempat ini. Masak kamu mau kalah sama wisatawan mancanegara yang selalu menyempatkan diri mampir kemari kalau lagi ke Indonesia? Wisata Candi Borobudur sekarang ini udah lengkap dan menarik untuk dicoba satu persatu. Yang paling pertama adalah Candi Borobudur Sunrise. Sunrise Candi Borobudur Jateng ini adalah sebuah cara spektakuler untuk kamu penyuka alam untuk menghabiskan waktu menikmati cantiknya pagi hari yang dipadu dengan keindahan Candi Borobudur Jateng. Unik kan?

Kurang unik? Tambah lagi dengan candi borobudur wisata ketika hari raya Waisak. Iya, di hari raya ini umat Buddha dan para biksu akan berdatangan untuk beribadah disini. Mereka akan juga melakukan perjalanan ke kedua candi terdekat lain selain Borobudur. Kalau kamu mau ikutan melihat serunya festival ini, buruan datang kemari bertepatan ketika Waisak ya.

Masih kurang unik lagi? Tambah deh dengan jalan-jalan cantik ala candi borobudur temple. Kamu bisa naik gajah untuk keliling kompleks, atau mencoba naik andong dan sewa sepeda untuk jalan-jalan di pedesaan sekitar candi. Tenang, kamu pun bisa turun dan menikmati atau foto di area persawahan kalau kamu tertarik. Atau juga di rumah-rumah warga. Buat anak-anak ada juga kereta kelinci untuk keliling Borobudur.

photo by @aramdani_afca –

Fasilitas di Candi Borobudur

Fasilitas di Candi Borobudur yang tersedia adalah seperti:

  • Area Taman termasuk Museum Karmawibangga dan Museum Kapal Samudraraksa,
  • Kereta Mini,
  • Visitor Center,
  • Sewa sepeda,
  • Safari Gajah,
  • Andong,
  • Hotel di Candi Borobudur,
  • Candi Borobudur Restaurant
  • Kios Makan dan Minum,
  • Kios Cinderamata
  • Toilet,

photo by @anunggra

Jam Buka Candi

Candi Borobudur buka jam 06.00 hingga 17.00 WIB setiap hari. Sementara itu untuk jam buka tempat wisata Candi Borobudur sunrise adalah 04.30 WIB. Diharapkan tidak terlambat datang atau pintu akan ditutup.

Candi Borobudur Alamat

Ingat, Candi Borobudur terletak di Magelang, bukan di Yogyakarta. Jadi kamu perlu melakukan perjalanan 1,5 jam dari kota Jogja untuk ke kota di Jateng ini. Candi Borobudur alamat adalah Jalan Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Cara ke Candi Borobudur paling mudah adalah dengan pakai kendaraan pribadi. Bisa motor atau mobil. Kamu bisa sewa keduanya di Pamitran Rental Motor. Untuk mobil tersedia plus driver jadi kamu nggak perlu ribet mikir rute. Ke candi borobudur dari jogja juga bisa menggunakan bus umum. Caranya adalah dengan datang ke Terminal Giwangan Jogja atau Terminal Jombor. Ongkosnya sekitar Rp 10.000.

Akses wisata Candi Borobudur terbilang mudah. Rute wisata Candi Borobudur dari Jogja dimulai dari menuju ke Jl. Magelang sampai akhirnya bertemu pertigaan jalan menuju Borobudur. Dari sini belok kiri dan ikuti saja petunjuk arah yang ada. Candi Borobudur lokasinya dekat juga dengan wisata lain yang ada yaitu Candi Mendut, Candi Pawon, Gereja Ayam, dan Punthuk Setumbu. Kamu Cuma perlu waktu sebentar dari candi borobudur ke gereja ayam yang sekarang lagi hits itu.

photo by @thebossofbali

Candi Borobudur Harga Tiket

Nah untuk Htm Candi Borobudur ada banyak dibedakan menjadi tiket untuk dewasa dan anak-anak, domestic dan luar negeri, serta paket-paket hemat. Harga tiket masuk wisata Candi Borobudur untuk wisatawan domestik adalah Rp 30.000 (dewasa) dan Rp 12.500 (anak-anak). Sementara Candi Borobudur entrance fee wisatawan asing adalah 15 USD (adult) dan 8 USD (kids). Namun harus diingat untuk yang mau mencoba Borobudur sunrise ada pembelian tiket tersendiri yang biasanya dapat dipesan di Hotel Manohara, hotel terdekat candi. Harganya pun khusus:

Harga
DomestikRp 325.000 (Dewasa)

Rp 162.500 (Anak-anak)

ForeignerRp 450.000

Bagi yang ingin merasakan safari Gajah Borobudur tiketnya sekitar Rp 250.000 per orang. Namun jika hanya befoto atau memberi makan dikenai tiket sebesar Rp 50.000.

Adapun Candi Borobudur harga tiket paket berikut:

PeroranganRombongan
Paket Taman Wisata Candi BorobudurDewasa: Rp 40.000

Anak-anak 10 th kebawah: Rp 20.000

Rp 20.000 per orang
Paket Terusan Borobudur, Pawon, MendutDewasa: Rp 60.000

Anak-anak: Rp 30.000

Rp 30.000 per orang
Paket Candi Borobudur – Candi Ratu BokoDewasa: Rp 75.000

Anak-anak: Rp 35.000

Paket Candi Borobudur –  Candi PrambananDewasa: Rp 75.000

Anak-anak: Rp 35.000

Ayo segera ke Candi Borobudur Jawa Tengah bersama Pamitran Rental Motor. Dijamin liburanmu akan jadi yang paling menyenangkan sedunia deh!

Booking dan Informasi

Pamitran Rental Motor Jogja

  • Jalan mrican baru 1 D Yogyakarta 55281
  • e-mail: info@pamitranrentalmotor.com
  • Office : +62 274 5205455
  • Mobile / WA : +6285878686610