Candi Borobudur

Museum Benteng Vredeburg at night
February 23, 2014
Kaliurang
March 3, 2014

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan Candi Buddha terbesar di abad 9. Candi yang terletak di Magelang Jawa Tengah ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa di kompleksnya. Candi yang pernah menjadi salah satu keajaiban dunia oleh UNESCO akan selalu memikat hati para wisatawannya. Candi ini dibangun dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada tahun 824. Candi Borobudur dibangun 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja dan 400 tahun sebelum katedral-katedral agung di Eropa. Jadi Borobudur bisa dibilang sudah berumur lama namun jangan ditanya keindahannya tetap tahan lama sampai sekarang.

Kompleks Candi Borobudur sangat  luas dan biasanya terik matahari menyengat sehingga wisatawan perlu menggunakan payung, topi dan kacamata. Sama seperti di Prambanan memasuki area Borobudur juga menggunakan kain batik, ini salah satu upaya menghargai budaya Indonesia. Di kawasan taman, kita bisa berwisata naik gajah atau kereta.Kita juga bisa ke museum atau melihat film tentang sejarah Borobudur karya Garin Nugroho. Setiap harinya tercatat kira-kira sedikitnya 2000 pengunjung di musim liburan. Mulai dari rombongan sekolah hingga pribadi, juga wisatawan mancanegara. Untuk harga tiket per orang Rp 30 ribu. Harga yang pantas untuk sebuah keindahan heritage dunia.

Bangunan candi ini memiliki beberapa tingkat  sehingga ketika kita mendakinya satu persatu memang akan cukup melelahkan, begitu naik ke satu tingkat, kita akan melihat pemandangan alam nan hijau dan asri karena banyak pepohonan yang tumbuh di sekitar tempat ini. Selain kita dapat melihat pemandangan di sekitar candi, Anda juga dapat mengelilingi kompleks di sekitar candi menggunakan sepeda khas pedesaan. Seru bukan? Selamat mencoba..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: