Menikmati Perjalanan Matahari di Candi Ijo Yogyakarta

Wah, seru ya sepertinya kalau anda melakukan aktivitas unik ketika liburan. Salah satunya adalah datang ke Candi Ijo Yogyakarta. Disini anda bisa menikmati perjalanan matahari mulai dari munculnya hingga tenggelamnya. Candi Ijo Sleman mulai terkenal karena tempat ini adalah candi satu-satunya di Jogja yang berada di dataran tertinggi. Tak jarang angin yang berhembus ketika pagi atau sore hari di Candi Ijo Prambanan. Candi Ijo breksi demikian ia juga sering dipanggil karena lokasinya yang dekat dengan Tebing Breksi. Yuk, kita lihat sekilas tentang Candi Ijo Bantul.

candi ijo jogja

Photo by @mazniyanti_._m

Fakta Menarik Tentang Wisata Candi ijo Yogyakarta

Bagi pecinta sunset dan ketinggian, Candi Ijo adalah tempat yang wajib dikunjungi. Selain dari keindahan sunsetnya, anda bisa mengagumi seni relief candi ijo yang sangat cantik. Ada banyak ragamnya. Candi Ijo di prambanan ini dibangun sekitar abad ke 10 dan yang membangun adalah Kerajaan Medang.

Candi Ijo Sambirejo ini letaknya tak terlalu jauh dari Prambanan dan Tebing Breksi. Jadi wisatawan biasanya sekalian mengunjungi Candi Ijo setelah dari Prambanan dan Tebing Breksi maupun sebaliknya. Candi Ijo Jogja disukai oleh para pengunjungnya karena menyuguhkan panorama berbeda. Karena menjadi candi tertinggi di Jogja yang berlokasi di atas bukit setinggi sekitar 357,402 mdpl. Bayangkan!

Udaranya jadi sejuk saat pagi hari maupun sore menjelang malam. Dari atas candi anda bisa melihat panorama kota Jogja dan sekitarnya. Fasilitas Candi Ijo lengkap mulai dari toilet sampai warung dan jajanan murah Jogja. Anda juga bisa merencanakan foro prewed candi ijo disini. Segera saja ke wisata candi ijo jogja ya.

candi ijo jogja

Photo by lulik_setiawan

Candi Ijo Sunrise

Candi Ijo menawarkan wisata menarik seperti Candi Ijo Sunrise. Candi Ijo di pagi hari pemandangannya sangat cantik karena matahari akan memulai waktunya untuk menerangi bumi. Untuk bisa melihat sunrise di candi ijo jangan sampai anda telat datang ya.

Candi Ijo Sunset Yogyakarta

Selain dari sunrisenya, candi ijo yogyakarta sunset juga tak kalah menarik. Keeksotisannya mampu membius mata sehingga pengunjung sengaja datang ketika sore untuk bisa melihat sunset di candi ijo. Candi Ijo sendiri adalah salah satu tempat terbaik di Jogja untuk melihat sunset. Suasana candi ijo malam hari menawarkan sejumlah pengalaman yang berbeda.

candi ijo jogja

photo by @dewanti.ajeng19

Candi Ijo Alamat

Alamat Candi Ijo Jogja berada di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, DIY. Lokasi candi ijo kalasan ini 18 km jauhnya dari pusat kota Yogyakarta. Letak Candi Ijo yang ada di atas bukit bernama Gumuk Ijo yang berada di perbukitan Batur Agung ini membuat anda dapat mengakses pemandangan Pantai Parangtritis dan persawahan nun jauh di depan mata.

Rute Candi Ijo Jogja cukup mudah diikuti. Ini dia candi ijo rute:

Kota Jogja – Jalan Jogja-Solo – pertigaan Prambanan belok kanan – perempatan Candi Ratu Boko belok kiri – ikuti papan petunjuk ke Candi Ijo.

candi ijo jogja

Photo by @taufiqarifn

Candi Ijo Harga Tiket Masuk

Anda penasaran dengan candi ijo yogyakarta tiket masuk? Untuk bisa masuk ke kawasan wisata ini anda perlu membayar Candi Ijo harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja per orang. Murah banget ya? Dengan harga tiket candi ijo Yogyakarta segitu anda bisa menikmati hari sepuasnya di candi sambil menunggu sunset.

Candi Ijo Jam Buka

Candi Ijo jam bukanya dari pukul 06.00 – 17.30 WIB. Anda bisa melihat sunrise dan sunsetnya. Buka setiap hari.

Kontak dan Informasi

  • Jalan mrican baru 1 D Yogyakarta 55281
  • e-mail: info@pamitranrentalmotor.com
  • Office : +62 274 5205455
  • Mobile / WA : +6285878686610