Monumen Cinta dan Keberagaman Candi Plaosan Jogja

Yogyakarta adalah kota seribu candi. Disini terdapat banyak situs candi dan peninggalan bersejarah lainnya. Tak heran jika dipanggil sebagai kota budaya. Nah, kalau anda ingin melihat keajaiban candi-candi di Jogja, jangan lewatkan untuk datang ke Candi Plaosan Jogja. Candi Plaosan terletak di kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Menariknya adalah, Candi Plaosan Klaten ini juga menjadi monumen cinta dan tanda keberagaman yang sejak dulu dipertahankan oleh nenek moyang Indonesia.

candi plaosan jogja

photo by @jogja.istimewa

Tentang Candi Plaosan Yogyakarta

Candi Plaosan Prambanan masih terletak satu daerah dengan Candi Prambanan, 1 Km jauhnya dari candi Loro Jonggrang tersebut. Tempat ini sering sekali disebut dengan nama candi kembar plaosan karena memang terdapat dua situs yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Fungsi Candi Plaosan adalah sebagai rumah sembahyang bagi umat Buddha. Tak heran jika di Candi Plaosan Lor anda akan melihat candi induk utara dengan relief candi plaosan lor yang menggambarkan tokoh-tokoh wanita candi induk selatan dengan tokoh-tokoh pria. Beberapa arca Buddhis ditemukan dan candi induk ini dikelilingi oleh 116 stupa perwara dan 50 candi perwara.

Gaya arsitektur Taman Candi Plaosan ternyata adalah paduan agama Buddha dan Hindu. Sementara itu untuk Candi Plaosan Kidul belum diketahui candi induknya. Hanya terdapat beberapa candi perwara di Candi Plaosan Sleman yang ini.

candi plaosan jogja

photo by @sudrajat_hanafi

Candi Plaosan merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno atau yang juga disebut dengan Kerajaan Medang. Candi Plaosan dibangun oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan di abad ke-9. Sang raja sengaja membuat candi ini sebagai monumen cintanya pada sang istri yang adalah Ratu Pramodyawardani. Pramodyawardani sendiri adalah pemeluk Buddha dan Rakai Pikatan adalah pemeluk Hindu. Namun karena cintanya yang besar kepada sang istri dan karena keduanya ingin menunjukkan bahwa kedua agama terbesar yang pernah ada di nusantara itu dapat hidup harmonis, maka terciptalah Candi Plaosan di dekat Candi Prambanan.

Mengunjungi Candi Plaosan akan menjadi pengalaman yang luar biasa. Anda akan seperti diajak kembali ke masa ratusan tahun yang lalu untuk mengenal bagaimana perjalanan dua dinasti (wangsa) besar, yaitu Syailendra dan Sanjaya bersatu dalam toleransi umat beragama.

candi plaosan jogja

photo by @a_riyan21

Aktivitas Wisata Candi Plaosan Klaten

Candi Plaosan Sunset dan Sunrise

Jika anda termasuk orang yang suka memuji kecantikan matahari wajib datang kemari untuk bisa melihat sunrise di Candi Plaosan atau sunsetnya. Dan semua itu bisa anda rasakan gratis. Kenapa bisa gratis? Anda memang tidak bisa menikmati keduanya dari dalam candi karena jam operasional candi ini sementara tidak sampai sunrise atau sunset. Tapi karena letaknya berada di tengah sawah, menikmati Candi Plaosan di pagi hari untuk melihat sunrise bukan hal yang sulit. Pancaran sinar mentari berpadu apik dengan candi dan sawah yang mengitarinya. Begitu pula dengan sunset di Candi Plaosan. Akan tampak siluet-siluet indah candi yang jadi pemandangan tersendiri di desa ini.

candi plaosan jogja

photo by @wisatadiyogyakarta

Festival Candi Plaosan

Ada sebuah festival yang bisa anda lihat dan ikuti ketika datang disini yaitu Festival Candi Kembar. Acara tahunan ini menampilkan ragam tarian nusantara dan menjadi satu-satunya yang terbesar di Klaten.

Photo Hunting

Banyak yang menghabiskan waktu untuk berfoto ria. Suasana Candi Plaosan memang tak begitu ramai dan itulah alasan wisatawan suka kemari untuk photo hunting. O iya, anda juga bisa mendapat foto prewed candi plaosan. Bagi yang ingin foto prewedding candi plaosan diharap menghubungi pihak pengurus terlebih dahulu.

Bersepeda dan Temple Running

Ada aktivitas fisik yang bisa dilakukan disini yaitu bersepeda keliling desa dan juga temple running dimana anda dapat berlari dari satu candi ke candi lain karena letaknya yang berdekatan.

candi plaosan jogja

photo by @eddy_surya_yogyakarta

Candi Plaosan Tiket Masuk 2019

Anda akan terkejut kalau tahu harga candi plaosan htm. Tiket masuk Candi Plaosan Yogyakarta ini hanya seharga Rp 3.000 per orang dan anda sudah bisa melihat dengan mata kepala sendiri monumen cinta ala Indonesia. Jam bukanya setiap hari mulai dari pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Alamat Candi Plaosan Klaten

Lokasi Candi Plaosan Jogja sebenarnya terletak di perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah. Tepatnya beralamat di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Namun karena letak Candi Plaosan yang dekat dengan Jogja maka orang-orang menganggapnya masih masuk wilayah Jogja.

Akses menuju Candi Plaosan termasuknya mudah meskipun berada di tengah ladang warga yang tidak dilalui angkutan umum. Rute Candi Plaosan adalah sebagai berikut: Jogja – Jalan Jogja-Solo – Candi Prambanan – pintu masuk Candi Prambanan lalu belok ke utara – Candi Plaosan.

Jika anda tidak membawa kendaraan sendiri anda bisa menyewa transportasi di Pamitran Rental Motor. Mau sewa motor? Bisa. Sewa mobil lepas kunci atau plus driver? Bisa juga. Tinggal hubungi kami dan lakukan pemesanan via online pun juga bisa. Tunggu apalagi? Ayo nikmati keindahan Candi Plaosan bersama Pamitran Rental Motor.