Landmark Cinta yang Mendunia, Candi Prambanan Jogja

Kalau India punya Taj Mahal, Indonesia punya Candi Prambanan Jogja yang jadi bangunan yang berdiri sebagai tanda cinta. Candi Prambanan Yogyakarta yang berlokasi di perbatasan Jogja dan Klaten ini sangat indah, sebuah candi Hindu yang tentu saja fungsinya bukan hanya sebagai landmark cinta tetapi juga tempat pemujaan umat Hindu kala itu. Penasaran seperti apa sih Candi Prambanan Sleman ini? Sebelum kamu datang sendiri ke Prambanan, baca dulu guide dibawah ini.

candi prambanan jogja

photo by @verawaty_

Keindahan Candi Prambanan Indonesia

Sebagai persembahan tanda cinta, tentu saja Candi Prambanan Indonesia ini sangat cantik dan arsitekturnya pun dirancang dengan begitu megah. Eits, kamu udah dengar tentang candi prambanan legenda dong ya, yang menceritakan kisah cinta Pangeran Bandung Bondowoso dan Putri Loro Jonggrang dari kerajaan Ratu Boko. Nah, menurut mitosnya, Candi Prambanan ini lahir karena kutukan cinta Bandung Bondowoso kepada Loro Jonggrang. Putri cantik yang memiliki ayah dan ibu raksasa ini konon menolak cinta sang pangeran dengan cara menipunya ketika minta dibuatkan 1000 candi. Karena candi belum berjumlah 1000 dan ayam sudah berkokok menandakan pagi datang, pangeran yang merasa tertipu lantas mengutuk sang putri untuk menjadi patung di candi ke seribunya.

Tentu saja semua itu hanya legenda. Tapi Candi Prambanan sendiri sudah terkenal ke seluruh dunia karena cerita yang menakjubkan itu. Sebenarnya candi prambanan fungsinya adalah sebagai sebuah tempat pemujaan umat Hindu kala itu. Dibangun megah agar dapat menampung upacara keagamaan yang melibatkan banyak orang.

Artikel lain>> Wisata Candi Borobudur

candi prambanan jogja

photo by @addienesia

Sejarah Candi

Candi Prambanan peninggalan kerajaan Medang Mataram. Candi Prambanan didirikan oleh Rakai Pikatan dan kemudian dilanjutkan oleh Balitung Maha Sambu. Arsitekturnya mencomot gaya Hindu India sehingga menjulang tinggi ke atas mirip dengan Angkor Wat. Nggak jarang yang membicarakan candi prambanan vs angkor wat. Meski begitu nama asli candi ini adalah Siwagrha yang artinya Rumah Siwa, atau Siwalaya yang berarti Alam Siwa. Siwa sendiri diketahui sebagai dewa tertinggi umat Hindu yang dipuja paling utama di Candi Prambanan ini. Sementara itu candi prambanan relief sendiri menceritakan kisah Ramayana. Nah, dengan kekayaan dan keunikan itulah candi prambanan unesco jadi terkenal dan diakui sebagai peninggalan dunia.

Saat kamu datang ke candi ini, kamu juga akan mendengar nama-nama candi prambanan Candi Sewu, candi prambanan Ratu Boko, dan Candi Plaosan. Kamu memang wajib banget sih sekalian ke Candi Ratu Boko, Candi Plaosan, dan Candi Sewu yang masih ada di kompleks Prambanan supaya kamu tahu cerita lengkap sejarahnya. Tenang, semua tempat ini nggak akan bikin kamu bosan karena selain mendengar cerita kamu bisa selfi sepuas hati.

candi prambanan jogja

photo by @lindanassir

Candi Prambanan Event

Nah kalau tadi kamu sudah simak cerita keindahan Prambanan, sekarang saatnya kamu melihat atraksi candi prambanan wisata yang bisa semakin menambah keseruan liburanmu di candi Hindu terbesar di Indonesia ini. Candi Prambanan sebagai objek wisata saat ini menyuguhkan wisata yang unik yaitu:

  • Candi Prambanan Sunrise

Dengan tiket tersendiri kamu bisa melihat keindahan fajar menyingsing di sebuah candi kuno.

  • Candi Prambanan Sunset

Atau di sore harinya kamu menunggu senja digantikan malam dengan tiket candi prambanan sunset.

  • Candi Prambanan Ramayana Ballet

Yang paling terkenal adalah Sendratari Ramayana, menceritakan kisah cinta Rama dan Shinta. Cobalah yang diadakan malam hari dan di open theatre.

  • Prambanan Jazz

Event ini diadakan tiap tahun. Biasanya mengambil waktu malam hari. Untuk jadwal harus tanya dulu dengan orang sekitar.

  • Prambanan Nyepi

Hari raya Nyepi umat Hindu mulai diadakan disini, bersamaan dengan Candi Borobudur sudah digunakan untuk ibadah saat Waisak. Datanglah saat Nyepi untuk bisa ikut melihat umat Hindu beribadah disini.

  • Prambanan Light Festival

Festival lampion ini masih termasuk baru tapi sudah diadakan tiap tahun. Kamu juga harus cek dengan orang sekitar untuk bisa melihat festival ini.

candi prambanan jogja

photo by @rismaminoz

Candi Prambanan Harga Tiket dan Candi Prambanan Jam Buka

Sebelumnya, htm candi prambanan ada banyak karena ada juga beberapa candi prambanan tiket terusan yang bisa kamu ambil kalau kamu ingin lebih murah dan sudah menyambangi candi-candi terdekat lainnya. Oke, ini dia tiket candi prambanan Yogyakarta.

Tiket Masuk Reguler Dewasa DomestikRp 40.000
Tiket Masuk Reguler Anak DomestikRp 20.000
Paket Terusan (Prambanan-Plaosan-Sojiwan) DewasaRp 60.000
Paket Terusan (Prambanan-Plaosan-Sojiwan) AnakRp 30.000
Paket Terusan (Prambanan-Ratu Boko) DewasaRp 75.000
Paket Terusan (Prambanan-Ratu Boko) AnakRp 35.000
Sendratari Ramayana kelas 1Rp 150.000
Sendratari Ramayana kelas 2Rp 135.000

Candi Prambanan jam operasionalnya dari pukul 06.00 – 17.00 WIB setiap harinya. Yuk lah kesini.

candi prambanan jogja

photo by @nis182

Candi Prambanan Alamat

Letak Candi Prambanan berada di dua kabupaten dan dua provinsi. Keduanya adalah Sleman, Yogyakarta dan Klaten, Jawa Tengah. Candi Prambanan alamat sendiri adalah di Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, DIY. Lokasi wisata Candi Prambanan ternyata sekaligus sebagai pembatas wilayah Jogja dengan Solo atau Jawa Tengah.

Rute wisata Candi Prambanan dari kota bisa ditempuh dengan mudah. Kamu tinggal menuju ke Jl. Laksda Adisucipto dan terus saja menuju Jl. Raya Solo. Lokasi Candi Prambanan ada di sebelah kirimu. Cara ke Prambanan Jogja ada beragam. Bisa dengan membawa kendaraan pribadi, naik angkutan umum di Jogja yaitu bus Trans Jogja, atau menyewa kendaraan. Kalau kamu berniat rental mobil atau motor di Jogja, jangan lupa menghubungi Pamitran Rental Motor. Kami adalah agen tour dan sewa kendaraan di Jogja yang terpercaya.