Candi Prambanan

Malioboro
March 4, 2014
Goa Tabuhan Pacitan
March 4, 2014

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak di Kalasan, Sleman Yogyakarta. Candi Prambanan adalah candi umat Hindu yang dibangun di abad ke-10 pada masa pemerintahan dua raja, Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Memiliki tinggi 47 meter, bahkan 5 meter lebih tinggi dari Candi Borobudur. Candi ini terletak 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Kira kira memakan waktu 45 menit perjalanan dengan sepeda motor roda dua.

Candi ini berkisah tentang percintaan Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Bandung Bondowoso mencintai Roro Jonggrang, namun karena Roro Jonggrang tidak mencintai Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang  mencari cara agar Bandung Bondowoso kesulitan untuk mencintainya yaitu dengan memberikan syarat membangun 1000 arca candi dalam semalam. Bandung Bondowoso menyetujuinya dan sebelum pagi menjelang Bandung Bondowoso telah menyelesaikan 999 candi, mengetahui hal tersebut Roro Jonggrang menyuruh penduduk desa menumbuk padi dan memainkan bunyi bunyian sehingga suasana seperti sudah pagi. Bandung Bondowoso mengetahui hal tersebut lalu dia murka dan kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca yang ke seribu.

Candi Prambanan ini memang sungguh indah, dibalik kerasnya arca arca dan  bangunan candi tersimpan kelembutan keindahan sebuah relief dan arsitektur bangunan yang melegenda dan bernilai sejarah. Biasanya wisatawan yang datang memakai topi dan payung karena memang panas. Ketika memasuki Candi kita akan dipinjami kain batik untuk dipakai saat berkeliling kompleks Candi, ini adalah salah satu upaya Prambanan untuk melestarikan kain batik. Harga tiket masuk nya Rp 30.000. harga yang memang pantas karena keindahan Candi ini sungguh luar biasa. Kompleks Candi Prambanan ini selalu memikat para wisatawan, Arsitektur yang megah dan kompleks yang asri membuat kita akan betah berlama lama mengabadikan setiap moment disini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *