Candi Ratu Boko Jogja: Sunset Cantik di Kerajaan Raksasa

Candi Ratu Boko Jogja adalah salah satu tempat wisata wajib di kota gudeg yang memang harus kamu kunjungi. Pasalnya disini ada sunset cantik yang menunggumu. Dan bayangkan saja kamu jalan-jalan di sebuah kerajaan wisata Candi Ratu Boko Jogja. Konon ini dia kerajaan yang dihuni oleh para raksasa. Tapi selain itu tempat ini jadi semakin terkenal lagi karena candi ratu boko aadc.

candi ratu boko jogja

photo by @immatakeyou

Keunikan dan Fakta Candi Ratu Boko

Menengok sedikit tentang candi ratu boko sejarah. Meski nggak banyak karena masih dalam penelitian, tapi dulunya Ratu Boko adalah sebuah keraton atau istana. Ini terbukti dengan adanya tembok pertahanan dan pintu masuk. Isi candi Ratu Boko juga ada kompleks pemandian atau kolam candi ratu boko yang masih ada sampai sekarang, goa meditasi, ruang untuk para wanita, pendopo (paviliun), dan hall. Dengan demikian fungsi Candi Ratu Boko bukan untuk tempat pemujaan seperti candi pada umumnya.

candi ratu boko jogja

photo by @insanvr

Keunikan Candi Ratu Boko tak bisa lepas dari cerita legenda yang mengikatnya, yang mengatakan bahwa istana ini adalah milik kerajaan raksasa dengan raja yang bergelar Ratu Boko. Ratu Boko memiliki putri seorang wanita cantik bernama Loro Jonggrang yang akhirnya nanti memiliki kaitan kisah cinta dengan Bandung Bondowoso dan melahirkan Candi Prambanan. Namun terlepas dari itu komplek Candi Ratu Boko dibangun oleh Rakai Panangkaran, seorang raja dari Mataram Hindu. Ini pernah tersebut di sebuah prasasti bernama Abhayagiri Vihara. Ternyata, ia membangun Candi Ratu Boko Yogyakarta sebagai sebuah tempat pelarian bagi spiritualitasnya. Ia merupakan pengikut setia aliran Buddha Mahayana dan karena itulah ada patung Dhyani Buddha di istana ini.

Pada raja-raja selanjutnya, Keraton Ratu Boko dibuat menjadi benteng pertahanan. Maka dibangunlah benteng di taman wisata Candi Ratu Boko yang luas ini. Untuk memperindah istana, relief candi ratu boko pun ditambahkan.

candi ratu boko jogja

photo by@indahpwti

Cara Mengagumi Obyek Wisata Candi Ratu Boko

Ada banyak cara mengagumi keindahan Candi Ratu Boko lho. Siapkan dirimu untuk alternatif dibawah ini:

Candi Ratu Boko Sunrise

Disini kamu bisa mengagumi pagi yang cerah ceria di Jogja dengan berkeliling istana. Sunrise di Candi Ratu Boko nggak kalah cantik kok dengan sunrise di tempat lain. Pemandangannya juga jadi magis banget.

Sunset di Candi Ratu Boko

Nah, tapi sih yang paling terkenal adalah sunset Candi Ratu Boko. View-nya lebih magis lagi. Kamu seolah lagi jalan-jalan di kerajaan raksasa dengan nuansa temaram yang aneh banget. Pokoknya keren.

Candi Ratu Boko Malam Hari

Kalau merasa belum ingin mengakhiri nuansa temaram di candi ini, kamu bisa sekalian menikmati candi ratu boko malam hari dengan cara santai di cafe candi ratu boko atau dinner di candi ratu boko. Ada candi ratu boko resto yang siap menampung dinner romantis disini.

Sesi Prewedding di Candi Ratu Boko

Bagi yang bingung mau foto prewedding dimana, datang saja ke Ratu Boko. Biayanya murah, nggak susah dicapai, tapi fotonya jadi bagus banget.

candi ratu boko jogja

photo by @tuahdawowak

Objek Wisata Dekat Candi Ratu Boko

Buat kamu yang merasa semua itu belum cukup atau ingin lanjut ke tempat wisata terdekat Candi Ratu Boko Sleman, jangan khawatir. Ada tempat wisata candi ratu boko Yogyakarta lainnya yang dekat seperti Candi Prambanan, Candi Plaosan, Candi Sambisari, Candi Kalasan, Candi Sojiwan, dan masih banyak lagi lainnya.

Candi Ratu Boko Jam Buka dan Tiket Candi Ratu Boko Jogja

Jam operasional Candi Ratu Boko adalah setiap hari dari pukul 06.00 – 17.30 WIB. Jika kamu mau lihat sunset kamu harus datang sebelum jam 5. Dan untuk melihat sunrise kamu bisa bilang dulu ke petugas tiketnya.

Untuk Candi Ratu Boko tiket masuk berbeda harga untuk dewasa dan anak-anak serta domestik dan manca. Harga berbeda juga berlaku untuk tiket candi ratu boko sunset dan sunrise. Ini dia perincian candi ratu boko htm:

Tiket Masuk Regular DewasaRp 40.000
Tiket Masuk Regular Anak-anakRp 20.000
Tiket Masuk Regular Manca Dewasa$ 30
Tiket Masuk Regular Manca Anak$ 15
Tiket Terusan Ratu Boko-Prambanan / Borobudur DewasaRp 75.000
Tiket Terusan Ratu Boko-Prambanan / Borobudur AnakRp 35.000
Tiket Terusan Ratu Boko-Sendratari Ramayana DewasaRp 150.000
Tiket Terusan Ratu Boko-Sendratari Ramayana AnakRp 135.000
Tiket Sunset Ratu BokoRp 35.000
Tiket Rombongan Pelajar dan Mahasiswa@ Rp 20.000
candi ratu boko jogja

photo by @fitriiwulandary

Lokasi Candi Ratu Boko Jogja

Alamat candi ratu boko jogja terletak di Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Tidak terlalu jauh letaknya dari pusat kota. Candi Ratu Boko rutenya juga mudah, dari kota tinggal ambil jalur Jalan Solo. Ikuti jalan tersebut sampai tiba di lampu merah pertigaan Pasar Prambanan. Belok kanan dan lanjutkan sekitar 3 KM. Dari sini sudah ada papan petunjuk yang bisa dijadikan pemandu.

Nggak perlu pusing juga memikirkan cara ke Candi Ratu Boko. Kamu bisa ke candi ratu boko naik motor biar lebih cepat sampai. Karena transportasi candi ratu boko yang paling mudah adalah dengan kendaraan pribadi, kamu juga bisa memakai mobil. Nah, tapi kalau mau sewa juga bisa. Semisal kamu nggak bawa kendaraan pribadi ketika ke Jogja, ada Pamitran Rental Motor yang siap melayani sewa mobil dan sewa motormu. Bisa juga kalau mau study tour menggunakan bus kami. Pokoknya kami siap melayani semua kebutuhanmu. Langsung order aja yuk.

Booking dan Informasi

Pamitran Rental Motor Jogja

  • Jalan mrican baru 1 D Yogyakarta 55281
  • e-mail: info@pamitranrentalmotor.com
  • Office : +62 274 5205455
  • Mobile / WA : +6285878686610