Candi Sambisari Jogja: Kuil di Bawah Permukaan Tanah yang Cantik

Candi Sambisari Jogja adalah salah satu dari sekian banyak candi yang terdapat di Yogyakarta. Candi Sambisari Kalasan juga merupakan satu-satunya yang terletak di bawah permukaan tanah dan ditemukan oleh seorang petani setempat. Maka tak heran jika Candi Sambisari sleman Yogyakarta ini menyimpan begitu banyak kenangan dan kisah yang terkubur berabad-abad lalu di bawah tanah. Ketika anda kemari, anda akan mengagumi kemegahan arsitektur dan keunikan Candi Sambisari Yogyakarta.

candi sambisari jogja

photo by @jelajahjogjajateng

Profil Candi

Candi Sambisari di Jogja ditemukan oleh seorang petani bernama Karyowinangun di sebuah pagi seperti biasa. Ketika ia hendak mencangkul tanah untuk pertanian, cangkulnya terkena sebuah batu keras yang kemudian membuatnya merasa penasaran untuk terus menggali. Ia pun curiga bahwa ada sebuah peninggalan berharga di dalam tanah setelah menggali cukup dalam dan menemukan pucuk atap sebuah candi. Hanya setelah itulah proses ekskavasi dan rekonstruksi dilakukan selama kurang lebih 3 windu.

Sambisari dibangun pada masa yang sama dengan Candi Prambanan, Candi Plaosan, dan Candi Sojiwan sekitar tahun 812 – 838 M. Letaknya pun berdekatan. Fungsi Candi Sambisari tentu adalah sebuah tempat sembahyang karena berabad-abad lampau, kawasan utara ini menjadi pusat peradaban Mataram kuno. Candi Sambisari peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Pendiri Candi Sambisari adalah raja Rakai Garung.

candi sambisari jogja

photo by @isnansholeh

Candi ini merupakan candi Hindu karena dibagian candi utama terdapat lingga dan yoni berukuran besar. Kompleknya sendiri terdiri dari candi utama yang didampingi 3 candi perwara dan dikelilingi oleh pagar batu berukuran 50 m x 48 m. Pada saat penggalian ditemukan pula benda-benda yang membuat kenangan beratus tahun lalu kembali ke permukaan bersamaan dengan munculnya kembali sang candi yaitu: tembikar, cermin logam, perhiasan, dan prasasti. Kini semuanya bisa anda lihat di museum yang terdapat di dekat candi.

candi sambisari jogja

photo by @vaja___

Keunikan Candi Sambisari

Sudah dapat dipastikan jika anda kemari anda akan melihat keindahan dan keunikan candi yang luar biasa. Anda pun bisa mengajak Candi Sambisari untuk berfoto bersama. Setelah itu jangan lupa untuk membiarkan Candi Sambisari Sleman bercerita banyak tentangnya kepada anda. Lihatlah sekeliling candi mulai dari patung-patungnya, relief candi sambisari, hingga ke benda-benda kuno yang ditemukan dan disimpan di museumnya.

candi sambisari jogja

photo by @sisi.jogja

Namun satu hal yang bisa dilakukan disini adalah menunggu sunset di Candi Sambisari. Candi Sambisari sunset terlihat sangat anggun dan cantik. Klasiknya bangunan dan indahnya mega berwarna jingga keunguan pantas untuk ditunggu. Nah, sembari menunggu sunset anda bisa menjelajah kuliner candi sambisari dan satu yang terkenal adalah soto candi sambisari. Namanya adalah Soto Bathok dimana soto khas Jogja yang segar dan gurih akan disajikan di dalam mangkok yang terbuat dari bathok (kulit) kelapa. Unik dan tradisional banget. Kalau soal rasa tak perlu diragukan lagi. Wisatawan yang datang ke Sambisari selalu menyambangi tempat ini juga dan bahkan rela antri. Letaknya juga dekat dengan candi.

Atau bagi yang mau melanjutkan perjalanan melihat candi-candi sekitar sambisari juga boleh. Yang jelas ada Candi Prambanan dan Candi Plaosan. Kemudian ada Candi Sari, Candi Sojiwan, Candi Kalasan, dan Candi Ratu Boko. Makin ingin pergi ke wisata Candi Sambisari? Jangan ragu lagi untuk kemari menggunakan jasa sewa motor dan sewa mobil dari Pamitran Rental Motor Jogja.

Candi Sambisari Harga Tiket Terbaru dan Jam Operasionalnya

Tiket masuk Candi Sambisari Yogyakarta masih termasuknya murah. Htm Candi Sambisari 2019 saja hanya sekitar Rp 3.000 per orang untuk wisatawan domestik. Sementara itu untuk candi sambisari jam buka adalah setiap hari pukul 08.00 – 16.00 WIB.

candi sambisari jogja

photo by @halimah_1208

Lokasi Candi Sambisari Yogyakarta

Alamat Candi Sambisari adalah di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kec. Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Letak Candi Sambisari Jogja sekitar 12 km dari kota. Untuk dapat kemari rute candi sambisari dari jogja yang bisa anda ambil adalah dengan menuju Jalan Raya Jogja – Solo. Setelah sampai di pertigaan Bandara Internasional Adi Sutjipto silahkan terus lurus hingga berjumpa dengan pertigaan dengan penanda Gedung Balai Diklat Keuangan. Dari sini silahkan belok kiri lalu menuju utara. Kemudian anda akan sampai di Candi Sambisari yang berada di tengah area perkampungan warga.

Tunggu apalagi? Segera ke Candi Sambisari Jogjakarta agar tak ketinggalan momen seru berlibur ke kota gudeg. Dan jangan lupa untuk menggunakan jasa sewa transportasi dari Pamitran Rental Motor Jogja. Dengan harga yang terjangkau dan pelayanan maksimal kami menyediakan ragam armada mobil dan motor untuk anda pilih.