Festival Jogja yang Tak Boleh Dilewatkan Wisatawan – Festival Tahunan Yogyakarta yang Keren dan Unik

Festival Jogja. Sudah pernah ke Yogyakarta alias Jogja? Kamu pasti tahu kalau kota yang satu ini uniknya kebangetan. Selain tempat wisata Jogja yang super keren, aktivitas liburanmu makin seru karena kamu bisa lihat festival tahunan Yogyakarta yang unik dan keren.

Apa yang kamu tahu tentang festival di Jogja? Sekaten? Festival tahunan di jogja berupa sajian tarian dan kesenian? Tapi tahukah kamu beberapa festival unik di Jogja wajib untuk dilihat dan diikuti seperti Festival Melupakan Mantan, Festival Jomblo, dan Festival Golek Garwa. Pun masih banyak sederet festival di Yogyakarta yang asyik seperti Pasar Kangen, Festival Jajanan Kekinian, Jogja Jazz, dan masih banyak lagi.

Coba deh mampir ke beberapa festival tadi supaya liburanmu anti mainstream. Berikut daftar festival tahunan di yogyakarta dan jadwal festival budaya Yogyakarta.

List Festival Tahunan Jogja yang Unik

Festival Sekaten Jogja

alun alun jogja

photo by @arif_josselalu

Festival Sekaten atau Sekatenan adalah festival tahunan yang sudah ada di Jogja sejak zaman Keraton Yogyakarta. Sifatnya seperti pesta rakyat dan merupakan tradisi memperingati hari lahir Nabi Muhammad, karena itulah selalu ramai. Sebelum Sekaten digelar biasanya akan ada upacara adat arak-arakan prajurit dan abdi dalem Keraton yang membawa gunungan berisi hasil panen. Arak-arakan ini dinamakan Grebeg. Kamu juga bisa ikutan lho rebutan gunungan yang dibawa. Sedangkan di Sekaten sendiri kamu akan menemukan wahana permainan serta barang-barang dengan harga miring.

Festival Kesenian Yogyakarta

festival tahunan yogyakarta

photo by hipwee.com

Ini dia festival seni yogyakarta yang nggak kalah seru dari Sekaten. Tiap tahun event ini selalu ramai penonton dan juga peserta kesenian. Diadakannya antara bulan Juli hingga September, jadi kamu bisa siap-siap datang ke Jogja di bulan-bulan tersebut. Apa aja ada disini, mulai dari pertunjukan seni tradisional, seni modern, seni mancanegara, hingga pemutaran film dan pameran makanan unik serta barang antik.

Light Festival Yogyakarta

photo by wisatakaka

Butuh festival akhir tahun di Jogja untuk menyemarakkan liburan bersama keluarga? Tenang, ada Festival Light Yogyakarta. Event apa nih? Ini adalah festival lampion jogja yang selalu diselenggarakan di akhir tahun. Kamu bisa menemukan jajanan yang hangat-hangat karena lokasi event ini ada di Kaliurang, kawasan puncaknya Jogja. Selain itu tentunya kamu bisa menikmati dan berfoto di hamparan lampu warna-warni sesuai dengan tema tahunannya yang berbeda-beda. Festival lampu di kaliurang jogja ini akan lebih semarak lagi ketika ada perayaan yang cukup unik seperti penampilan dancing fountain dan lain-lain.

Festival Gamelan Yogyakarta

Jogja memang nggak pernah kehabisan ide. Ada lagi nih event unik bernama Festival Gamelan Jogja. Disini kamu akan bisa melihat penampilan-penampilan menarik dari grup-grup gamelan yang sudah profesional. Kebanyakan disajikan dengan gaya yang modern. Tak heran kamu bisa menemukan bule-bule penabuh gamelan di festival budaya yogyakarta yang diselenggarakan oleh UGM ini.

Festival Manten Tebu / Cembengan

festival tahunan yogyakarta

photo by sindonews

Belum pernah dengar? Festival Kirab Manten Tebu ini sebenarnya bernama Tradisi Cembengan. Merupakan ritual tahunan meminta keselamatan dan hasil gula yang baik, Cembengan diadakan menjelang musim giling tebu tiba yaitu sekitar bulan April. Lokasi diselenggarakannya  festival upacara adat yogyakarta ini berada di Pabrik Gula Madukismo. Nantinya tebu pilihan akan dinikahkan layaknya pengantin Jawa sesungguhnya! Setelah itu kamu bisa mengikuti tour keliling pabrik gula yang sudah cukup kuno ini.

Festival Tionghoa Jogja

photo by tribunnews.com

Awal tahun liburannya ke Jogja aja karena disini ada Festival Budaya Tionghoa Yogyakarta. Datanglah pas mendekati hari raya Imlek. Kamu akan disuguhi ragam atraksi budaya Tionghoa yang bahkan kadang kamu belum pernah melihatnya. Tapi yang paling seru ada bazar kuliner khas panganan Tionghoa yang bisa kamu coba. Lokasinya ada di Jalan Ketandan, Malioboro, itulah kenapa beberapa orang menyebutnya festival ketandan jogja.

Pasar Kangen Jogja

photo by tembi.net

Buat kamu yang suka dengan kuliner wajib datang ke Pasar Kangen Jogja. Disinilah tempatnya kamu menemukan food festival Yogyakarta yang bertema jajanan tempo doeloe. Di Pasar Kangen kamu bisa makan sepuasnya jajanan murah tradisional Jogja. Coba yang belum pernah kamu makan. Selain itu di festival jajanan jogja ini kamu bisa berburu barang jadul dan etnik. Jangan lupa juga abadikan momen kamu melihat pertunjukan seni tradisional. Lokasi: Taman Budaya Yogyakarta. Jadwal penyelenggaraan: Juli – Agustus.

Jajanan Kekoenoan dan Kekinian

Selain Pasar Kangen, kamu bisa mengobati kerinduan terhadap kuliner ketika datang ke Festival Jajanan Kekoenoan dan Kekinian. Festival ini juga selalu ditunggu-tunggu masyarakat. Gimana enggak, disini puluhan jajanan kuno dan kekinian dapat dijumpai. Festivalnya sendiri diadakan selama sepekan antara Oktober – November. Pastikan perutmu punya tampungan yang banyak ya kalau kemari. Lokasi: Jogja Expo Center (JEC)

Prambanan Jazz Festival

Festival Jazz Jogja yang satu ini selalu ditunggu-tunggu oleh para pecinta musik terutama genre jazz. Nggak diragukan lagi, Prambanan Jazz Festival megahnya luar biasa sampai akhirnya terkenal ke luar negeri dan banyak wisatawan asing yang juga ikutan nonton. Di festival musik jogja inilah kamu bisa melihat penampilan musisi jazz ternama bahkan hingga musisi manca yang sudah mendunia. Mau? Biasanya diadakan selama 3 hari berturut-turut, kamu bisa cek selalu jadwal tahunan dan tiketnya di www.prambananjazz.com. Kapan lagi dengerin musik jazz asyik sambil lihat indahnya pemandangan Candi Prambanan kan?

Ngayogjazz

festival tahunan yogyakarta

photo by koran bernas

Mau cari konser musik jazz tapi gratis? Ngayogjazz bisa jadi jawaban teratas buatmu. Alunan musik jazz nan asyik dipadu dengan atmosfer kalem ala pedesaan. Terbayang kan indahnya? Disini kamu bisa melihat musisi lokal Jogja yang bagus banget dan juga musisi asing. Kamu pun bisa berburu kuliner serta souvenir di Pasar Jazz. Biasanya diadakan di bulan November. Siap-siap ya!

Festival Melupakan Mantan

festival tahunan yogyakarta

photo by hipwee.com

Mantan pacar memang sudah seharusnya pergi dari kehidupan kita kan? Biar lebih mantap meninggalkan masa lalu dan move on kamu wajib ikuti Festival Melupakan Mantan di Yogyakarta ini. Dengan datang ke festival mantan jogja hari valentinemu setidaknya nggak begitu kelabu karena event ini diselenggarakan tiap tanggal 13 Februari malam. Sumbangkan saja semua barang dari mantanmu kesini biar kamu nggak ingat terus kenangan yang lalu-lalu. Tenang, disini pun kamu bakal dihibur aksi menarik seperti musik band lokal, stand up comedy, dan bahkan yang butuh sharing boleh dong ikutan.

Festival Jomblo

Kalau tadi sudah merayakan festival melupakan mantan, kamu yang lagi single sekarang boleh mengikuti Festival Jomblo. Kreatif banget kan? Festival Jomblo ini diadakan oleh pemuda pemudi Jogja di tanggal 14 Februari, tepat di hari Valentine. Jomblo-jomblo akan bertebaran dimana-mana. Harapannya sih, supaya kamu bertemu teman baru yang sama-sama single sehingga dapat cinta yang baru.

Festival Golek Garwo Jogja

photo by jogja.com

Berturut-turut kamu akan menyaksikan hal unik seputaran jodoh hidup di Yogyakarta. Ada lagi nih festival unik bernama Golek Garwo yang artinya, cari pasangan hidup. Nah! Ini adalah event spesial tahunan untuk mereka dan bahkan mungkin kamu yang mau menikah masal disaksikan ratusan masyarakat umum Jogja. Kamu nggak perlu keluar duit banyak tapi tamumu tak terhitung. Festival ini memang wadahnya mencarikan jodoh. Jika nanti jomblowan dan jomblowati yang sudah diketemukan terlebih dahulu setuju untuk menikah, maka akan mengikuti nikah masal di tanggal yang sudah ditentukan. Kamu yang masih belum mau menikah juga boleh gabung lihat pasangan temanten dengan pakaian nikah yang jawa banget.

Festival Kopi Yogyakarta

festival tahunan yogyakarta

photo by kompasiana.com

Kamu suka kopi? Ini saatnya kamu memuaskan hobi dengan datang ke Festival Kopi Yogyakarta. Festival ini termasuk baru. Pertama kali diadakan di tahun 2018. Tujuannya biar kamu bisa lihat betapa Indonesia kaya akan ragam produk kopi yang sebenarnya tak kalah lezat dibanding kopi luar negeri. Petani-petani dan produk kopi dari seluruh Indonesia akan ditampilkan. Festival kopi Jogja sebenarnya masuk dalam rangkaian Festival Jogja Heboh yang dimana masih ada gelaran event unik lain yang bisa kamu saksikan dan ikuti.

Festival Layang Layang Yogyakarta

photo by ngopibareng

Ke pantai sambil main layang-layang raksasa. Mau? Ikuti saja Festival Layang-Layang Jogja yang tiap tahun diadakan di Yogya. Gelaran ini akan diadakan di pantai-pantai di Jogja selama waktu yang sudah ditentukan. Ternyata banyak wisatawan asing dan lokal yang meramaikan acara ini lho. Sampai-sampai tiap tahunnya masuk koran!

ArtJog

photo by artjog.co.id

Nah pasti ini juga yang tak kalah ditunggu-tunggu oleh pecinta seni. ArtJog. Gelaran Yogyakarta Art Festival ini skalanya besar dan tak main-main lho, makanya penyelenggaraannya pun konsisten. Inilah wadah paling kreatif dimana kamu bisa menemukan galeri ragam seni rupa kontemporer. Unik kan? Festival ini memang paling beda, melihat seni rupa sendiri banyak peminatnya dan butuh perhatian besar. Di Jogja sendiri ada banyak lakon seni rupa, dan disinilah mereka akan sharing dengan masyarakat umum.

Tuh, banyak banget kan festival yang ada di Jogja? Itu pun belum semua. Bagi kamu yang suka dengan event-event Jogja bisa cek semua schedule dan acara di www.kotajogja.com atau juga di www.visitingjogja.com. Pastikan kamu datang ke beberapa festival jogja kota biar liburanmu nggak terbuang percuma. Tapi tetap ya kamu juga harus datang ke destinasi wisata populer di Yogya ini. Karena kalau nggak kamu bakal rugi.

Juga jangan lupa kalau kamu mau liburan penuh makna, kamu bisa gabung aja paket wisata Jogja dari Pamitran Rental Motor Jogja. Disini kamu bisa temukan paket tour Yogyakarta super lengkap yang menarik. Dan sesuai dengan namanya, Pamitran Rental Motor Jogja menawarkan sewa motor murah di Jogja dan juga kamu yang butuh rental mobil jogja harga terjangkau mampir kesini aja. Dijamin kamu akan temukan apa yang kamu mau.