Cahaya Surga di Perut Bumi, Goa Jomblang Jogja

Jika liburan terasa sedikit membosankan, kenapa tidak anda coba sesuatu yang berbeda kali ini. Datanglah ke kota gudeg dan rasakan adrenalin yang terpacu saat ke Goa Jomblang Jogja. Memangnya ada apa ya di Goa Jomblang Semanu Gunungkidul? Disini anda bisa melihat keindahan cahaya surga yang sudah menjadi fenomenal dan cukup populer dikalangan wisatawan mancanegara. Anda tidak percaya? Cobalah buktikan sendiri di Goa Jomblang cave.

goa jomblang jogja

photo by @jordhammond

Daya Tarik Goa Jomblang di Yogyakarta

Goa Jomblang Gunung Kidul merupakan goa vertikal yang sangat indah. Kedalaman goa jomblang yaitu sekitar 80 m dan diameternya sekitar 50m. Goa Jomblang gunung kidul pacarejo semanu adalah salah satu dari ratusan goa yang berada di daerah pegunungan Gunung Kidul. Pertama kalinya dieksplorasi pada tahun 1984 oleh Acintyacunyata Speleological Klub (ASC), sebuah komunitas penjelajah goa di Yogyakarta. Goa Jomblang Semanu ini terbentuk akibat proses sinkhole jutaan tahun yang lalu, yaitu proses amblesnya permukaan tanah akibat bagian bawah yang tidak kuat lagi menopang permukaan.

Unik daripada yang terunik, goa jomblang di jogja bahkan punya hutan di dasarnya. Nah ketika anda memasuki goa ini, hal pertama yang biasa dilakukan untuk jelajah goa jomblang adalah melihat-lihat vegetasi yang tumbuh subur tersebut. Ternyata vegetasi disini cukup kaya karena ada bagian mulut goa yang cuup besar yang membiarkan tanaman bisa tumbuh subur.

goa jomblang jogja

photo by @effendycitra

Di Goa Jomblang Yogyakarta pula ada beberapa jenis pohon yang belum memiliki nama dan masih dalam penelitian. Pohon-pohon tersebut diduga kuat sudah ada sejak zaman purba karena hutan yang ada di Jomblang sendiri juga merupakan hutan purba. Keunikan dan keindahan goa jomblang tak berhenti disitu. Pastikan anda melihat fenomena cahaya surga atau heaven’s light. Ini adalah saat dimana cahaya matahari masuk menembus lubang masuk goa dan menerpa dasar Goa Jomblang Indonesia.

Bagian unik lainnya dari wisata goa jomblang jogja adalah bahwa anda dapat menemukan sungai yang mengalir di dalam goa yang bermuara ke laut Jogja yang ditemani oleh stalaktit dan stalakmit. Sungai bawah tanah ini mengalir membuat telinga yang mendengarkan tenang meski dalam kegelapan. Sungai ini ternyata berasal dari kawasan wisata Kalisuci yang cukup dekat dari Goa Jomblang. Nah, maka dari itu anda bisa sekalian mengunjungi Kalisuci untuk mencoba rafting atau cave tubing-nya. Kalisuci ini masih jarang dikunjungi wisatawan jadi pastinya lebih asri dan alami dari Goa Pindul.

goa jomblang jogja

photo by @sherry_sie

Tertarik mencoba caving goa jomblang? Kalau anda tertarik langsung saja datang kemari. Untuk masalah transport selama di Jogja, jangan khawatir. Ada Pamitran Rental Motor yang siap melayani sewa mobil plus driver dan sewa motor anda. Harga kami terjangkau. Jadi bagi anda yang mau pergi backpacker goa jomblang masih tetap bisa berhemat meski harus sewa transportasi.

goa jomblang jogja

photo by @doddy_jogja

Fasilitas Goa Jomblang

Untuk menjaga kealamian tempat wisata di Goa Jomblang Wonosari tidak banyak warung-warung, toilet-toilet untuk membersihkan lumpur, atau kursi-kursi untuk beristirahat. Hanya ada mushola bagi yang harus menunaikan ibadah sholat. Namun jika ingin menggunakan toilet yang bersih untuk membersihkan lumpur goa dan istirahat sebelum melanjutkan perjalanan, disarankan mampir ke rumah Pak Dukuh. Anda juga bisa titip barang disini. Dijamin aman.

Goa Jomblang Tiket Masuk

Biaya masuk Goa Jomblang Jogja: Rp 450.000 (guide, peralatan keamanan, makan siang, dan asuransi IAG)

Biaya Parkir: Rp 3.000 (motor)

Jika anda membawa rombongan ada baiknya untuk melakukan reservasi goa jomblang terlebih dahulu jadi dipastikan anda mendapat kuota yang cukup. Karena Goa Jomblang dijaga ketat kealamiannya, maka tidak banyak orang yang boleh masuk ke dalam.

goa jomblang jogja

photo by @jennifersudjono

Alamat Goa Jomblang

Lokasi Goa Jomblang Yogyakarta ada di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, 8 Km timur kota Wonosari atau sekitar 50 km sebelah tenggara Jogjakarta. Perjalanan menuju obyek wisata ini memakan waktu 1.5 jam. Letak Goa Jomblang berdekatan dengan Kalisuci dan wisata lainnya yaitu Goa Pindul, dan masih banyak lagi. Akses Goa Jomblang memang membutuhkan perjuangan karena anda harus memasuki hutan dan untuk turun pun dibutuhkan teknik rapelling. Namun semua itu ada pemandunya kok.

Rute Goa Jomblang dari Jogja:

Kota Jogja – jl. Wonosari – Piyungan – Patuk – Wonosari – Semanu – Desa Pacarejo – Goa Jomblang.

Tips Caving di Goa Jomblang

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika caving di Goa Jomblang, yaitu:

  • Sebelum jelajah goa, persiapkan tubuh agar tetap fit dan siap melakukan teknik rapelling. Caranya adalah dengan berolahraga bagi anda yang tidak biasa olahraga.
  • Perhatikan perintah tour guide yang memandu anda untuk turun dengan rapelling karena tak semua orang pernah melakukannya. Keamanan anda sangat dibutuhkan karena selama 3 menit menggunakan seutas tali anda akan menuruni goa. Siapa saja yang ingin memasuki goa harus menggunakan peralatan yang lengkap yang memenuhi standar keselamatan caving dan perlu disertai dengan cavers profesional.
  • Waktu terbaik menikmati keindahan cahaya surga adalah pukul 10.00 – 12.00 WIB. Matahari yang tepat berada di atas kepala akan memantulkan cahayanya menyentuh dasar goa. Jadi pastikan datang sebelum pukul 10.00.
  • Jumlah maksimal yang diijinkan untuk masuk Goa Jomblang dalam waktu yang bersamaan adalah 25 orang. Hal ini bertujuan untuk menjaga stabilitas ekosistem dan kondisi goa. Untuk itulah reservasi bisa dilakukan agar anda pasti mendapat tempat.
  • Jagalah kebersihan ekosistem Jomblang dan jangan berkata sembarangan. Jangan membuang sampah sembarangan atau melakukan hal-hal yang tidak baik tanpa sepengetahuan guide.
goa jomblang jogja

photo by @andersonkvn

Nah itu dia sekilas tentang guide wisata Goa Jomblang Gunung Kidul Yogyakarta. Sudah siap menaklukan adrenalin dan mencoba eksplor Goa Jomblang? Jangan lupa untuk kemari dengan Pamitran Rental Motor yang armadanya siap untuk anda gunakan setiap saat. Dan bagi anda yang ingin mudah berlibur kami juga ada paket wisata goa jomblang jogja dan paket wisata lainnya di Paket Wisata Yogyakarta Pamitran Tours.

Informasi & Order

Pamitran Rental Motor Yogyakarta

  • Jalan mrican baru 1 D Yogyakarta 55281
  • e-mail: info@pamitranrentalmotor.com
  • Office : +62 274 5205455
  • Mobile / WA : +6285878686610