Mencoba Keseruan Cave Tubing Goa Pindul Jogja

Goa Pindul Jogja cukup terkenal seantero Indonesia dan bahkan luar negeri. Yang membuatnya terkenal adalah cave tubing dan goa pindul rafting. Bagi anda penggila adrenalin challenge atau yang suka dengan wisata ekstrim bisa coba Goa Pindul adventure. Sudah siap dengan Goa Pindul trip kali ini? Eits, kita simak dulu informasi lengkapnya di bawah ini.

goa pindul jogja

photo by @britainkampunginggrispare

Tentang Goa Pindul Yogyakarta

Anda pasti pernah mendengar nama Goa Pindul Indonesia. Goa Pindul Bejiharjo memang terkenal sebagai wisata adventure cave tubing di Jogja. Tempat ini merupakan tempat pertama yang menyodorkan ide cave tubing sebagai wisata baru bersama keluarga maupun teman-teman. Karena Goa Pindul Yogyakarta merupakan goa panjang yang terisi air dalam dari sungai Oyo, maka kegiatan cave tubing adalah sebuah paket yang menarik.

Awal mula pembukaan goa pindul kabupaten gunungkidul daerah istimewa Yogyakarta adalah ketidaksengajaan sekelompok mahasiswa KKN UGM yang melakukan penelitian batuan di goa ini. Kelompok tersebut kemudian berinisiatif membuka wisata cave tubing Goa Pindul. Inisiatif itu kemudian dilanjutkan oleh sekelompok pokdarwis (kelompok sadar wisata) di sekitarnya. Setelah menjadi terkenal, kelompok-kelompok lain pun kini ikut meramaikan wisata Goa Pindul.

goa pindul jogja

photo by @dinawidiari

Keindahan wisata di goa pindul ada banyak. Air di sepanjang goa sangat jernih dan segar berwarna kehijauan saat terkena cahaya matahari. Lingkungan sekitar masih asri dan tenang. Pada beberapa bagian, ada lubang di atas kepala yang dapat memantulkan cahaya mentari ke dalam goa. Di dalam ekowisata goa pindul sendiri anda dapat melihat kekayaan alam Indonesia berupa batuan yang ada di tubuh goa. Serasa melakukan perjalanan magis ke sebuah dunia yang tak diketahui.

Selain dari semuanya itu, ada obyek wisata lain yang juga jadi daya tarik di sekitarnya salah satunya adalah goa pindul dan Kali Oyo serta goa pindul kalisuci. Kali Oyo atau Sungai Oyo adalah aliran sungai yang mengalir di sepanjang Goa Pindul. Maka tak heran jika setelah dari Goa Pindul wisatawan banyak yang mencari sensasi di sungai ini. Sensasinya berupa rafting di air terjun atau yang dikenal di Indonesia dengan arung jeram. Yang kedua adalah Kalisuci. Di Kalisuci anda akan menemukan cave tubing juga. Yang membedakan goa pindul vs kalisuci adalah di Kalisuci pemandangannya lebih asri dan alami karena belum banyak yang datang kesana. Tapi keindahannya sepadan.

Sensasi Goa Pindul Body Rafting

Jika anda bertanya-tanya apakah Goa Pindul body rafting ini aman, tentu saja jawabannya sangat aman. Selama anda melakukan perjalanan goa pindul cave tubing anda akan terus dipandu oleh orang yang ahli dibidangnya. Mereka akan mengajak anda berkeliling hingga menjelajah sepenuhnya goa pindul cave tubing tour. Dengan bermodalkan ban dalam anda bisa mengapung bersama teman dan keluarga dan bereksplorasi di dalam goa pindul water tubing.

Rafting di Goa Pindul

Goa Pindul di Yogyakarta memang diberkahi sejumlah keindahan sehingga sukses menjadi tempat wisata yang cukup populer di Jogjakarta. Salah satu yang bisa dilakukan disekitar Goa Pindul adalah rafting goa pindul Yogyakarta. Ya, meskipun belum banyak yang mencoba karena arung jeram membutuhkan lebih banyak keberanian, tapi bagi anda penggemar aktivitas adventure di luar ruangan sepertinya nggak ada salahnya mencoba yang satu ini.

goa pindul jogja

photo by @galant_budiutomo

Outbound Goa Pindul

Tentu saja outbound Goa Pindul adalah sebuah kegiatan ramah anak yang sengaja dirancang oleh masyarakat sekitar karena cave tubing goa pindul untuk anak-anak tidak diijinkan. Kegiatan outbound goa pindul untuk anak ini beragam seperti melewati jembatan goyang, ayunan Tarzan, merayap di lumpur, tangkap ikan, seribu mata air, ranjau air, dan spiderweb atau jaring laba-laba.

Offroad Goa Pindul

Alternatif lain lagi untuk menghabiskan waktu di Goa Pindul kabupaten Gunungkidul adalah Goa Pindul Offroad. Dengan menggunakan jeep anda akan dibawa ke aliran sungai dangkal di Kali Oyo dan merasakan bagaimana serunya menyeberangi sungai sampai basah-basahan. Bukan hanya itu anda akan dibawa menyusuri perkampungan sekitar Pindul melewati jalanan tersembunyi. Sesekali anda akan bisa merasakan sensasi berlumpur di Offroad Goa Pindul ini.

Fasilitas di Goa Pindul

homestay di goa pindul,

– alat keamanan cave tubing, rafting, dan outbound,

– jeep untuk offroad,

– Wedang Pindul free (minuman khas),

– Tempat penitipan barang,

– Ruang ganti,

– Wifi hotspot

– Warung makan,

– Kamar mandi dan Mushola,

– Dan Area parkir.

goa pindul jogja

photo by @imansyahril

Lokasi Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul alamat ada di Dusun Gelaran 2, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi Goa Pindul Wonosari berada dekat dengan Goa Kalisuci, Goa Pindul, Goa Grubug, Kali Oyo, dan Air Terjun Sri Gethuk. Goa Pindul rute dari Jogja adalah sebagai berikut:

Jogja Kota – Jalan Wonosari – Piyungan – kecamatan Pathuk – Hutan Tleseh – perempatan Gading – pertigaan Gading – Wonosari Kota – perempatan bunderan Siyono – Ring Road Wonosari – perempatan PKU – perempatan Budegan – perempatan Grogol, belok kiri dan ikuti jalan pedesaan – Goa Pindul.

Cara termudah kesana adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum untuk kemari. Nah, solusi terbaik untuk sewa kendaraan saat liburan ada di Pamitran Rental Motor. Ada armada yang selalu siap menampung permintaan rental mobil dan motor anda. Sewa bus Jogja juga bisa lho disini.

goa pindul jogja

photo by @goapindul_id

Goa Pindul Jam Buka

Jam buka goa pindul adalah pukul 07.00 WIB dan Goa Pindul tutup jam 16.30 WIB. Cukup luang goa pindul opening hours ini. Namun waktu terbaik berkunjung adalah ketika pagi dan sore saat matahari tak terasa terlalu panas.

Goa Pindul Jogja Tiket Masuk

Anda pasti penasaran kan goa pindul biaya berapa saja? Ya, disini ada harga-harga yang harus diperhatikan selain dari goa pindul htm sendiri. Berikut ini adalah rincian goa pindul entrance fee dan paket-paket yang tersedia di tempat:

Retribusi MasukRp 10.000
Cave Tubing Goa Pindul Rp 40.000 / orang
Rafting Sungai OyoRp 50.000 / orang (track pendek)

Rp 60.000 / orang (track panjang)

Rp 85.000 / orang(track jauh)

Susur Goa SritiRp 35.000 / orang
Susur Goa GelatikRp 30.000 / orang
Susur Goa BaruRp 35.000 / orang
Offroad PindulRp 500.000 / mobil jeep
OutboundRp 35.000 / orang
HomestayRp 35.000 / orang
Jasa FotoRp 100.000

Jadi mau ke Goa Pindul dan merasakan sendiri goa pindul tour-nya? Tunggu apalagi, segera coba cave tubing dan rafting Goa Pindul Jogja, dan gunakan jasa sewa transport terbaik se-Jogja, Pamitran Rental Motor.