Goa Tabuhan Pacitan

Prambanan
Candi Prambanan
March 4, 2014
goagong
Goa Gong Pacitan
March 4, 2014

Goa Tabuhan Pacitan

goatabuhan

Goa Tabuhan Pacitan

goatabuhan

Goa Tabuhan berada 8 kilometer dari Goa Gong. Goa ini merupakan destinasi wajib bagi kalian yang menyukai dunia musik. Kenapa? Karena Goa ini begitu unik, dari namanya saja sudah dapat di tebak bahwa Goa ini ada hubungannya dengan bunyi bunyian. Dulunya nama Goa ini adalah Goa Tapan karena memang sering digunakan untuk bertapa namun karena bebatuannya dapat dibunyikan menyerupai seperti bunyi gamelan maka Goa ini dirubah namanya menjadi Goa Tabuhan. Tabuhan berasal dari kata tabuh yang berarti pukul, memukul karena saat dipukul bebatuan mengeluarkan bunyi yang mirip dengan gamelan.

Goa Tabuhan berlokasi di bukit kapur Tapan dengan pembentukan stalaktit dan stalakmit yang sudah berlangsung beratus tahun lalu, ini terjadi karena adanya adanya reaksi kimia antara hujan dan mineral kapur. Bebatuan di dalam Goa ini memiliki panjang rata rata tujuh meter dan memiliki diameter hingga satu meter. Bebatuan di dalam Goa membentuk pilar pilar raksasa yang sungguh menakjubkan indahnya. Goa dengan stalaktit dan stalakmit yang indah dan mengagumkan ini begitu gelap sehingga ketika memasukinya kita harus menggunakan senter sebagai penerangannya. Perut Goa yang luas dipenuhi olek stalaktit dan stalakmit.

Tidak semua bebatuan di dalam goa ini bisa mengeluarkan bunyi bunyian. Jika ingin mendengarkan bunyi bunyian tersebut khususnya bunyian gamelan jawa Anda harus membayar seorang sinden yang memang sudah fasih memukul bebatuannya. Anda akan terkagum kagum karena bebatuan tersebut bisa mengeluarkan bunyi gamelan nan indah. Goa Tabuhan mulai ramai dikunjungi wisatawan sejak tahun 1998..Di luar kawasan Goa Anda akan menemui banyak penjual batu akik yang konon katanya dibuat dari batu yang dipahat dari Goa Tabuhan. Bagi Anda yang berkunjung ke Pacitan jangan lupa mampir ke Goa Tabuhan dan nikmati alunan tabuhan batu rasa gamelannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *