18 Gudeg Jogja Terkenal Enak, Murah, dan Legendaris Buat Para Pecinta Kuliner

Jogja kota istimewa. Lebih istimewa lagi karena ada gudegnya. Serasa anda belum ke Jogja jika belum cicipi gudeg Jogja terkenal. Gudeg di Jogja yang enak ada sangat banyak. Bahkan, cukup bertanya pada orang lokal anda pasti sudah diberikan rekomendasi karena makanan ini juga jadi kesukaan masyarakat Yogya. Beberapa gudeg Jogja favorit bahkan sudah terkenal dan bisa jadi anda sudah pernah mendengar namanya. Tak perlu berlama-lama, mari kita lihat gudeg di kota jogja mana saja yang masuk dalam rekomendasi teratas gudeg terbaik Jogja.

Mengenal Gudeg Jogja Asli

Gudeg merupakan makanan tradisional dari Jogja yang bahan dasarnya adalah nangka muda. Nangka tersebut direbus bersama dengan gula kelapa dan bumbu-bumbu lainnya selama beberapa jam dengan cara diaduk terus menerus. Itulah yang membuat gudeg nangka jogja menjadi sangat manis. Rasa manis ini disesuaikan dengan lidah orang Jogja yang memang menyukai masakan manis-manis.

Gudeg khas Jogja namanya diambil dari teknik memasaknya yang dengan cara diaduk terus menerus tadi. Dalam bahasa jawa mengaduk disebut dengan hangudek. Dari sinilah untuk membuatnya mudah diucapkan maka kata hangudek diubah menjadi gudeg.

photo by kumparan

Gudeg sendiri diklaim sudah ada sejak sebelum Yogyakarta berdiri sebagai sebuah kota. Dahulu kala gudeg jadi kesukaan keluarga kerajaan Keraton Yogyakarta. Bedanya dengan rakyat biasa, gudeg para bangsawan dan keluarga Keraton memiliki lauk telur ayam dan daging. Sedangkan untuk rakyat biasa lauk gudegnya hanya tempe dan tahu. Namun saat ini untuk menemani makan gudeg, lauk pauk dalam gudeg jogja isi seperti telur rebus, tahu, tempe, dan ayam sudah bisa dinikmati semua orang.

Untuk makan yang manis-manis, gudeg biasanya akan ditemani oleh sambal krecek yang dibuat dari kulit sapi segar. Gudeg kemudian dibungkus dengan wadah kotak yang terbuat dari anyaman bambu disebut dengan besek jika hendak dibawa pulang, atau jika dimakan di tempat masih ada warung-warung yang menyajikan sensasi makan gudeg beralaskan daun pohon pisang.

photo by medcom.id

Jenis Gudeg di Jogjakarta

Dahulu kala gudeg yang dikenal di kota Yogyakarta hanyalah gudeg basah. Gudeg berkuah ini tidak terlalu manis jika dibandingkan dengan gudeg kering. Karena itulah kuah santan gudeg basah lebih banyak, dan biasa dijual di pagi hari oleh pedagang kaki lima disekitar pasar tradisional Jogja.

Sementara itu gudeg kering lebih manis karena kuahnya diasatkan. Proses memasaknya lebih lama sehingga bumbu sangat meresap bahkan sampai ke lauk pauknya. Gudeg kering juga tahan lebih lama hingga 24 jam dan bisa lebih kalau dimasukkan ke lemari es. Gudeg inilah yang digandrungi oleh wisatawan luar Jawa dan jadi wisata kuliner gudeg di jogja.

Jenis gudeg pun tidak hanya itu saja. Ada juga yang disebut gudeg manggar. Apa gudeg manggar itu? Jika gudeg basah maupun kering berbahan dasar nangka muda, gudeg manggar berbeda dengan keduanya karena dibuat dari bunga kelapa. Rasanya lebih gurih. Meski belum begitu banyak yang tahu, sudah mulai ada beberapa warung yang menjual gudeg manggar ini. Jangan salah, gudeg manggar adalah makanan kesukaan Sultan Hamengkubuwono X.

Daftar Gudeg Jogja Paling Terkenal yang Tak Boleh Dilewatkan

Gudeg Jogja Yu Djum

wisata kuliner di jogja

photo by @gudegyudjum167

Rasanya aneh kalau sampai tidak menyebutkan Gudeg Yu Djum. Gudeg di Jogja yang terkenal ini sudah diakui oleh banyak wisatawan termasuk disukai wisatawan asing. Gudeg jogja kering di tempat Yu Djum terasa sangat manis dan potongan kreceknya kecil-kecil sehingga lebih nikmat untuk disantap. Gudeg ini biasa disajikan di atas piring sederhana dari rotan dan diberi alas daun pisang. Seporsi gudeg lengkap harganya sekitar 10.000 sampai 20.000 rupiah. Seperti di rumah makan modern, di gudeg jogja Wijilan Yu Djum, anda bisa memesan paket kendil yang terdiri dari 10 telur, satu ekor ayam, dan gudeg beserta kreceknya.

Gudeg Pawon Jogja

kuliner jogja malam hari

photo by good news from Indonesia

Gudeg Pawon Jogja adalah kesukaan anak muda karena jadi gudeg jogja tengah malam. Jam bukanya pun baru dimulai sekitar pukul 22.30 WIB. Gudeg Jogja original ini unik karena anda akan makan di dapur tradisional kepunyaan sang pemilik gudeg. Berbeda dengan gudeg lain yang sudah berbentuk resto atau kios warung makan, gudeg pawon disajikan di sebuah dapur tradisional dimana anda akan merasakan sensasi makan gudeg jogja dini hari di rumah sederhana ala Jogja. Gudegnya pun ada rasa smoky-nya karena fresh dari tungku memasaknya.

Alamat: Gudeg Pawon ada di Jl. Prof. DR. Soepomo, Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Gudeg Jogja Mbah Lindu

kuliner dekat malioboro jogja

photo by @eric_khm

Berikutnya ada gudeg jogja legendaris kepunyaan Mbah Lindu. Kenapa disebut legendaris? Karena gudeg lindu jogja ini sudah ada lebih dari setengah abad. Sang empunya, Mbah Lindu sendiri sudah sangat tua umurnya hampir satu abad. Beliau juga menjadi saksi bagaimana berjualan gudeg di kala Belanda masih menjajah Indonesia. Racikan gudeg, krecek, dan berbagai sayurnya jadi favorit apalagi kalau makan di tempat di atas piring pincuk. Sambil cerita-cerita dengan Mbah Lindu soal penjajahan juga boleh lho. Tapi Gudeg Mbah Lindu ini gudeg jogja yang buka pagi. Jadi anda harus bersiap bangun lebih awal.

Alamat: Jalan Sosrowijayan, Sosromenduran, Yogyakarta (depan Hotel Grage Ramayana)

Jam buka: 05.00 – 10.00 WIB

Gudeg Geneng dan Mangut Lele Mbah Marto

Selain dari Gudeg Pawon, ada lagi gudeg unik yang menawarkan sensasi makan gudeg jogja paling enak tapi seperti di rumah kerabat sendiri, yaitu di Gudeg Geneng Mbah Marto. Anda dipersilahkan mengambil lauk pauk dan nasi sesuka ada langsung dari dapurnya yang masih tradisional. Tak heran anda pun bisa melihat sang pemilik sedang memasak gudeg di jogja yg enak. Disini juga ada jamuan mangut lele selain dari gudeg khasnya yang sudah terkenal. Mangut Lelenya juga tidak kalah top!

Alamat: Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon, bantul, Jogja.

Jam buka: 10.00 – 16.30 WIB

Gudeg Cukupan Batas Kota

11-12 dengan gudeg pawon, Gudeg Batas Kota juga gudeg jogja yang buka tengah malam. Gudeg emperan jogja ini cukup laris dan berada di daerah batas kota tepatnya di pinggir jalan di seberang Lippo Mall Jogja. Mulai buka jam 22.00 malam, pelanggan mulai antri di gudeg jogja enak dan mudah ini. Iya, Gudeg Cukupan Batas Kota berada tepat di pinggir jalan sehingga tidak susah untuk mencarinya. Anda akan makan lesehan dan itulah yang membuatnya unik.

Alamat: Jl. Laksda Adisucipto No.41, Depok, Sleman, Yogyakarta

Jam buka: 22.00 – 03.00 WIB

Gudeg Permata Jogja

gudeg jogja terkenal

photo by gudeg.net

Anda pasti penasaran apa sih Gudeg Permata itu? Gudeg Permata adalah gudeg di jogja malam yang berada persis di sebelah Bioskop Permata yang dahulu sempat jadi legenda di Jogja. Termasuk salah satu gudeg ngetop di jogja, Gudeg Permata milik Bu Pudjo ini menyajikan gudeg basah yang rasanya cukup berbeda yaitu gurih dan tidak terlalu manis. Harga gudeg jogja dekat malioboro ini pun hanya sekitar 8.000 hingga 10.000 rupiah. Cukup murah kan? Tak heran setiap kali buka, warung ini selalu ramai pengunjung dan antriannya pun kadang tumpah ruah ke jalan umum. Maklum saja, warungnya tepat berada di pinggir Jalan Gadjah Mada. Pengunjung akan merasakan sensasi makan lesehan di gang kecil yang berada di sebelah bioskop. Karena sudah buka mulai tahun 1951, tak perlu diragukan lagi ya kenikmatannya.

Gudeg Ceker Seturan Sedep Raos

Sayur gudeg manis beradu dengan gurihnya ceker, apa jadinya ya? Jadinya semantap yang ada di Gudeg Ceker Sedap Raos. Salah satu gudeg di gejayan jogja ini punya rasa yang nyentrik, membuatnya punya banyak penggemar. Anak muda juga paling suka kemari karena selain gudeg, tempatnya cocok untuk nongkrong dan ada live musicnya.

Alamat: Jalan Affandi No.30, Yogyakarta

Jam buka: 07.00 – 23.00 WIB

Gudeg Jogja Hj Ahmad

Gudeg Jogja hits berikutnya yang wajib anda kunjungi adalah Gudeg Mbarek Bu Hj. Ahmad. Gudeg jogja dekat ugm ini bukan hanya favorit mahasiswa kampus UGM saja tapi kecintaan semua orang. Gudeg ahmad jogja termasuk gudeg basah yang memiliki kuah sehingga cita rasanya manis-manis gurih. Harga gudeg jogja enak ini pun termasuk murah karena lokasinya yang dekat kawasan mahasiswa. Tak jarang banyak yang memesan box gudeg Bu Ahmad ini.

Alamat: jalan Kaliurang Km.5, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta

Jam buka: 06.00 – 21.00

Gudeg Mercon Jogja Ibu Tinah

gudeg jogja terkenal

photo by oleh oleh khas jogja

Ya, tak selamanya gudeg itu hanya manis saja. Ada juga lho gudeg hits di jogja yang menawarkan sensasi super pedas. Itulah kenapa di sebut dengan gudeg mercon. Anda bisa coba sensasi makan rasa nano-nano ini di Gudeg Mercon Bu Tinah. Manisnya bercampur seimbang dengan rasa super pedasnya.

Alamat: Jalan Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta

Jam buka: 21.00 – 24.00

Gudeg Jogja Yu Narni

Ingin makan di warung gudeg yang memecahkan rekor MURI untuk makan gudeg dengan peserta terbanyak? Berarti anda harus ke Gudeg Yu Narni. Warung gudeg kering ini laris tiap harinya. Rasanya sangat manis dan meski pun sudah terkenal enak, harga tetap terjangkau lho. Gudeg Yu Narni sudah terbiasa melayani makan dalam rombongan besar. Jadi untuk anda yang bawa grup bisa kemari karena tak perlu menunggu lama. Juga bisa dibawa pulang untuk gudeg jogja untuk oleh-oleh dalam besek.

Jam buka: 05.30 – 19.30 WIB

Gudeg Manggar Bu Jumilan

gudeg jogja terkenal

photo by liputan6.com

Tak hanya terbuat dari nangka muda saja, gudeg bisa dibuat dari bunga pohon kelapa. Seperti yang ada di Gudeg Manggar Bu Jumilan. Gudeg manggar yang termasuk dalam gudeg gurih di jogja ini menawarkan sensasi gudeg yang lebih crispy dan renyah dan rasanya tak melulu manis. Untuk pecinta kuliner wajib mencicipi gudeg manggar yang satu ini.

Alamat: jalan Srandakan KM.8, Mangiran, Bantul, Yogyakarta

Jam buka: 05.00 – 14.00 WIB

Gudeg Bu Tjitro

Nah kalau ingin makan gudeg dalam kelompok besar atau ingin merasakan makan gudeg dengan nuansa yang lebih berkelas dan cozy, Resto Gudeg Kendil Bu Tjitro jawabannya. Resto ini cukup dekat dengan Bandara Internasional Adisucipto sehingga sering disebut gudeg jogja dekat bandara. Yang khas disini adalah gudeg jogja kalengan yang bisa jadi gudeg jogja yang bisa dibawa pulang. Gudeg Bu Tjitro sendiri terkenal karena gudeg kaleng jogja enak ini. Bayangkan gudeg kering khas Jogja bisa dijadikan oleh-oleh sampai di rumah. Gudeg jogja oleh oleh ini kini sedang naik daun dan bisa tahan hingga satu tahun. Tapi bukan hanya gudeg kalengnya, gudeg yang dimakan di tempat pun tentu enak selangit.

Alamat: Jalan Janti no.330, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta

Jam buka: 07.00 – 21.00 WIB

Gudeg Bu Djuminten

gudeg jogja terkenal

photo by aneka wisata

Mau merasakan makan gudeg kendil jogja? Gudegnya begitu nikmat dan rasanya khas. Datang saja ke warung unik Gudeg Bu Djuminten. Arehnya kental kecoklatan dan daging nangkanya terasa renyah. Lokasinya dekat Tugu Jogja, tentunya termasuk salah satu gudeg jogja dekat stasiun tugu jika anda sedang mencarinya. Suasana tempo dulu bukan hanya terasa dari gudegnya saja tetapi juga dari nuansa restonya.

Alamat: jalan Asem Gede No.14, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta

Jam buka: 07.00 – 19.00 WIB

Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg jogja recommended berikutnya adalah Gudeg Bromo Bu Tekluk. Nama Bu Tekluk disematkan karena penjual gudeg ini sering terlihat mengantuk saat berjualan karena memang berjualannya di tengah malam. Karisma gudeg jogja terdekat yang ada di kawasan perkotaan ini mengundang banyak pengunjung. Anda juga bisa mencoba sensasi makan gudeg enak dini hari.

Alamat: Jalan Affandi No.2 CA, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta (sebelah gang Bromo)

Jam buka: 23.00 – 05.00 WIB

Gudeg Bu Slamet

Jika anda habis jalan-jalan ke Keraton dan Tamansari, anda bisa sekalian makan di salah satu gudeg jogja di jalan wijilan selain Yu Djum. Namanya Gudeg Bu Slamet. Ternyata Gudeg Bu Slamet ini adalah yang memprakarsai gudeg di daerah Wijilan. Cita rasa gudeg di keraton Jogja ini disebut unik karena tidak terlalu manis, sehingga jika anda belum terbiasa dengan makanan manis Jogja anda bisa datang ke warung Bu Slamet ini. Anda pun bisa mendapatkan gudeg jogja komplit dengan harga yang masih terjangkau.

Gudeg Bu Sastro

Bagi anda yang sedang berada di daerah sekitaran Malioboro, ada gudeg jogja daerah malioboro milik Bu Sastro yang cukup terkenal. Gudeg Bu Sastro ini berada di seberang Pasar Beringharjo. Sangat enak menikmati gudeg jogja enak murah ini di malam hari sambil lesehan. Disini ada dua macam gudeg yang bisa dinikmati yaitu gudeg ceker dan gudeg ayam goreng. Pantas ya kalau jadi gudeg jogja rekomendasi banyak orang.

Gudeg Geprek Jogja

Sajian kuliner unik gudeg yang memiliki inovasi sepertinya akan selalu ada di Yogyakarta. Contohnya saja sekarang ada gudeg geprek, yaitu gudeg dengan ayam geprek. Menggabungkan dua kuliner khas Jogja yaitu ayam geprek dan gudeg, Gudeg Geprek mulai disukai banyak orang. Disini anda juga bisa menemukan ayam bacem geprek lho.

photo by travelingyuk.com

Gudeg Sagan

Julukan gudeg priyayi ini melekat pada Gudeg Sagan karena penyajiannya rapi dan porsinya cukup. Gudeg ini juga tak terlalu manis sehingga cocok bagi anda yang tidak suka makanan manis. Rasanya sendiri khas dan berbeda dari gudeg yang lain.

Alamat: Jalan Prof Dr. Herman Yohanes No.53, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta

Jam buka: 09.00 – 00.00 WIB

Nah itulah tadi rekomendasi gudeg dan tempat cari gudeg yang paling enak dan jadi dambaan setiap orang di Jogja. Jika anda bingung bagaimana cara kesana atau ragu karena dari luar kota dan tidak hafal jalan di Jogja, ada satu solusi terbaik yaitu sewa mobil di Jogja saja. Sewanya di Pamitran Rental Motor Jogja. Dan sesuai dengan nama kami, ada sewa motor Jogja juga yang bisa anda pakai. Kami nomor satu di Jogja urusan sewa motor dan mobil di Jogja yang murah. Dan lagi, jika anda ingin liburan anti ribet, bisa gunakan paket-paket tour Jogja kami yang juga pas di kantong. Tak percaya? Langsung saja cek di website kami atau hubungi kami via whatsapp bagi yang sudah mantap pesan dan bertanya-tanya informasi selengkapnya.