Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta: Spot Hiking Dambaan di Jogja

Bagi anda yang suka dengan wisata antimainstream, cobalah ke Gunung Api Purba Nglanggeran Jogja. Kenapa harus kesana? Itu karena anda bisa memuaskan hasrat menantang adrenalin di tempat terbuka yang menyatu dengan alam dan tentu saja menjelajah ke ruang waktu masa lampau.

gunung api purba nglanggeran

photo by @pamuji.w

Gunung Api Purba ini tadinya adalah sebuah gunung yang aktif ribuan tahun lalu. Disini, anda bisa mengagumi keindahan dan melihat bebatuan hasil dari Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul dan cermati perbedaan struktur batuannya pula.

Mengapa Harus Mengunjungi Gunung Api Purba Jogja?

Ada banyak alasan datang ke tempat wisata satu ini. Bagi para petualang ini saatnya anda mencari tempat baru dan merasakan indahnya gunung api purba nglanggeran hiking. Hiking disini tidak memakan waktu yang lama, hanya sekitar 1,5 jam anda sudah bisa sampai di puncak tertingginya. Akses juga tidak begitu sulit, sehingga untuk para pemula bisa coba kesini. Hanya beberapa spot yang memiliki sedikit tantangan. Spot menantang itu salah satunya adalah melewati gua sempit dan tangga yang diatasnya ada batu yang tertahan.

gunung api purba nglanggeran

photo by @jogja_photo

Gunung Api Purba Wonosari dahulu adalah gunung yang aktif beribu tahun lalu. Kemunculannya diduga sudah 60.000 tahun yang lalu. Kini gunung ini sudah tidak aktif dan jadi gunung berapi purba di Jogja. Kawasan ekowisata gunung api purba malah jadi tempat wisata yang masih hits sampai saat ini. Banyak yang ingin membuktikan sendiri keindahannya atau berusaha menaklukannya. Anda juga bisa camping gunung api purba. Disediakan spot camping di puncak-puncak perbukitannya yang pastinya aman. Fasilitasnya tergolong lengkap berupa area outbound, papan penunjuk arah hiking, kursi untuk beristirahat, gazebo, dan toilet, serta penginapan murah di sekitarnya.

photo by @eko.mangkusubroto

Wisata yang Ada di Sekitar Gunung

Kalau anda kemari jangan lupa juga untuk datang ke wisata di sekitarnya. Nah yang paling terkenal adalah Embung Nglanggeran. Di embung ini paling tepat ketika datang sore hari. Untuk melepas penat sambil meneguk minuman anda bisa menyaksikan sunset yang maha agung. Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran sendiri adalah dua ikon terkenal dari desa wisata Nglanggeran.

Tapi sekarang ada yang baru juga yaitu Air Terjun Kedung Kandang. Keunikan air terjun ini adalah tersembunyinya ia dibalik persawahan. Batuan hitam dan air segar tampak kontras mengisi persawahan hijau yang rimbun. Anda juga wajib eksplor desa wisata Nglanggeran yang kaya akan budaya, pertanian, dan seni yang bisa anda pelajari.

Alamat dan Rute

Alamat lengkapnya adalah Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul, DIY. Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran agak jauh dari kota Jogja tetapi akses Gunung Api Purba sudah sangat baik dan bisa dilalui kendaraan jenis apapun. Rutenya adalah sebagai berikut:

Dari kota ambil jalan Jogja-Wonosari hingga sampai ke Bukit Bintang atau Kecamatan Patuk. Sesampainya di simpang empat Pusat Informasi Pariwisata silahkan belok kiri dan ikuti jalan hingga sejauh 7km. Ikuti terus jalan ini hingga menemukan lokasi Gunung Api Purba.

gunung api purba nglanggeran

photo by @jheny.use

Htm Gunung Api Purba Nglanggeran

Harga tiket masuk ternyata dibedakan menjadi 2, yaitu:

Siang hari à Rp 15.000

Malam hari à Rp 20.000

Biaya parkir à Rp 3.000/motor, Rp 5.000/mobil

Buat yang mau merasakan adventure yang sesungguhnya di GunungPurba Nglanggeran, buruan aja datang kemari. Dan kalau kamu butuh sewa motor di Jogja atau rental mobil Jogja, kamu bisa hubungi Pamitran Rental Motor Jogja untuk segala kebutuhan transportasi pribadi kamu.