Malioboro Jogja – Bertandang ke Salah Satu Jalan Terkenal di Yogyakarta

malioboro jogja

photo by @gus_cheers

Malioboro Jogja adalah nama salah satu jalan yang sangat terkenal di pusat kota Jogja. Sering disebut sebagai Jalan Malioboro Jogja, tempat wisata di Jogja ini merupakan ikon kota dan menjadi salah satu yang paling dicari oleh wisatawan. Pengunjung dapat berbelanja barang murah dan oleh-oleh di Maliboro street jogja, mencoba makanan khas, atau hanya sekedar jalan-jalan mencuci mata.

Pesona Malioboro Yogyakarta

Malioboro Jogja sekarang telah menjadi salah satu pusat wisata di Yogyakarta. Ada banyak alasannya. Selain karena tempat ini menjadi saksi sejarah pembangunan kota, Malioboro road Yogyakarta letaknya dekat dengan tempat wisata populer lain seperti Keraton, Tamansari, Benteng Vrederburg, Taman Pintar, dan masih banyak lagi. Untuk bisa ke tempat-tempat terdekat ini bisa berjalan kaki atau menggunakan transportasi umum seperti becak, andong, dan Trans Jogja.

malioboro jogja

photo by @setiyokoagus

Sebelum seperti sekarang ini, sejarah Malioboro di Jogja cukup panjang. Nama Malioboro diambil dari bahasa sanskerta yang artinya adalah karangan bunga. Diberi nama demikian karena dulu merupakan tempat menjual karangan bunga bagi Keraton. Namun ada juga yang menduga nama jalan ini diambil dari nama seorang colonial asal Inggris, Marlborough, yang pernah tinggal di Jl. Malioboro dari tahun 1811 hingga 1816. Malioboro kemudian menjadi pusat kota yang semakin ramai ketika Benteng Vrederburg milik Belanda dibangun. Kantor-kantor perkotaan seperti Java Bank, Kantor Pos, Dutch Club, dan The Dutch Governor’s Residence kemudian bermunculan.

Di tahun 1887, Stasiun Tugu Yogyakarta akhirnya dibangun. Keturunan pedagang Tionghoa pun semakin meramaikan jalan ini dan membuat Chinatown di Jalan Ketandan, Malioboro. Dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, Jalan Malioboro juga menjadi saksi sengit pertempuran Serangan Umum 1 Maret 1949, tepatnya di selatan jalan ini peperangan tersebut terjadi.

malioboro jogja

photo by @b.arifvianto

Explore Malioboro Jogja

Untuk bisa menikmati Malioboro, anda harus mencoba segala hal yang jalan ini tawarkan pada anda seperti misalnya datang ke malioboro jogja pagi dimana anda bisa menikmati jalan yang masih sepi dan jika Car Free Day tiba anda bisa melakukan kegiatan yang sehat bebas polusi disini. Sementara itu menjelang malioboro jogja siang hari dan malioboro jogja sore, anda bisa melakukan banyak hal mulai dari beli malioboro jogja oleh oleh hingga merasakan bersepeda gratis dengan jogja bike malioboro.

Oleh-oleh dari Jogja yang bisa anda beli di Malioboro cukup banyak seperti bakpia, batik, gantungan kunci, asesoris, hiasan rumah, dan yang tak kalah populer dan biasa dibeli oleh wisatawan adalah baju malioboro jogja. Kaos-kaos cantik bertuliskan kata-kata khas Jogja selalu laris terjual dan anda harus jadi salah satu pembelinya.

Wisata Malioboro Jogja tak hanya berhenti disitu. Anda bisa mencicipi kuliner khas dan unik di jalan ini seperti misalnya lumpia malioboro jogja. Lumpia Samijaya kelewat laris sehingga begitu ditiriskan langsung habis. Anda harus mau antri untuk coba lumpia lezat ini karena lumpianya fresh dari penggorengan. Dan juga ada kuliner-kuliner lain seperti gudeg, soto, dan sebagainya.

Tak hanya berputar-putar Malioboro, anda dapat mampir ke pasar malioboro Jogja atau Pasar Bringharjo. Pasar Bringharjo ini pusatnya batik murah. Selain itu ada Tugu Jogja. Jarak Malioboro ke Tugu Jogja tidak jauh sehingga anda bisa kemari dengan becak atau Trans Jogja. Tugu Jogja ini juga ikon Yogyakarta yang wajib dikunjungi.

malioboro jogja

photo by @harry_tukangpoto

Malioboro Jogja Malam Hari

Sementara itu Malioboro Jogja malam hari diisi dengan kegiatan santai namun unik. Apa yang unik dari Jalan Malioboro di Jogja ini pada malam hari? Anda bisa melihat kesenian angklung malioboro jogja. Nada-nada yang menghentak membuat anda ingin ikut menari. Selain itu ada angkringan malioboro jogja yang wajib dicoba. Angkringan adalah salah satu hal yang menarik dari Jogja. Warung yang menjajakan makanan dan minuman murah ini selalu diserbu wisatawan terutama yang dari luar kota. Cobalah nasi kucing nya, kopi joss, dan sate-sate khas Jogja.

Nightlife Malioboro Jogja juga bisa dihabiskan di titik nol kilometer atau sekalian ke Alun-Alun Utara dan Selatan. Disini anda bisa mencicipi berbagai macam kuliner Jogja yang murah dan sate kere di Titik Nol Kilometer Jogja.

malioboro jogja

photo by @doniyustian_578

Click here to add your own text

Fasilitas Jalan Malioboro

Kalau masalah fasilitas jangan ditanya lagi. Jalan Malioboro tentu lengkap dengan fasilitasnya seperti:

  • Mall dan outlet fashion
  • malioboro yogyakarta café
  • hotel di malioboro jogja
  • penginapan malioboro jogja murah untuk para backpacker
  • Resto ternama
  • Pasar tradisional
  • Outlet oleh-oleh
  • Jogja bike
  • Kawasan pedestrian
  • Transportasi umum (becak, andong, Trans Jogja)
  • Dll
malioboro jogja

photo by @violadena

Alamat Malioboro Jogja

Lokasi Malioboro Jogja ini ada di pusat kota. Ada beberapa cara menuju jl malioboro Yogyakarta ini. Anda dapat menggunakan mobil pribadi jika anda memang membawa kendaraan saat berwisata ke Jogjakarta. Namun jika anda tidak membawa kendaraan pribadi, disarankan sewa mobil atau motor saja di Pamitran Rental Motor Jogja. Jika anda mau mengadakan study tour atau berwisata bersama rombongan, kami juga menyediakan armada bus yang sesuai dengan anggota rombongan.

Selain itu ada juga Trans Jogja atau yang biasa dikenal dengan istilah busway. Cukup dengan Rp.3.600.- anda bisa sampai ke Malioboro. Untuk mudahnya memang sebaiknya anda menginap di kawasan ini saja.

Dari Malioboro ke Tugu Jogja jaraknya sekitar 15 menit berkendara. Tugu ada di sebelah utara Malioboro, dan dari sini juga sangat dekat untuk ke stasiun malioboro jogja yang juga disebut Stasiun Tugu Yogyakarta. Sedangkan Malioboro ke Keraton Jogja hanya perlu waktu 9 menit berkendara. Jika anda punya waktu luang, ada baiknya jalan kaki saja. Anda bisa sekalian menyambangi Benteng Vrederburg, Pasar Bringharjo, Titik 0 Km, Keraton, Taman Pintar, dan Museum Sonobudoyo.

Informasi dan Booking

  • Jalan mrican baru 1 D Yogyakarta 55281
  • e-mail: info@pamitranrentalmotor.com
  • Office : +62 274 5205455
  • Mobile / WA : +6285878686610