Jurang Tembelan Kanigoro: Kapal yang Siap Mengarungi Lautan Kabut – Titanic van Bantul Jogja

Pagi buta di Jurang Tembelan Kanigoro adalah pemandangan tersendiri. Jurang Tembelan Dlingo ini masih satu kawasan dengan hutan pinus mangunan yang sekarang sedang hits dan jadi tempat wisata wajib di Jogja. Tidak mengherankan memang, karena Jurang Tembelan Mangunan Jogja ini cantik, eksotik, dan unik dengan spot kapalnya.

Jika anda sedang bertamu ke kota gudeg, jangan lupa untuk mengunjungi Jurang Tembelan di Jogja yang berada dekat dengan tempat wisata Mangunan. Ada banyak keindahan yang anda bisa saksikan disini.

photo by @ayodolan

Daya Tarik Wisata Jurang Tembelan

Pesona wisata Jurang Tembelan Bantul tak lain dan tak bukan terletak pada keunikan spot foto yang turut menjadi penyumbang popularitas wisata di daerah Mangunan, Dlingo, yaitu spot kapal yang terbuat dari bambu. Spot ini terletak di ketinggian jurang.

Waktu terbaik mengunjungi Jurang Tembelan Imogiri Jogja adalah ketika pagi hari saat kabut masih menyelimuti perbukitan. Ketika anda berfoto di kapal bambu rasanya seperti anda sedang mengarungi lautan kabut tebal yang menyembunyikan jurang di bawah kaki anda. Namun untuk merasakan sensasi demikian anda harus datang sejak pagi buta. Anda sudah harus sampai tempat ini pada pukul 05.00 WIB untuk melihat fenomena negeri di atas awan mangunan dan juga sunrise di Jurang Tembelan.

jurang tembelan kanigoro

photo by @stefaniesroad

Matahari terbit di Jurang Tembelan Yogyakarta adalah fenomena yang paling ditunggu oleh wisatawan karena sangat cantik. Seolah anda sedang dibawa ke negeri dongeng. Matahari kuning yang bersinar terang pun perlahan menyibakkan kabut dan memperlihatkan perbukitan Dlingo yang indah.

Namun jika anda adalah seorang penyuka sunset, bisa juga datang ke Jurang Tembelan Bantul ini untuk menemukan sunset. Tak kalah cantik, sunset di Jurang Tembelan serasa menggugah jiwa dengan ketenangan mega berwarna jingga dan ungunya. Siluet akan bertebaran dimana-mana dan anda tetap bisa berfoto. Selain dari kapal bambu, bukit jurang tembelan juga memiliki spot gardu pandang, taman, dan jembatan kayu.

Baca Juga: Wisata Hutan Pinus Mangunan Ala Obama

jurang tembelan kanigoro

photo by @mita_oci

Tempat Wisata Sekitar Jurang Tembelan Dlingo Bantul yang Terkenal

Kalau pergi ke Mangunan memang ada baiknya mengunjungi tempat wisata mangunan yang ada di sekitar Jurang Tembelan Imogiri. Memangnya ada? Ada dong. Bisa dibilang sangat banyak dan jarak dari satu tempat ke tempat lain pun sangat dekat, seperti misalnya Hutan Pinus Mangunan dan Seribu Batu Songgo Langit (Rumah Hobbit Jogja). Itu hanyalah dua contoh dan masih banyak lagi yang tersisa. Penasaran apa saja wisata terkenal di mangunan dan sekitar jurang tembelan jogja? Ini dia daftarnya:

wisata mangunan jogja

photo by @riskypermata_amrp

  1. Puncak Becici
  2. Lintang Sewu
  3. Kebun Buah Mangunan
  4. Bukit Panguk
  5. Pinus Pengger
  6. Bukit Mojo Gumelem
  7. Puncak Watu Lawang
  8. Pintu Langit Dahromo
  9. Dll

Atau baca selengkapnya di: Tempat Wisata Mangunan Jogja yang Lagi Viral!

jurang tembelan kanigoro

photo by @jogja_trip_travel

Harga Jurang Tembelan Tiket Masuk Terbaru

Untuk harga tiket masuk Jurang Tembelan Jogja tidaklah mahal. Anda hanya harus membayar biaya parkir. Biaya parkir ini menjadi tiket masuk jurang tembelan Yogyakarta. Jurang Tembelan harga karcis parkirnya Rp 2.000/motor, Rp 5.000/mobil, dan bus Rp 10.000.

Fasilitas di Jurang Tembelan juga sudah lengkap meliputi warung makan, spot foto, mushala, dan jasa foto bagi yang menginginkan. Rp 4.000 per file foto. Dengan jurang tembelan fee anda sudah mendapat banyak hal kan di tempat ini? Jangan ragu-ragu untuk datang ke destinasi wisata titanic van bantul jogja ini.

jurang tembelan kanigoro

photo by @mita_oci

Jurang Tembelan Jam Buka

Jurang Tembelan jam buka dari pagi hari. Sekitar pukul 03.00 WIB tempat ini sudah mulai beroperasi. Wisatawan bisa datang lebih awal dan menikmati suguhan hangat di warung-warungnya sambil menunggu sunrise dan kabut yang jadi primadona disini.

Alamat Jurang Tembelan Jogja

Jurang Tembelan Kanigoro Mangunan Dlingo Bantul masih satu lokasi dengan wisata Mangunan seperti Kebun Bauh Mangunan dan Hutan Pinus. Lokasi Jurang Tembelan Mangunan sendiri tepatnya berada di sisi timur Kebun Buah Mangunan. Nah untuk rute jurang tembelan, mungkin anda bisa mengikuti arah dari kota Jogja dan kemudian ambi arah terminal Giwangan lalu terus lurus ke selatan hingga sampai di Pasar Imogiri. Dari situ ambil arah kitir dan ikuti arah ke Makam Raja Imogiri. Setelah nanti bertemu pertigaan akan bertemu penunjuk jalan ke Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus. Ikuti hingga sampai pada pintu masuk Gardu Pandang dan ada petunjuk ke Bukit Panguk. Dari situ ikuti saja arah tersebut hingga bertemu lokasi Jurang Tembelan.

Maps: https://goo.gl/maps/dy2aqDdY9cy

Baca juga: Negeri di Atas Awan Bukit Panguk Kediwung Mangunan

Cara Terbaik ke Jurang Tembelan

Tidak ada cara yang lebih baik untuk ke destinasi ini ketimbang menggunakan transport pribadi. Jika anda menggunakan taksi atau ojek online akan sangat mahal dan belum tentu mau. Tapi mungkin bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi akan jadi sedikit repot ya. Tentu tidak. Kan sudah ada jasa sewa mobil di Jogja yang murah dan terpercaya. Pamitran Rental Motor Jogja  siap melayani segala kebutuhan transport anda.

Kami ada rental motor Jogja murah, sewa mobil lepas kunci, sewa mobil plus driver, sewa bus jogja, dan masih banyak lagi. Pun bagi anda yang tidak mau ribet mengurusi tempat liburan di Jogja, kami punya solusinya yaitu dengan ikut Paket Wisata Jogja milik kami yang punya ratusan destinasi wisata unggulan Jogja di setiap paketnya. Siap berlibur fantastis di Jogja? Buruan hubungi kami!