Candi Borobudur
March 3, 2014
Pantai Parangtritis
March 3, 2014

Kaliurang

Kaliurang

Kaliurang

Kaliurang adalah salah satu obyek wisata andalandi wilayah Jogja Utara. Kawasan yang berada di kaki  gunung Merapi ini merupakan dataran tinggi dengan udara sejuk dan bebas polusi. Kaliurang cocok dijadikan tempat berwisata bagi Anda sekeluarga yang ingin melepas penat setelah seharian beraktifitas. Kaliurang memiliki beberapa tempat wisata yang dapat Anda kunjungi dalam satu kawasan, berikut daftar tempat wisata di Kaliurang

– Taman Bermain Anak

Taman ini terletak di sebelah selatan taman rekreasi utama Kaliurang. Taman dengan rerumputan hijau ini memang cocok untuk anak anak. Terdapat berbgai macam mainan anak seperti plosotan, ayunan, jaring laba laba dan sebagainya. Tentunya anak Anda akan senang berlama lama berada disini.

– Taman Wisata Plawangan Turgo

Di taman Plawangan ini kita akan dengan mudah menemukan monyet monyet yang berlalu lalang. Tidak hanya monyet saja, di kawasan ini terdapat pemandian Telaga Putri. Air yang berada di Telaga Putri ini asli mata air alami, airnya sejuk segar dan dingin tentunya.

– Air Terjun Tlogo muncar

Air terjun ini lebih dikenal dengan air terjun Kaliurang.   Air Terjun ini memiliki tinggi sekitar 30 – 45 meter dan berada pada ketinggian 878 m di atas permukaan laut dengan suhu antara 20 derajat -25 derajat Celcius.  Sumber mata air terjun ini berada di lereng Bukit Plawangan. Namun sayangnya ketika musim kemarau air terjun ini kering.

– Goa jepang

Goa Jepang ini dulunya difungsikan untuk berlindung tentara jepang dari sekutu. Terdapat 25 goa di kawasan ini dan semuanya masih alami, bahkan di dalamnya belum ada penerangan sama sekali. Namun tak perlu kawatir karena di sini menyediakan fasilitas untuk penerangan. Wisata alam dan wisata sejarah menjadi hal utama dari tempat ini.

– Gardu Pandang

Dari Gardung Pandang Kaliurang ini kita dapat melihat Gunung Merapi secara lebih jelas. Pemandangan di sekitar Gardu juga indah. Pemandangan yang asri hijau khas gunung akan menambah kenyamanan kita selama disana. Waktu yang baik untuk berkunjung adalah saat pagi hari karena kabut akan menemani kita dan semakin menambah keeksotisan pemandangan.

– Museum Ullen Sentalu

Museum ini merupakan museum budaya dimana menyimpan berbagai macam benda benda yang berbau kebudayaan Jogja. Museum ini dikemas dengan arsitektur dan tata bangunan yang beda dari museum kebanyakan sehingga kita tidak akan merasa bosan.

– Volcano Tour

Masih ingat dengan erupsi Merapi tahun 2010 silam? jika Anda berkunjung ke Kaliurang jangan sampe melewatkan aktifitas satu ini. Dengan menggunakan mobil jeep Anda akan diajak bepetualang melihat sisa sisa erupsi.

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di kawasan Kaliurang. Jangan kawatir bila Anda kelelahan setelah seharian mengunjunginya karena di Kaliurang terdapat  banyak villa dan penginapan dengan harga yang terjangkau. Jika berkunjung kesana jangan lupa mencicipi jadah tempe Mbah carik yang terkenal dengan kelezatannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *