Kebun Buah Mangunan Jogja: Pesona Selimut Kabut dan Sunrise yang Menawan

Bagi anda yang sedang berlibur di Yogyakarta dan hendak pergi ke Mangunan, jangan lupakan agrowisata Kebun Buah Mangunan ya. Lokasi Kebun Buah Mangunan Jogja ini dekat dengan hutan pinus. Banyak wisatawan yang sudah mengunjunginya setelah dari hutan pinus mangunan atau sebelumnya. Yang menarik dari Kebun Buah Mangunan Imogiri Bantul ini adalah pemandangan sunrise di pagi hari. Dan tentu saja anda bisa melihat-lihat sekaligus memetik tanaman buah apa saja yang terdapat di Taman Buah Mangunan Yogyakarta.

wisata mangunan jogja

photo by @nufamathey

Wisata Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Keindahan agrowisata kebun buah ini sudah terkenal seantero Jogja. Bahkan banyak pengunjung dari luar kota yang berebut datang ke tempat ini. Taman Buah Mangunan Dlingo Bantul, sesuai dengan namanya merupakan tempat dimana berbagai macam pohon buah dapat ditemukan disini. Buah yang ada disini adalah seperti buah naga, durian, rambutan, kelengkeng, sirsak, dan lain-lain.

Tapi bukan hanya terkenal dengan buah-buahannya saja, objek wisata kebun buah mangunan ini malah semakin tenar karena pemandangan negeri di atas awan-nya ketika matahari terbit di tempat ini. Kebun ini dan hutan pinus jadi pioneer melihat kabut bergulung ketika sunrise di Jogja. Di pagi buta anda bisa datang kemari dan sembari menunggu bisa menyantap gorengan panas yang selalu habis ketika baru saja disajikan beserta minuman hangat yang murah.

photo by @jong_catur

Saat fajar mulai sempurna menyingsing, anda dapat memperhatikan Sungai Oya yang tidur meliuk-liuk di depan mata. Sungai yang berwarna coklat ini tampak seperti ular raksasa dan cukup mirip dengan Sungai Amazon. Udara pagi yang sejuk akan cukup mendukung anda memulai hari baru. Ayo segera datang kemari dengan menggunakan jasa sewa motor dan mobil, Pamitran Rental Motor Jogja.

Kebun Buah Mangunan Sunrise

Pagi hari adalah pesona tersendiri bagi Desa Mangunan. Heningnya pagi bersambut dengan kabut di kebun buah mangunan menciptakan awal hari yang luar biasa. Sunrise di Kebun Buah Mangunan adalah salah satu yang terbaik di Yogyakarta karena cahaya kuning keemasannya akan membuat mata tersihir seketika.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia adalah sebagai berikut:

– camping ground kebun buah mangunan

– outbound kebun buah mangunan

– mushola

– toilet

– homestay

– warung

– aula

– gardu pandang

– gazebo

– kolam renang untuk anak-anak

kebun buah mangunan

photo by @roy_royhr

Objek Wisata Terdekat

Bagi anda yang mau menghabiskan satu hari di Mangunan, Dlingo, jangan khawatir karena ada banyak objek wisata dekat Kebun Buah Mangunan seperti Hutan Pinus Mangunan, Bukit Lintang Sewu, Seribu Batu Songgo Langit, Bukit Mojo Gumelem, Jurang Tembelan, Bukit Panguk, Pinus Pengger, Puncak Becici, dan masih banyak lagi lainnya yang menanti anda. Ada tempat-tempat dekat Kebun Buah Mangunan Wonosari yang bagus dikunjungi ketika pagi, namun ada juga sebagian obyek wisata terdekat lainnya yang lebih indah dikunjungi saat senja. Maka dari itu dibutuhkan planning matang sebelum kemari.

Kebun Buah Mangunan Harga Tiket Masuk

Tiket masuk tempat ini tidak mahal hanya sekitar Rp 5.000 per orang. Sementara untuk parkir motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Selain membayar tiket masuk, jika anda ingin mencoba camping disini biaya sewa tempatnya hanya Rp 5.000 per orang. Namun harap bawa tenda dan peralatan masing-masing ya.

photo by @fikricobain182

Jam Operasional

Kini jam operasional Kebun Buah Mangunan ditambah. Karena banyak yang ingin melihat keindahan sunrisenya jam buka dimulai dari pukul 05.00 hingga 18.00 WIB. Kalau anda mau melihat sunrise perhatikan cuaca malam sebelumnya. Jika hujan lebih baik cancel dulu karena di pagi hari sunrise tidak akan muncul. Namun jika terang benderang, maka dengan senang hati matahari akan menampakkan wajah di ufuk timur.

photo by @bigbearpo

Alamat Kebun Buah Mangunan Jogja

Alamat lengkapnya berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DIY.  Lokasi Kebun Buah Mangunan Jogja ini sekitar 35 km atau 1,5 jam dari pusat kota. Cara terbaik yang dapat ditempuh untuk bisa kemari adalah menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada akses angkutan umum menuju tempat yang satu ini.

Rute:

Terminal Giwangan – Jalan Imogiri Timur – pertigaan Pasar Imogiri belok kiri – ikuti papan petunjuk ke Kebun Buah Mangunan.

Untuk cara terbaik menemukan transportasi pribadi jika anda tidak membawa kendaraan pribadi dari rumah adalah dengan menyewa armada mobil atau motor. Silahkan menyewa salah satunya di Pamitran Rental Motor Jogja, rental motor terpercaya, termurah, dan teraman.

Kami juga memiliki penawaran menarik tentang paket tour Jogja yang bisa anda pilih di paketwisatayogyakarta.com. Disana kami memiliki puluhan paket yang bisa anda pesan dengan destinasi terupdate dan tentunya harga yang ramah di kantong.