Kopi Legendaris dari Yogyakarta, Kopi Joss di Jogja. Kamu Udah Coba Belum?

Buat kamu penyuka kopi, sayang banget kalau melewatkan kesempatan icip-icip Kopi Joss di Jogja. Minuman ini satu-satunya di dunia. Paling enak diseduh di Yogyakarta. Wisatawan yang datang ke kota gudeg ini wajib coba kopi joss. Saking wajibnya kopi ini bahkan sering ada di daftar liburan.

Kopi Joss sering juga disebut Kopi Joss Jogja Malioboro karena pionirnya ada di daerah dekat Malioboro, yaitu di Angkringan lik Man. Angkringan kopi Joss satu ini ada di sebelah utara persis Stasiun Tugu.

Tapi apa sih uniknya Kopi Jos Jogja ini sehingga kamu harus coba? Di bawah ini kita akan simak semua tentang Kopi Joss yang perlu kamu tahu. Pecinta kopi, segera merapat yuk!

Baca>> Kopi Klotok Jogja, Cara Baru Nikmati Kopi Ala Jogja yang Klasik

Keunikan Cita Rasa Kopi Joss Khas Jogja – Cerita di Balik Kopi Joss Asli Jogja

kopi joss di jogja

photo by aengaeng

Kopi Joss Jogja adalah salah satu caa penyajian kopi terunik di Indonesia. Di luar negeri Kopi Joss diberi nama Charcoal Coffee. Ya, karena kopi ini memang terdiri dari kopi hitam dan arang. Tapi memang sangat jarang yang menjual kopi ini. Padahal manfaatnya banyak lho.

Di Yogyakarta sendiri, Kopi Joss eksis lantaran dahulu sang pemilik angkringan merasa jualannya tidak terlalu laku. Ia kemudian memutuskan mencari cara agar dapat menarik minat pelanggan agar warung angkringannya laris manis. Ia pun lantas berjualan di Jogja, dan mengambil tempat strategis di dekat Stasiun Tugu. Lalu menambahkan Kopi Joss ke dalam menu wajib angkringannya. Begitulah sejarah kopi joss Jogja.

Seperti yang disangka, akhirnya kopi joss arang jogja miliknya pun laris dan segera diikuti oleh angkringan-angkringan lain di dekatnya. Sekarang angkringan yang jadi pionir kopi joss itu dikenal dengan nama Angkringan Kopi Joss Jogja Lik Man.

Artikel terkait>> Wisata Kuliner di Yogyakarta

Mulai dari senja hingga malam hari, Angkringan Kopi Joss Lik Man tak pernah sepi. Maklum, berada di tempat strategis dan karena kopi jos jogja 24 jam bukanya. Nah, lalu kenapa kok bisa diberi nama Kopi Joss? Ini karena komposisi Kopi Joss Jogja melibatkan arang.

Kopi Joss merupakan kopi hitam yang diberi gula sehingga rasanya kental namun manis. Nah, kemudian ditambahkan oleh arang yang sudah dibakar terlebih dahulu. Lalu dimasukkan ke dalam kopi hitam tadi. Ketika dimasukkan, arang yang masih panas itu pun berbunyi ‘josss’. Inilah asal muasal adanya Kopi Joss di Jogja.

Lihat juga>> Tempat Nongkrong Seru di Jogja Terbaru

Harga kopi joss murah jogja, Khasiat, dan Menu Pendamping Lainnya

kopi joss di jogja

photo by idn times

Khasiat Kopi Joss ternyata nggak main-main. Arang bekas pembakaran yang diambil langsung dari tungku api, merupakan arang dari kayu khusus, yaitu Kayu Sambi. Sebelum itu juga dipastikan kalau arang ini telah dibakar hingga suhu mencapai 250 derajat Celcius. Pada suhu tersebut arang pun akan berubah menjadi Carbon aktif yang mengikat racun dalam tubuh. Selain itu bisa meringankan penyakit asam lambung, kembung, masuk angin, dan panas dalam.

Jadi kamu nggak perlu takut mengkonsumsi kopi Joss ini. Asyiknya lagi selain menu kopi joss jogja, di angkringan yang menjual kopi ini, kamu bisa makan dengan harga murah. Disini kamu bisa menemukan menu nasi kucing, serta lauk pauk yang beragam, tradisional maupun modern. Belum lagi gorengan yang enak.

Harga kopi joss di Jogja Cuma sekitar Rp 5.000 per gelasnya. Saat ini nggak Cuma kopi hitam. Buat yang mau kopi susu joss juga tersedia. Sementara untuk lauk pauk harganya Rp 500 – Rp 300. Gorengan pun hanya dihargai Rp 500 – Rp 2.000 per bijinya.

Rekomendasi terkait>> Menikmati Malam Hari di Jogja-Wisata Malam Jogjakarta

Warung Kopi Joss Terkenal di Jogja

Berikutnya, kamu mungkin ingin tahu dimana bisa menemukan Angkringan Kopi Joss terkenal di Jogja. Tenang, ada beberapa tempat yang menjual kopi jos tugu jogja. Kamu bisa menikmati malam dengan seduhan panas kopi, ditemani makan ringan beratapkan langit malam yang pekat, dan suasana romantis khas Jogja di angkringan berikut ini.

Angkringan Lik Man

photo by majalah otten

Yang satu ini jawaranya kopi Joss. Kalau kamu tanya warung mana paling terkenal untuk kopi Joss ya pasti Angkringan Lik Man jawabannya. Kopi joss jogja terkenal ini nggak hanya jadi incaran wisatawan domestik tapi juga manca lho. Harganya pun sekitar Rp 3.000 – Rp 5.000 per gelas kopi. Coba juga jadah bakar dan tempe mendoan andalannya.

Alamat: Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, yogyakarta

Jam buka: 14.00 – 03.00 WIB

Kopi Joss Pak Agus

Nggak mau kalah dengan Lik Man dan masih di kawasan yang sama yaitu di sekitaran Stasiun Tugu, kamu bisa menemukan Kopi Joss Pak Agus. Disini pun kamu bisa menemukan beragam macam sate yang harganya murah.

Jam buka: 17.00 – 00.00 WIB

Baca juga>> Tempat Ngopi di Jogja Paling Enak dan Nyaman

Angkringan Mbak Siska

Kalau kamu cari tempat nongkrong kopi joss enak di Jogja dengan menu lauk pauk yang lengkap, Angkringan Mbak Siska yang berada di sebelah persis Lik Man ini jawabannya. Harganya murah juga. Udah gitu sate-satean disini lebih banyak. Plus, gorengannya bisa disajikan dalam keadaan masih panas.

Jam buka: 17.00 – 02.00 WIB

Angkringan Kopi Joss Mas Bagong

Selain angkringan kopi jos tugu jogja, kamu bisa menemukan kopi ini di daerah Jetis. Kopi Joss Mas Bagong diberi harga Rp 5.000 saja. Menu andalan disini adalah lauk pauknya yaitu aneka bacem, selain gorengan tentu aja.

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta

Jam buka: 16.00 – 02.00 WIB

Baca juga>> Angkringan Paling Top di Yogyakarta

Satu lagi yang menambah Jogja makin asyik, yaitu Kopi Joss-nya. Setelah kamu mencicipinya dijamin kamu nggak akan bisa move on dari Jogja. Nah, sewaktu kamu ke Jogja jangan lupa untuk sewa motor Jogja murah di Pamitran Rental Motor Jogja. Biar liburan kamu anti ribet. Jalan-jalan kota pun asyik. Ditambah mudah banget mampir ke Kopi Joss Jogja.

Selain motor, kamu juga bisa pilih sewa mobil Jogja buat yang mau keliling Jogja dengan keluarga atau teman. Kamu yang sedang cari paket tour Jogja murah bisa cari juga disini. Pamitran Rental Motor Jogja menyediakan paket-paket wisata dengan destinasi hits di Jogja. Jadi, apapun keperluan liburanmu di Jogja, andalkan kami agar kamu mendapat kesan tak terlupa seumur hidup.