Obyek Wisata Kotagede Yogyakarta: Pusatnya Perak, Cagar Budaya, dan Seni Tradisional Jogja

Datang ke sebuah tempat seperti Yogyakarta nggak akan lengkap kalau kamu belum mendalami seluk beluknya. Kota ini terkenal dengan seni dan budayanya serta sejarah yang masih sangat kental hingga saat ini. Salah satu tempat menelusuri lebih jauh tradisi Jogja adalah di wisata Kotagede Jogja. Nggak salah kalau jadi salah satu tempat wisata budaya di Jogja.

kotagede yogyakarta

photo by @sandralugiana

Tempat wisata Kotagede Yogyakarta mungkin akan sangat berbeda dari tempat wisata hits di Jogja karena menampakkan rumah-rumah tua dan situs yang jadi cagar budaya. Tapi meski begitu kamu tetap bisa foto-foto di beberapa spot kampung wisata Kotagede. Nggak percaya? Baca artikel wisata di Kotagede Jogja ini sampai selesai deh.

Sekelumit Cerita Tentang Wisata Kotagede Yogyakarta

Akan sangat aneh kalau kamu kesini tapi nggak tahu cerita di balik keindahan Kotagede. Sejarah Kotagede Indonesia ini nggak bisa lepas dari cerita masa kejayaan Kerajaan Mataram Islam dan sejarah bangsa Indonesia sendiri.

Kotagede Mataram dulunya adalah sebuah ibukota. Ibukota kerajaan Mataram Islam. Sebelum menjadi ibukota tempat ini hanyalah sebuah hutan bernama Mentaok. Namun pada abad ke 16, Ki Ageng Pemanahan yang menjadi penguasa Kerajaan Pajang membuat pemukiman disini. Perkembangan terus dilanjut oleh anaknya Sutawijaya hingga akhirnya berdirilah kerajaan Mataram. Ia membuat Kotagede sebagai ibukotanya.

Baca juga: Berwisata Klasik ala Jogja di Keraton Jogja

kotagede yogyakarta

photo by @leonardopandelaki

Asal Usul Nama Kotagede

Nama Kotagede diambil untuk menunjukkan tempat ini adalah sebuah kota yang hebat. Kotagede juga pernah dikelilingi oleh benteng. Hingga di akhir abad ke-19, transportasi dan ekonomi mulai meningkat di Kotagede dan produksi perak menjadi mata pencaharian utama penduduknya.

Untuk menyelami keindahan Kotagede tidaklah sulit. Kamu bisa explore Kotagede dengan keliling dari satu gang sempit ke gang yang lain untuk menemukan rumah-rumah atau situs Kotagede cagar budaya. Rumah-rumah disini masih berdesain tradisional dan memiliki kesan antik tiada banding. Kamu bisa banget foto-foto dengan backdrop rumah-rumah ini.

Tapi ada juga objek wisata Kotagede bersejarah lainnya yang nggak boleh kamu lewatkan. Kita akan bahas selanjutnya.

Rekomendasi lain: Menengok Pemandian Putri Raja di Tamansari Jogja

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Kotagede Jogja

Ada beberapa aktivitas wisata yang dapat dilakukan ketika di Kotagede, yaitu seperti:

  1. Mengagumi Wisata Perak Kotagede

Kotagede tentunya terkenal sebagai tempat kerajinan perak di Yogyakarta. Bahkan kerajinan kotagede silver ini sudah mendunia. Nggak heran kalau kamu ke toko-toko peraknya bisa bertemu dengan turis-turis manca. Kamu pun bisa buat perhiasan perak dengan desainmu sendiri di kotagede jogja perak.

kotagede yogyakarta

photo by @woro_hartanti

2. Menjelajahi Obyek Wisata di Kotagede Satu Persatu

Jelajah wisata sekitar Kotagede memang nggak ada matinya. Kamu akan menemukan nuansa klasik seolah dibawa ke ratusan tahun lampau saat wanita cantik memakai batik jarik dan sang pria memakai surjan. Wisata bersejarah di Kota Gede menyajikan tempat wisata seperti wisata Makam Raja Kotagede, Omah Ugm Kotagede, Rumah Pesik, kotagede mosque atau Masjid Agung Kotagede yang berada satu tempat dengan makam raja, kotagede market yaitu Pasar Legi, dan beberapa tempat wisata dekat Kotagede lainnya.

3. Jelajah Hal-Hal Antik dan Unik

Yang unik dari Kotagede nggak Cuma heritage nya saja. Bahkan gang kotagede yang sempit-sempit serta rumah vintage kotagede milik warga boleh diajak berfoto bersama lho. Kamu bisa menjelajahi perkampungan untuk menemukan gang dan rumah antik dengan berjalan kaki atau bersepeda.

kotagede ygogyakarta

photo by @katnis___

4. Coba Wisata Kuliner Kotagede

Kamu harus coba makanan tradisional dan khas disini yang terkenal seperti kue Kipo kotagede, bakmi kotagede, gudeg kotagede, sate sapi, soto lumayan, coklat kotagede, dan jajanan pasar seperti roti kembang waru, legomoro, yangko, krasikan, jadah manten, hingga jamu dan lain sebagainya. Kalau kamu ingin makan mewah dan unik ala keturunan kraton jogja, cobalah ke kotagede Omah Dhuwur resto. Ada jajanan khas dan menu makan tradisional hingga internasional.

5. Shopping

Karena Kotagede adalah bekas ibukota kerajaan, maka banyak kios-kios yang menjadi pertanda pusat perdagangan. Kamu bukan hanya bisa beli perak tapi juga batik kotagede dan kaos khas identik dengan Jogja yaitu Dagadu kotagede.

Selengkapnya tentang pariwisata Kotagede: Objek Wisata Kotagede yang Wajib Kamu Kunjungi

kotagede yogyakarta

photo by @heru_sudaryanto

Paket Wisata Kotagede yang Bisa Dipilih

Mau punya tour lengkap ke Kotagede di Yogyakarta? Gampang hubungi saja langsung Pamitran Tours Jogja. Kami punya beberapa Kotagede tour untukmu seperti misalnya saja Kotagede walking tour dimana kamu bisa travellling jalan-jalan di Kotagede atau Kotagede cycling tour yang membuatmu mampir ke kerajinan perak dan keliling dengan sepeda.

 

Cek juga paket wisata Jogja lainnya di>>

Lokasi Kotagede Yogyakarta yang Mudah Dilalui

Sangat mudah kalau kamu mau ke kotagede jogja karena dekat dengan pusat kota. Jarak Kotagede ke Malioboro saja hanya sekitar 6.3 KM atau sekitar 20 menit perjalanan. Kamu bahkan bisa naik Trans Jogja. Tapi kalau kamu mau sekalian ke tempat lainnya dengan lebih bebas ya mending rental motor jogja atau rental mobil di Jogja murah aja di Pamitran Rental Motor Jogja. Tenang, cara sewanya mudah dan bisa via online. Cus, langsung aja buktikan sendiri.

Maps>> https://goo.gl/maps/19vyEjKgJfv