Ke Malioboro? Icip-Icip Kuliner Dekat Malioboro Jogja Terfavorit Yuk!

Berlibur ke Jogja tentu satu tempat utama yang harus kamu kunjungi adalah Malioboro. Tempat ini bukan hanya kawasan nongkrong dan belanja lho ternyata. Disinipun kamu bisa jalan-jalan mampir dan mencicipi kuliner dekat Malioboro Jogja yang bikin ketagihan. Itung-itung dari tempat kuliner Yogyakarta dekat Malioboro kamu sudah bisa eksplor makanan-makanan khas Jogjakarta.

Kuliner di Jalan Malioboro Jogja ada banyak. Mulai dari soto, nasi goreng, lumpia, dan beberapa lainnya yang khas. Kamu nggak akan kesusahan menemukan kuliner sekitar Malioboro enak. Semisal hotelmu ada di kawasan ini, keluar sebentar saja sudah bisa menemukan kuliner murah di Malioboro Jogja. Dan yang paling penting ada deretan kuliner di Malioboro malam hari juga. Asyik kan? Nah dibawah ini kamu akan bisa melihat apa saja wisata kuliner di Malioboro dan sekitarnya yang wajib kamu coba.

Rekomendasi Kuliner Dekat Malioboro yang Tak Boleh Dilewatkan

Gudeg Yu Djum

Siapa yang tidak tahu gudeg yang satu ini? Selain karena gudeg adalah kuliner khas favorit dari Jogjakarta, nama gudeg Yu Djum cukup terkenal karena rasa khasnya. Kuliner legendaris Malioboro ini lokasinya ada di Jl. Wijilan no.31 Panembahan, Yogyakarta. Uniknya lagi, bagi yang ingin membawa pulang kuliner gudeg di Malioboro ini sebagai oleh-oleh, kini sudah ada inovasi gudeg kering yang dimasukkan dalam kaleng.

Cek Selengkapnya di: Mencicipi Makanan Melegenda, Gudeg Jogja

wisata kuliner di jogja

photo by @gudegyudjum167

Angkringan Lek Man

Seperti tadi yang sudah dibilang, ada wisata kuliner malam jogja dekat Malioboro yaitu angkringan. Angkringan Jogja ini merupakan jenis warung makan yang digemari terutama oleh mahasiswa karena harganya murah-murah. Di Malioboro sendiri ada Angkringan Lek Man yang ada di sebelah utara tepat Stasiun Tugu. Buka sore hingga larut malam, menu andalannya adalah kopi Joss, nasi kucing, dan aneka sate. Mau tahu apa itu kopi Joss dan nasi kucing? Datang saja ke kuliner area malioboro ini. Harga makanan dan minuman yang tersedia di kuliner unik di malioboro ini hanya sekitar Rp 1.000 sampai Rp 10.000 saja.

Artikel terkait: Angkringan-Angkringan Paling Top di Jogja

wisata malam jogja hits

photo by @voilajogja

Bakmi Jowo Mbah Hadi

Kalau mau cicipi kuliner malam dekat Malioboro selain angkringan, Bakmi Jowo Mbah Hadi yang ada di Jl. C. Simanjuntak no.1, Gondokusuman, Jogja adalah jawabannya. Paduan mie yang kenyal dan racikan bumbu yang gurih ditambah cara memasak tradisional menggunakan anglo, membuat lidahmu bergoyang. Kamu harus coba kuliner di Malioboro yang murah satu ini.

Artikel terkait: Bakmi Jawa di Jogja yang Paling Enak dan Laris

Gado-Gado Bu Hadi

Mau merasakan gado-gado? Menu salad Jawa yang satu ini juga wajib dicoba. Salah satu kuliner Malioboro siang hari, gado-gado, yang bisa dikunjungi adalah Gado-Gado Bu Hadi yang ada di lantai dua Pasar Beringharjo. Kuliner terkenal Malioboro ini ternyata harganya murah, Rp 17.000 plus pelengkap seperti kerupuk udang dan minuman es kopyor. Warung Bu Hadi sudah ada dari 50 tahun silam lho. Jadi udah tahu kenapa harus mencoba kemari ya? Ya karena Gado-Gado Bu Hadi adalah kuliner wajib di Malioboro.

Soto Ayam 61

Cita rasa soto di Yogya cukup berbeda dengan soto di tempat lain. Makanya tidak afdol kalau belum mencicipi soto khas Jogja. Salah satu tempat kuliner dekat malioboro yang menjual soto asli Jogja adalah Soto Ayam 61. Kuliner di Malioboro Jogja yang legendaris ini ada di Jl. Ahmad Yani 61, Gondomanan, Jogja.

Pecel Senggol Beringharjo

Kembali lagi ke sekitaran Beringharjo, adalah Pecel Senggol yang merupakan kuliner terkenal di Malioboro. Apa sih pecel senggol itu? Pecel Senggol merupakan kuliner kuliner pagi dekat Malioboro yang ada di depan Pasar Beringharjo. Pecel ini dinamakan pecel senggol karena para pelanggannya harus rela mengantre dan bersenggolan dengan pelanggan lain. Tapi rasa yang mantap dijamin akan membuatmu betah berlama-lama menanti kuliner kawasan malioboro ini.

kuliner dekat malioboro jogja

photo by @jc_sumampouw

Nasi Goreng Beringharjo

Kalau tadi sudah pecel, sekarang ada Nasi Goreng Beringharjo yang jadi kuliner sekitar Malioboro murah berikutnya. Yang berbeda dari nasi goreng ini adalah paduan rasa nasi goreng Jawa dengan Oriental. Karena penjualnya adalah warga peranakan, maka tak heran kalau rasa unik ini akhirnya menjadikan Nasi Goreng Beringharjo populer.

                                Lumpia Samijaya                                  

Setelah makan-makan berat, ada baiknya kamu ngemil makanan ringan berupa lumpia. Lumpia Samijaya adalah kuliner favorit di Malioboro. Saking favoritnya, kamu harus rela antri. Soalnya lumpia yang sudah digoreng pasti langsung ludes dipesan. Lumpia ini memang panganan kuliner paling enak di Malioboro. Tapi bukan hanya rasanya yang enak, harganya yang murah bikin orang rela antri. Buka mulai jam 10.30 hingga 15.00 WIB, pastikan kamu tidak terlambat mengantre.

wisata kuliner di jogja

photo by @tatangitongwahyudi

Kuliner Alun – Alun

Mau coba kuliner hits dekat Malioboro? Coba saja main ke sekitaran alun-alun Jogja. Di Alun-Alun Selatan Jogja, sambil kamu bermain odong-odong lampu, kamu juga bisa cicipi kuliner murah yang berjajar rapi di sekitarnya. Mulai dari angkringan, mie ayam, bakso, jagung bakar, dan ragam es murah. Sedangkan di alun-alun utara yang lebih sepi kamu bisa menemukan kuliner recommended Malioboro berupa angkringan hits yang menyediakan kopi, es, dan tentunya nasi kucing beserta lauknya.

kuliner dekat malioboro jogja

photo by @pendopokandangmacan

Sate Kere

Menu kuliner khas jogja dekat Malioboro yang disebut dengan Sate Kere sekarang sudah jadi salah satu menu andalan di Jogja. Rasanya unik dan lezat. Sate ini cocok disantap sebagai kuliner malioboro sore. Sate Kere sendiri merupakan sate yang terbuat dari lemak ayam atau sapi yang dalam bahasa Jawa disebut gajih. Teksturnya kenyal dan rasanya tentu saja gurih. Kuliner murah dekat Malioboro ini seporsi bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 5.000 – Rp 10.000.

kuliner dekat malioboro jogja

photo by @dhikanov

Mie Ayam Grabyas

Ada jenis makanan lagi yang populer di Jogjakarta yaitu mie ayam. Kalau kamu mau coba mie ayam di Jogja, datang aja ke tempat makan kuliner di Malioboro bernama Mie Ayam Grabyas. Uniknya, mie ini bukanya tengah malam. Ditambah lagi, mie ayam ini diisi oleh kulit ayam goreng yang gurih dan crispy. Kamu harus rela antri untuk mendapatkan kuliner enak di Malioboro ini. Tapi, siapa yang bisa menolak suasana tengah malam Jogja yang tenang?

Gudeg Mbah Lindu

Gudeg di dunia Yogyakarta ini nggak hanya Yu Djum. Di sekitar Malioboro ada Gudeg Mbah Lindu yang melegenda. Gimana nggak melegenda, kalau kuliner Malioboro Yogyakarta ini sudah ada sejak penjajahan Jepang. Sang penjual, yaitu Mbah Lindu, usianya saja nyaris satu abad. Dan, masih setia menunggumu untuk membeli gudegnya lho. Kamu mau tanya-tanya seputar sejarah Jepang di Indonesia? Dateng deh, dan tanya sama Mbah Lindu yang jadi saksi hidup. Beliau suka bercerita.

kuliner dekat malioboro jogja

photo by @eric_khm

Es Sekoteng Ketandan

Panas-panas enaknya nge-es. Kamu yang setuju dan ingin cari kuliner khas Malioboro berupa es bisa datang ke Jalan Ketandan, tepatnya di belakang toko Ramayana. Semangkuk es sekoteng yang melegenda siap disantap di siang hari.

kuliner dekat malioboro jogja

photo by @rumahbundas

Artemy Italian Gelato

Kalau tadi kuliner khas, sekarang kita icip-icip kuliner hits Malioboro yang masiih berupa es. Artemy Italian Gelato, pelopornya gelato di Jogja, punya 24 varian rasa gelato untukmu. Kamu pun bisa menikmatinya di dalam cafe yang cozy dan modern banget.

Es Dawet Mbah Hari

Es lagi, es lagi. Kali ini ada es dawet khas Jogja. Es Dawet Mbah Hari merupakan salah satu kuliner di Malioboro Yogya yang wajib kamu kunjungi kalau kamu butuh pelepas dahaga. Lokasinya di Pasar Beringharjo. Mirip-mirip dengan Gudeg Lindu, penjualnya yang sudah sangat lanjut usia ini juga sudah berjualan sejak tahun 1965. Alhasil, rasanya mantap dan khas jadul banget.

kuliner dekat malioboro jogja

photo by travelingyuk.com

Sop Kembang Waru

Salah satu kuliner unik dekat Malioboro yang nggak boleh ketinggalan kamu beli adalah Sop Kembang Waru. Dari namanya aja udah asing ya. Sop Kembang Waru ini merupakan sop dengan kuah bening berisi siomay cantik berbentuk waru ditambah dengan beberapa pelengkap lainnya. Kenapa kamu harus makan ini? Karena khas dan adanya hanya di Jogja. Kedainya pun tidak buka cabang, hanya ada di area foodcourt Pasar Bringharjo. Masak sih mau kamu lewatkan gitu aja?

kuliner dekat malioboro jogja

photo by @jogjakakilima

Gimana? Nggak hanya tempatnya aja yang keren tapi kuliner yang ada di Malioboro ini top banget kan? Langsung aja kamu kemari dan cicipi kuliner di jl Malioboro yang lezat-lezat dan khas. Dan jika kamu mau menyambangi kuliner-kuliner enak di dekat Malioboro, kamu nggak boleh lupa untuk sewa motor di Jogja nya di Pamitran Rental Motor Jogja. Iya, kamu yang lagi bingung gimana mau sewa kendaraan murah di Jogja bisa hubungi Pamitran Rental Motor Jogja. Kenapa? Karena selain sewa motor, kamu juga bisa cari sewa mobil Jogja, sewa bus Jogja, dan pastinya paket tour di Jogja terlengkap dan termurah. Nah! Lengkap banget kan? Nggak perlu berlama-lama lagi, segera saja hubungi Pamitran Rental Motor Jogja yang selalu siaga untuk keperluan liburanmu.