18 Kuliner di Bantul Jogja Terenak dan Legendaris

Jogjakarta tidak hanya kaya akan destinasi wisata yang amat banyak. Kota ini juga punya andalan kuliner di Bantul Jogja. Tentu saja tak menutup kemungkinan disisi-sisi lain Yogya memiliki kuliner khasnya masing-masing yang juga lezat. Kali ini kita akan bahas kuliner di Bantul Yogyakarta yang melegenda dan sudah terkenal dimana-mana. Langsung saja yuk kita lihat apa saja wisata kuliner di kabupaten Bantul yang selalu jadi incaran wisatawan ketika datang ke Jogja.

Asyiknya Mencicipi Kuliner di Bantul Favorit

Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung

Bayangkan betapa asyiknya mencicipi kuliner favorit di Bantul. Tapi kira-kira apa ya kuliner di daerah Bantul yang paling enak? Setiap masakan tentu memliki rasa lezat yang tak bisa dihindari. Tapi mungkin salah satu kuliner Bantul terkenal ini bisa jadi andalan. Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung merupakan masakan ayam jawa yang digoreng dengan bumbu melegenda. Dilengkapi dengan sambal segar dan tempe serta lalapan, kuliner ini pun jadi favorit semua kalangan. Disini juga tersedia paket makanan untuk keluarga dan grup.

photo by @bubueataway

  • Harga: Rp 25.000 – Rp 45.000 / porsi, Rp 100.000 – Rp 180.000 (ayam utuh)
  • Lokasi: Desa Sendang Semanggi RT No.05, Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, DIY

Sambel Belut Pak Sabar

Kedua teratas yang pasti dicari wisatawan saat ke Bantul adalah Sambel Belut Pak Sabar. Kuliner belut Bantul memang sudah lama terkenal. Disini belut dijadikan olahan kuliner super gurih dan enak. Tentu anda harus coba seperti apa nikmatnya belut saat dicocol ke dalam sambal pedas.

kuliner di bantul jogja

photo by cookpad.com

  • Harga: Rp 17.000 / porsi
  • Lokasi: Jl. Imogiri Barat Km.6, Dusun Dokaran, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, DIY

Mangut Lele Mbah Marto

Selain belut, ternyata ada yang gurih-gurih lainnya yaitu mangut lele. Anda mau cari kuliner ikan di Bantul? Mangut Lele Mbah Marto jawabannya. Makanan ini lagi hits-hitsnya dan tak pernah sepi pengunjung. Ikan lele yang disiram kuah berbumbu kuning dan sedikit pedas ini akan menggoyang lidah anda. Jangan heran kalau ketagihan ya!

photo by @sovifooddiary

  • Harga: Rp 20.000 / porsi
  • Lokasi: Ngireng-Ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul, DIY.

Bakmi Jawa Mbah Mo

Apa yang terpikir ketika ke Jogja? Pasti salah satunya adalah bakmi jawa. Nah, di Bantul juga ada lho. Kuliner di Bantul enak berikutnya adalah Bakmi Jawa Mbah Mo. Lokasinya di tengah desa dan selalu jadi andalan kuliner malam hari Bantul.

  • Harga: Rp 20.000 / porsi
  • Lokasi: Jl. Parangtritis KM 11, Code, Trirenggo, Bantul, DIY.

Pecel Baywatch

Pernah mendengar tentang Pecel Baywatch? Apa sih sebenarnya makanan ini? Kuliner enak murah di Bantul, Pecel Baywatch, sebenarnya adalah pecel biasa yang dibuat dengan bumbu kacang legendaris. Yang membuatnya menarik adalah namanya. Baywatch ini adalah sebutan untuk sang pemilik pecel yang sudah sangat tua dan biasa memakai kutang seperti yang ada di film Baywatch. Lucu juga ya.

kuliner di bantul jogja

photo by @jogjabikinlaper

  • Harga: Rp 15.000 / porsi
  • Lokasi: Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Sate Petir Pak Nano

Wah, dari namanya saja sudah bikin penasaran. Sate Petir Pak Nano, merupakan kuliner legendaris Bantul tiada dua. Anda yang suka hal-hal baru pasti suka kemari. Sate milik Pak Nano ini melegenda dengan level kepedasannya mulai dari level TK hingga Professor. Ini juga lucu dan unik. Tapi rasa pedasnya nggak main-main.

photo by @sate_petir_pak_nano

  • Harga: Rp 20.000 / porsi
  • Lokasi: Jl. Jogja Ring Road Selatan No.90, Desa Menayu Kidul, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, DIY.

Sate Klathak Pak Bari

Mau makan di kuliner Bantul aadc 2? Itu berarti anda harus ke Sate Klathak Pak Bari. Kuliner khas Bantul Jogja ini jadi andalan dan sudah terkenal sampai-sampai film aadc pun menjadikannya sebagai salah satu setting lokasi. Disini anda bisa mendapatkan sate dengan tusuk dari jeruji besi motor, sate kambing muda, tongseng kambing, hingga gulai kambing. Pokoknya anda yang pecinta kuliner harus coba kuliner Bantul malam hari ini.

photo by @jogjaculinary

  • Harga: Rp 20.000 / porsi
  • Lokasi: Pasar Wonokromo, Jl, Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Bantul, DIY.

Kuliner Ingkung Mbah Kentol

Tentunya yang tak kalah melegenda dari Bantul adalah kuliner ayam ingkung di Bantul. Ingkung ayam yang biasanya didapat ketika ada acara syukuran, sekarang bisa dimakan di Ingkung Mbah Kentol. Bumbu legendarisnya akan membuat anda ketagihan. Cobalah kuliner ingkung di Bantul ini bersama keluarga, teman, atau rekan kerja. Pasti makin sip!

  • Harga: Rp 100.000 / 4 porsi
  • Lokasi: Desa Kentolan Lor, Guwosari, Pajangan, Bantul, DIY.

Bakmi Pentil

Nama kuliner di Jogja memang selalu menarik. Ada lagi nih kuliner unik Bantul bernama Bakmi Pentil. Seunik namanya, jajanan kaki lima ini terdiri dari mie putih dan mie kuning yang kenyal. Biasanya akan ditambah sambal. Anda dapat menemukan makanan ini di pasar-pasar tradisional Bantul dengan harga berkisar Rp 7.000 an.

Miedes

Miedes alias Bakmi Pedes adalah kuliner yang cukup sensasional yang dicari banyak orang belakangan ini. Yang paling terkenal adalah Bakmi Pedes Mbah Anik. Mulai dari mie goreng, mie kuah, dan nasi gorengnya pedes-pedes.

  • Harga: Rp 7.000 / porsi
  • Lokasi: Jl. Parangtritis Km. 14,5, Patalan, Bantul, DIY.

Peyek Tumpuk

Ingin ngemil sesuatu yang gurih dan enak pas lagi di Bantul? Jangan khawatir, cari saja Peyek Tumpuk. Kuliner makanan di Bantul ini banyak dijual di pasar maupun di pusat oleh-oleh. Nah, sekalian juga kan membeli peyek tumpuk untuk oleh-oleh orang di rumah.

photo by @oleh2djogja

Gudeg Nggeneng

Gudeg memang melegenda seantero Jogja. Tak heran di Bantul pun ada sajian ini. Tapi disini cukup unik karena kuliner sekitar Bantul bertema gudeg ini ditambah dengan rendang ayam dan sambal pedas. Sudah begitu harganya tetap terjangkau. Rp 15.000 per porsi nya.

kuliner di bantul jogja

photo jogjaday.com

Kue Adrem

Satu lagi nih camilan yang pas sekali dinikmati di Bantul. Kue Adrem adalah kuliner area Bantul yang rasanya manis dan harganya murah. Bentuknya pun lucu. Anda bisa menemukannya di pusat oleh-oleh Bantul.

Oseng-Oseng Mercon

Suka dengan oseng-oseng mercon? Bantul adalah salah satu daerah yang andal membuat oseng-oseng daging dan jeroan dengan sambal ini. Buat anda pecinta masakan pedas, kuliner pedas Bantul ini harus anda coba. Harganya masih terjangkau: Rp 15.000 /porsi.

photo by @jogjabikinlaper

Cilok Bantul

Yuk yang mau merasakan kuliner hits Bantul, merapat saja ke cilok bantul. Jajanan ini bisa ditemukan di Pasar Bantul. Meski hanya jajanan kaki lima, rasanya enak lho. Ada dua jenis cilok yang dijual disini yaitu cilok bulat biasanya dan cilok sompel yang ditusuk kayu. Penasaran?

  • Harga: Rp 10.000 / porsi
  • Lokasi: Pasar bantul, Jalan Jend. Sudirman, Bantul, DIY.

Pecel Wader Wiyoro

Anda juga harus coba yang satu ini. Pecel wader adalah sayur pecel biasa yang kemudian ditambah dengan lauk iwak wader. Iwak wader ini adalah ikan sungai kecil-kecil yang rasanya crispy dan gurih. Tempat kuliner di Bantul untuk menemukan pecel wader ini adalah Pecel Wader Wiyoro.

kuliner di bantul jogja

photo by @anisadinara

  • Harga: Rp 15.000 / porsi
  • Lokasi: Jl. Wiyoro Kidul, Wiyoro, Baturetno, Banguntapan, Bantul, DIY.

Geplak, Gathot, dan Cenil

Kalau tadi sudah yang hits-hits, sekarang kita cicipi juga kuliner tradisional Bantul yuk. Ada geplak, gathot, dan cenil. Jika anda ke Dlingo, jajanan dan kuliner di Dlingo Bantul ini wajib anda rasakan. Geplak sendiri merupakan olahan dari parutan kepala yang kemudian dibentuk bulat dan berwarna-warni. Sedangkan gathot adalah makanan berbahan dasar singkong dan rasanya sangat manis. Sedangkan cenil adalah makanan terbuat dari tepung beras. Rasanya juga manis dan gurih karena diberi taburan kelapa parut dan saus gula merah. Anda bisa dapatkan di pusat oleh-oleh maupun di kaki lima pasar-pasar Bantul.

kuliner gunung kidul jogja

photo by @ikahuseinda

Mie Ayam Ceker Tumini

Kalau kuliner yang satu ini adalah kuliner di Imogiri Bantul, tepatnya di Jalan Imogiri Timur di sebelah utara Terminal Giwangan. Ternyata mie ayam ceker Tumini ini cukup terkenal. Tidak sedikit wisatawan luar kota datang hanya untuk mencicipi daya tarik rasanya.

Yuk langsung saja serbu wisata kuliner di Bantul Yogyakarta. Saat anda liburan ke Jogja dan mencicipi kuliner terenak ini harusnya anda pakai juga jasa sewa transport terbaik se Jogjakarta. Pamitran Rental Motor Jogja, rajanya sewa motor murah Jogja yang selalu jadi andalan. Selain sewa motor, anda pun bisa rental mobil murah di Jogja lho. Ada banyak pilihan seperti avanza, innova, elf, hiace, dan masih banyak lagi macam lainnya. Selain itu kami sarankan anda juga ambil paket tour di Jogja yang murah sekali milik kami. Perjalanan anda pun jadi terencana dan tidak ribet. Anda mau? Silahkan menghubungi kami segera.