Ragam Kuliner Gunung Kidul Jogja yang Membuat Lidah Bergoyang

Setuju ya tempat wisata di Gunung Kidul itu keren dan tiada dua? Tapi setujukah anda kalau kuliner Gunung Kidul Jogja juga nikmat? Bagi anda yang masih merasa ragu berarti harus mencoba ragam kuliner di Gunung Kidul Jogja di bawah ini. Beberapa kuliner Gunung Kidul Yogyakarta bahkan bukan tidak mungkin belum pernah anda coba sebelumnya. Jadi, langsung saja kita menyelami rekomendasi wisata kuliner di Wonosari Gunung Kidul berikut ini ya.

Wisata Kuliner di Gunung Kidul Yogyakarta Terpopuler

Walang Goreng

Membicarakan Gunung Kidul tak afdol jika tak menyebut walang goreng. Walang goreng adalah kuliner ekstrim Gunung Kidul yang terbuat dari belalang (walang) yang kemudian digoreng. Tenang. Belalang yang dipilih adalah jenis tertentu kok. Dan ternyata kuliner gunung kidul belalang ini banyak proteinnya. Selain itu tentu saja rasanya gurih dan enak. Pertama kali mencoba mungkin anda akan terasa geli. Tapi setelah masuk mulut, membuat lidah bergoyang-goyang. Anda bisa temukan camilan ini di banyak tempat. Biasanya dijual dalam toples dengan harga Rp. 20.000 per toplesnya.

wisata kuliner di jogja

photo by @jogjascrummy

Sego Abang

Penasaran dengan yang namanya Sego Abang? Sego Abang adalah nasi merah yang dimasaknya menggunakan tungku dari tanah liat dan menggunakan kayu bakar. Beras merah ini pun dimasak dengan cara dikukus dengan menggunakan anyaman bambu. Bisanya kuliner khas Gunung Kidul disajikan bersama sayur kuah santan dan tempe.

wisata kuliner di jogja

photo by @thegarden.id

Jangan Lombok Ijo

Jika anda mencari kuliner terkenal di Gunung Kidul yang kaya akan vitamin, Jangan Lombok Ijo pilihannya. Jangan Lombok Ijo artinya sayur lombok hijau, merupakan sajian sayur berkuah santan dilengkapi dengan potongan cabai hijau, tempe kedelai, dan kacang panjang.

kuliner gunung kidul jogja

photo by @dianayupuspitasari

Seafood

Jangan ngaku sudah ke Gunung Kidul kalau belum menikmati cita rasa kuliner di pantai Gunung Kidul. Kabupaten yang satu ini memang terkenal dengan pantai pasir putihnya. Dan dekat dengan pantai biasanya juga masih satu area dengan pantai tersebut, ada masakan kuliner seafood di Gunung Kidul. Seafood disini dimasak dengan bumbu khas, itulah yang membuatnya terasa gurih, meresap, dan nikmat. Tidak berbau amis sama sekali. Tidak percaya? Coba saja sendiri.

Lobster dan Udang Batu Pantai Timang

Jika anda memang berencana ke Pantai Timang, cobalah kuliner lobster di Gunung Kidul yang sangat enak. Lokasinya berada di Pantai Timang yang terkenal dengan gondola kayunya itu. Disini ternyata menyimpang kekayaan laut seperti lobster berukuran besar dan udang batu. Nah ternyata udang batu ini rasanya lebih nikmat dari lobster biasa. Tak heran kuliner seafood gunung kidul yang satu ini harganya cukup mahal. Bahkan nelayan sekitar yang bisa menangkap udang ini pun belum tentu sering memakannya. Untuk mencari lobster dan udang batu ini memang bukan perjuangan mudah. Mereka bersembunyi bebatuan karang, di balik ombak yang berdeburan. Perjuangan mempertaruhkan nyawa ini yang membuat lobster dan udang batu Pantai Timang mahal. Tapi wajib dicoba ya!

Urap Trancam

Kuliner Wonosari Gunung Kidul yang berikutnya adalah Urap Trancam. Ini adalah sejenis makananberbahan dasar sayur-sayuran yang dicampur dengan bumbu kelapa parut. Namun Trancam menggunakan sayuran mentah. Sayur itu biasanya terdiri dari kacang panjang, daun kemangi, taoge, mentimun, kubis, dan wortel.

kuliner gunung kidul jogja

photo by @pelangi_pastry

Rekomendasi terkait: Kuliner-Kuliner Khas dan Enak di Bantul Jogja

Gatot Thiwul Yu Tum

Ke Yogya memang terasa kurang kalau tak mencoba ragam panganan tradisionalnya. Jogja sendiri memang terkenal dengan nuansa klasik yang sangat kental. Jadi tak jarang jika anda pun bisa menemukan kuliner tradisional Gunung Kidul bernama Gatot Thiwul. Gatot adalah makanan yang terbuat dari singkong yang dikeringkan yang diberi parutan kelapa dan sedikit gula. Sedangkan thiwul adalah makanan yang terbuat dari tepung gaplek, biasanya dimakan sebagai pengganti nasi. Thiwul punya rasa manis dan gurih dari gula merah dan kelapa parut. Namun keduanya bisa dimakan bersamaan. Yang paling terkenal se-Gunung Kidul adalah Gatot Thiwul Yu Tum.

kuliner gunung kidul jogja

photo by @ikahuseinda

Sate Kambing Pak Turut

Ada warung sate kambing yang namanya sangat populer di Gunung Kidul. Biasanya pun anda akan dirujuk ke tempat ini jika ke gunung kidul. Namanya adalah Sate Kambing Pak Turut. Warung ini selalu ramai dikunjungi wisatawan karena cita rasanya yang enak sekali. Daging kambingnya empuk dan bumbu gulainya kaya rempah. Mau mencoba wisata kuliner di Gunung Kidul Jogja ini kan?

Ayam Goreng Khas Gunung Kidul

Untuk anda yang suka dengan olahan ayam, Gunung Kidul juga terkenal dengan ayam goreng khasnya. Ayam goreng jadi kuliner enak di gunung kidul karena dimasak dengan bumbu yang kaya rempah-rempah khas setempat. Ayam yang digunakan pun ayam kampung yang dagingnya gurih dan lebih kenyal.

photo by @daharkembul

Sayur Daun Pepaya

Nah mungkin makan ayam gorengnya jadi jauh lebih nikmat dengan sayur daun pepaya. Anda bisa menemukan olahan daun pepaya ini dengan bentuk oseng daun pepaya dan bahkan gudeg daun pepaya. Wah, seperti apa ya rasanya? Tentunya kuliner di Gunung Kidul ini enak dan banyak nutrisinya.

Oseng Bunga Pepaya

Makanan selanjutnya adalah oseng bunga pepaya. Jika tadi sudah daunnya, ternyata bunga pepaya bisa ditumis dengan bumbu dan cabai yang membuatnya gurih. Wah, masyarakat Gunung Kidul memang kreatif ya. Rasa pahit pun jadi hilang. Makanlah sayur ini dengan nasi hangat, lauk pauk, dan sambal bawang yang khas.

kuliner gunung kidul jogja

photo by @sixteens_smile

Empal

Empa adalah masakan khas daging sapi yang disajikan dengan kelapa parut dan diberi bumbu dendeng ragi. Bumbu empal terasa sangat kental dan enak. Anda harus coba kuliner Gunung Kidul Yogyakarta yang satu ini karena selain lezat mengandung banyak protein juga.

Soto Tan Proyek Bu Ngatir

Anda mencari kuined di Gunung Kidul pagi hari? Tenang, ada Soto Tan Proyek Bu Ngatir. Tempat wisata kuliner gunung kidul ini meski baru selalu jadi alternatif warga untuk cari sarapan yang segar-segar. Soto disini rasanya menggugah lidah. Paling cocok memang dimakan pagi hari saat udara masih dingin. Panasnya soto akan membuat anda semakin semangat menjalani hari.

kuliner gunung kidul jogja

photo by @mampirmakanbersama

Sambel Bawang

Sambal pastinya jadi pelengkap wajib bagi banyak orang di Indonesia. Nah, sajian sambal bawang yang khas ada di Gunung Kidul. Rasanya beda dari yang lain. Akan sangat nikmat menyantap nasi hangat beserta lauk seperti ikan asin dan tempe goreng, kemudian di tambah sambel bawang ini.

Bakmi Jawa

Bakmi jawa yang biasa anda makan di kota Jogja, sebenarnya banyak yang berasal dari Gunung Kidul. Kabupaten ini memang terkenal sebagai pusatnya bakmi jawa. Banyak warung yang menjual dan semua rasanya enak-enak. Beda dengan tempat lain apalagi yang di luar Jogja. Beberapa tempat kuliner khas Gunung Kidul yang menjual bakmi jawa terenak adalah Bakmi Jawa Mbah Noto dan Mi Mbah Wito.

wisata kuliner di jogja

photo by @riderkulineran

Banyak juga kan wisata kuliner gunung kidul yang dapat anda cicipi? Langsung saja yuk mencoba satu persatu yang anda inginkan dan datanglah ke Gunung Kidul. Anda tak perlu khawatir kalau ingin dengan leluasa berwisata ke Gunung Kidul. Pamitran Rental Motor Jogja punya solusinya. Anda bisa kemari dengan rental mobil di Jogja kami. Anda bisa sewa mobil dengan sopir ataupun sewa mobil jogja lepas kunci.

Juga yang ingin lebih menghemat budget bisa sewa motor murah di Jogja saja. Bagi yang ingin kemari sambil reunian atau bersama rombongan teman tersedia mini bus seperti elf dan hiace, dan bus besar. Coba juga paket wisata Jogja termurah milik kami yang banyak pilihannya.