Kuliner Jogja Wajib Coba Baik Saat Anda Kelaparan atau Penasaran

Sedang berada di Yogyakarta atau merencanakan perjalanan indah ke kota wisata ini? Sebaiknya anda jangan lupa bahwa ada hal-hal seru yang bisa dicoba termasuk mencicipi kuliner Jogja wajib coba. Tidak hanya gudeg, ada banyak sekali kuliner jogja yg wajib di coba lainnya yang akan menemani liburan anda serasa di surga tersembunyi. Jika anda masih ragu, coba saja lihat ulasannya pada wisata kuliner wajib jogja berikut ini.

Baca juga>> Wisata Kuliner Legendaris di Jogja

Daftar Kuliner Jogja Wajib Dicoba dan Dikunjungi

Gudeg Jogja

photo by kumparan

Kota Yogyakarta tentu paling terkenal dengan daerah asalnya gudeg. Maka bukan hal yang aneh jika anda bisa menemukan tempat makan gudeg dimanapun. Untuk anda yang sedang bertandang kemari, jangan lupa untuk membeli dan mencicipi wisata kuliner jogja yang wajib dikunjungi yaitu gudeg. Ada banyak warung gudeg legendaris yang bisa anda datangi seperti Gudeg Pawon, Gudeg Mbah Lindu, Gudeg Yu Djum, Gudeg Manggar, dan masih banyak lagi. Rasanya akan kurang kalau anda belum coba kuliner wajib coba di jogja yang satu ini.

Selengkapnya>> Warung Gudeg Jogja yang Paling Terkenal dan Andalannya

Bakmi Jawa

Siapa sih yang tidak tahu sajian kuliner ini? Bahkan kini menu bakmi jawa bisa ditemukan di resto-resto besar seluruh Indonesia. Bagi anda yang sedang bingung mau makan malam apa di Jogja, ada solusi yaitu kuliner malam wajib jogja, bakmi jawa. Bukan hanya gudeg yang jadi kebanggaan kuliner kota ini, bakmi jawa yang berasal dari daerah Gunung Kidul ini juga sangat populer. Jadi jika anda kemari jangan ketinggalan mencicipi kuliner yang wajib dicicipi di jogja ini.

Cek selengkapnya>> Warung-warung Bakmi Jawa Legendaris di Yogyakarta

Sate Klathak   

photo by @jogjaculinary

Sate Klathak memang belum setua gudeg atau bakmi jawa. Tapi rasanya yang khas membuat penggemarnya langsung banyak. Kuliner khas jogja yang wajib dicoba ini berasal dari daerah Bantul, dimana anda akan makan sate kambing dengan potongan besar yang memiliki tusuk dari besi. Sajian sate klathak jadi semakin laris setelah masuk jadi salah satu latar tempat film kenamaan AADC 2. Anda bisa coba kuliner wajib dikunjungi di jogja Sate Klathak Pak Bari atau Sate Klathak Pak Pong yang ada di Bantul.

Lokasi: Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur no.5, Wonokromo, Pleret, Bantul

Jam buka: 18.00 – 01.00

Oseng Mercon

Kuliner yang wajib dikunjungi di jogja berikutnya adalah Oseng Mercon. Salah satu yang terkenal adalah Oseng Mercon Bu Narti. Menu ini juga termasuk baru booming di Yogyakarta. Tiap malam banyak orang mengantri sajian pedas percampuran kikil, daging, kulit, gajih, dan tulang muda ini. Dan tentunya kuliner yang wajib di jogja oseng mercon murah. Pantas banyak yang suka.

Lokasi: Jalan KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, DIY

Jam buka: 18.00 – 23.00 WIB

Angkringan

Satu lagi yang khas dan legendaris dari Jogja adalah Angkringan. Warung tempat makan dan jajan gaya tradisional ini ternyata tak lekang oleh waktu. Angkringan pun jadi kuliner di jogja yang wajib dikunjungi. Bisa disebut sebagai kuliner wajib khas jogja karena memang berasal dari kota ini. Keunikannya lain daripada yang lain dimana nasi bungkusnya berukuran mini. Lauk pauk serta sayur melimpah berharga murah, dan ada minuman khas yang bisa dicoba yaitu Kopi Joss kalau anda belinya di Angkringan Kopi Joss Lek Man di dekat Stasiun Tugu.

Selengkapnya>> Daftar Angkringan Paling Populer di Jogja

Soto Bathok         

kuliner kulon progo jogja

photo by @sri_wiwin

Makan soto di mangkuk keramik sudah biasa ya. Bagaimana kalau makannya pakai bathok kelapa (tempurung kelapa)? Salah satu kuliner wajib saat ke jogja yang dinamai Soto Bathok ini cukup hits lho. Tiap harinya selalu ramai pelanggan maupun wisatawan karena lokasinya dekat dengan wisata Candi Sambisari. Meskipun begitu sudah mulai ada tempat kuliner wajib di jogja soto bathok di tempat lain juga. Kuah soto yang gurih dan segar tambah lengkap dengan lauk pauk super unik seperti sate usus dan sate telur puyuh.

Mangut Lele              

kuliner di bantul jogja

photo by @sovifooddiary

Anda mau makan enak dan ambil sendiri langsung dari dapurnya? Berarti wajib ke Mangut Lele Mbah Marto. Warung mangut lele yang satu ini sudah cukup tua, makanya jadi wisata kuliner wajib di jogja yang legendaris. Bumbu mangutnya beda dari yang lain. Khas dan kental. Meskipun untuk menemukannya anda harus mau blusukan, tapi masa sih mau melewatkan kelezatan mangut lele yang sudah terkenal enak sejak tahun 1960 an?

Lokasi: Jalan Parangtritis Km 6.5, Dusun Sewon, Panggungharjo, Bantul. Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam buka: 09.00 – 16.00

Entok Slenget

kuliner tradisional jogja

photo by @jogjakakilima

Entok Slenget Kang Tanir adalah salah satu tempat kuliner di jogja yang wajib dikunjungi. Menunya unik, cukup jarang ada di Yogya, yaitu hewan enthok (sejenis bebek) yang diubahnya menjadi kuliner sedap dengan tingkat pedas yang bikin keringetan. Entok Slenget ini enak sekali meskipun terdengar asing untuk wisatawan luar kota.

Lokasi: Jalan Pakem – Turi, Donokerto, Turi, Kab. Sleman, DIY

Jam buka: 16.00 – 21.00 WIB

Rujak Es Krim

kuliner tradisional jogja

photo by @aya_nurhidayati

Kuliner jogja yang wajib dicoba berikut ini berupa sebuah es. Rujak Es Krim Pak Nardi selalu jadi incaran semua kalangan kalau hawa di Jogja lagi panas. Jadi wajar saja jika pas anda kemari ada banyak pengunjung. Es krimnya buatan sendiri khas rasa es krim Jogja. Sedangkan aneka buah yang dicampur pun terasa sangat segar saat melewati tenggorokan.

Lokasi: Jalan Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, DIY

Jam buka: 08.00 – 15.00 WIB

Nasi Brongkos

Ada satu makanan khas Jogja yang disukai warga lokal selain bakmi jawa dan gudeg yaitu nasi brongkos. Brongkos yang merupakan sayur berisi lauk dan kacang dengan kuah santan berwarna hitam. Jadi kuliner wajib dicoba di jogja karena banyak yang suka dengan rasa kuah santan yang kental. Lauknya biasanya telur, tahu, atau daging. Salah satu nasi brongkos paling terkenal adalah Nasi Brongkos Warung Handayani.

Lokasi: Jalan Gadaing Nomor 2, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, DIY

Jam buka: 07.00 – 19.00 WIB

Jenang

kuliner jogja wajib coba

photo by @maumakandimana_

Anda mau coba kuliner wajib coba di jogja yang jadi kesukaan banyak tokoh kenamaan di Indonesia seperti Presiden Megawati, Presiden Soeharto, dan Sultan Hamengkubuwono X? Ini dia, jenang Lempuyangan. Disebut demikian karena jenang ini berlokasi di Pasar Tradisional Lempuyangan. Ada banyak macam jenang disini. Anda bisa memesan jenang komplit maupun memilihnya sesuai kesukaan. Ada jenang sumsum, jenang cenil, dan jenang mutiara. Tapi jika anda kemari harus dari pagi ya, karena biasanya akan langsung ludes.

Lokasi: Pasar Lempuyangan, Jalan hayam Wuruk, kota Yogyakarta, DIY

Jam buka: 08.00 – 11.00 WIB

Wedang Ronde

kuliner jogja wajib coba

photo by @a.putri_lie

Semua wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri pasti tertarik dan biasanya akan diajak untuk mencoba minuman hangat legendaris dari Jogja, Wedang Ronde. Beberapa warung bahkan ada yang sudah buka sejak lama. Jika anda mau coba wedang ronde legendaris, maka cobalah ke Wedang Ronde Mbah Paiyem yang jadi langganan Presiden Soeharto. Warungnya sudah ada sejak tahun 60 an, dan rasanya tak pernah berubah. Tapi kalau anda mau coba kuliner yang wajib di coba di jogja ini di tempat lain juga bisa. Kebanyakan ditemukan di Alun-Alun Selatan.

Walang Goreng dan Nasi Merah

wisata kuliner di jogja

photo by @jogjascrummy

Apakah anda sudah pernah dengar tentang nasi merah dan juga walang goreng? Dua makanan ini andalannya orang Gunung Kidul Jogja. Sekarang, kabupaten ini sendiri jadi terkenal karena potensi wisata pantai dan hutan pinusnya. Jadi kalau pas anda kemari coba juga sajian walang goreng atau belalang goreng dan nasi merah. Belalang goreng disini sangat lezat dan gurih. Anda pun bisa membawa pulangnya sebagai oleh-oleh. Sedangkan nasi merah atau biasa disebut Sego Abang disini juga sehat. Seperti yang kita tahu nasi merah ini bagus untuk diet dan juga kesehatan. Sego abang gunungkidul biasanya akan ditambah dengan sayur lombok ijo yang gurih.

Selengkapnya>> Makanan dan Kuliner Gunung Kidul Jogja yang Bikin Ngiler

Geblek

kuliner kulon progo jogja

photo by @jogjarakus

Geblek bukan makanan berat melainkan camilan yang terbuat dari tepung kanji, sehingga terasa kenyal di mulut. Bentuknya seperti angka 8 dan berwarna putih. Geblek khas dari Kulon Progo namun baru-baru ini camilan ini jadi booming kembali. Geblek pun biasa hadir di pasar tradisional atau festival kuliner kuno Jogja. Enak disantap sambil meminum kopi atau teh panas.

Cek selengkapnya>> Deretan Kuliner Enak Khas Kulon Progo Jogjakarta

Itu dia beberapa kuliner wajib di Jogja. Anda bisa memasukkannya dalam daftar tujuan yang akan dituju ketika ke Yogyakarta. Untuk anda yang tak ingin bingung mencari makanan-makanan tersebut dan tempat wisata di Yogyakarta, anda bisa sewa mobil di Jogja dengan driver di Pamitran Rental Motor Jogja. Dengan driver lokal nan handal, liburan anda pasti akan semakin bermakna. Anda pun bisa memakai paket wisata Jogja dari kami. Banyak ragamnya dan anda pun bisa custom sesuai keinginan. Selain sewa mobil dan paket wisata, tentu anda pun bisa sewa motor Jogja dan bahkan sewa bus murah di Jogja untuk rombongan di Pamitran Rental Motor Jogja. Jadi tunggu apalagi? Buruan hubungi kami sebelum penuh pesanan.