Coba Kuliner Kulon Progo Jogja Berikut Ini! Agar Liburan Anda Semakin Lengkap

Bingung mau ngapain aja ketika datang ke Kulon Progo? Selain mengunjungi obyek wisatanya, anda bisa lho coba kuliner Kulon Progo Jogja yang khas. Wisata kuliner kulon progo ini unik-unik. Banyak makanan dan minuman yang bahkan belum pernah anda temui sebelumnya. Tersedia kuliner legendaris kulon progo dan juga kuliner hits kulon progo masa kini. Dua-duanya wajib anda coba. Dan ini dia rekomendasinya.

Baca juga: Kuliner Khas Gunung Kidul Jogja yang Mantap

Daftar Kuliner Khas Kulon Progo yang Wajib Anda Coba

Geblek

Kuliner di kulon progo yang pertama adalah geblek. Jika anda main kemari, panganan yang satu ini bisa ditemukan di banyak tempat. Atau mungkin di warung-warung anda akan disuguhi makanan khas satu ini. Geblek berwarna putih dan berbentuk seperti angka 8. Tekstrunya kenyal dan gurih karena terbuat dari tepung kanji. Sangat enak sambil menyeruput teh panas.

Tempe Benguk

Namanya aneh ya? Apa sih tempe benguk ini? Tempe Benguk merupakan kuliner enak di kulon progo yang sangat khas. Ditemukan hanya di tempat ini. Dibuat dari tempe yang diselimuti putihnya santan, Tempe Benguk cukup unik apalagi disajikan di dalam daun pisang. Anda bisa menemukan tempe benguk ini di penjual geblek juga.

wisata kuliner di jogja

photo by @arum_dwiastuty

Growol

Masyarakat Kulon Progo menyebut makanan yang terbuat dari singkong pengganti nasi sebagai growol. Growol teksturnya lebih lembut dan tentunya nikmat. Biasanya akan ditambah parutan kelapa agar semakin gurih. Dijualnya per kg lho. Rp 10.000 per kg nya.

kuliner kulon progo jogja

photo by sobondeso

Kopi Menoreh Pak Rahmat

Yuk bagi yang suka kopi, merapat di Kedai Kopi Menoreh Pak Rahmat. Daerah perbukitan Menoreh tak hanya sukses dengan kebun tehnya, tetapi juga kopi khas Menoreh. Di Warung Kopi Menoreh Pak Rahmat anda bisa menikmati dua varian kopi yaitu robusta dan arabika. Kedainya buka 24 jam. Sangat pas juga bagi anda yang mencari kuliner malam kulon progo. Begitu disini anda bisa pesan 1 paket menu dengan harga Rp 12.000. Isinya 2 gelas kopi plus gula dan 1 piring gorengan panas. Menu-menu andalannya adalah: Kopi Lanang, Kopi Jahe, Kopi Sangrai Arabica, kopi Sangrai Robusta, dan kopi original Robusta dan Arabica. Bawa pulang juga Kopi Menoreh yang sudah dikemas ya.

kuliner kulon progo jogja

photo by @jogjarakus

Artikel Terkait: Wisata Kuliner di Bantul yang Enak-Enak

Teh Sangrai

Nah tadi sudah disinggung mengenai perkebunan teh kan? Buat anda yang penasaran seperti apa teh khas Kulon Progo, boleh coba minuman bernama Teh Sangrai. Teh Sangrai ini merupakan teh hijau yang disangrai sebelum disajikan hingga kering. Setelah itu barulah teh yang telah kering diseduh air panas. Aroma sangit yang khas dari teh inilah yang membuatnya legit dan dirindukan banyak orang.

Cethot

Cethot sebenarnya bukanlah makanan khas Kulon Progo. Dahulu hampir di seluruh Jawa punya camilan tradisional ini. Namun saat ini yang paling banyak menjual memang masyarakat Kulon Progo. Dibungkus daun pisang, cethot yang berwarna-warni dan diberi parutan kelapa ini sangat menarik. Harga: Rp 10.000/pack.

kuliner kulon progo jogja

photo by @gams.id

Dawet Sambal

Ini dia yang terunik, Dawet Sambel. Dawet Sambel ini adalah kombinasi minuman dawet yang disajikan dengan taburan sambal, bawang goreng, dan kecambah. Rasanya unik sekali. Anda bisa mencobanya di daerah sekitar Objek Wisata Taman Sungai Mudal. Harganya murah banget. Satu mangkok dihargai sekitar Rp 3.000 saja.

kuliner kulon progo jogja

photo by viralnesia

Enting-Enting Jahe

Jika anda menyukai camilan dengan rasa jahe, saatnya coba wisata kuliner kulon progo jogja yang bernama Enting-Enting Jahe. Perpaduan pedas jahe dan manisnya gula serta gurihnya wijen terasa pas sekali. Harga: Rp 8.000 an / pack.

photo by @dea_sy1315

Peyek Undur-Undur

Apa itu undur-undur? Undur-undur adalah sejenis hewan yang biasa ditemukan di pantai yang berjalan mundur. Undur-undur ini biasa dijadikan peyek oleh masyarakat kulon progo karena rasanya gurih. Anda bisa temukan peyek ini di sekitar Pantai Glagah. Peyek ini nikmat selangit karena digoreng dengan campuran tepung beras dan kanji lalu ditambah bumbu kuah santan, bawang putih, garam, kencur, daun jeruk, dan ketumbar. Harga: Rp 9.000 / pack.

kuliner kulon progo jogja

photo by kabar rantau

Ayam Goreng Bu Hartin

Tempat wisata kuliner kulon progo yang satu ini sudah melegenda. Saking legendarisnya sampai buka cabang dan selalu ramai saat libur tiba. Ayam Goreng Bu Hartin tempatnya nyaman dan cocok untuk liburan ala keluarga atau reuni dengan teman. Masakan ayamnya pun nikmat se-Kulon Progo.

Gula Semut

Anda mungkin sudah pernah melihat gula semut. Bentuknya jauh berbeda dari gula pasir dan gula merah. Disebut demikian karena gula ini seperti hamparan semut-semut dan berwarna merah, terbuat dari nira pohon kelapa. Gula tradisional ini masih dijadikan oleh oleh khas Kulon Progo. Anda bisa mendapatkannya di pabriknya langsung maupun mencicipinya di beberapa warung.

kuliner kulon progo jogja

photo by @tanikepyar

Rumah Makan Pring Petung

Untuk anda yang ingin menikmati wisata kuliner wates kulon progo bertema ikan dan ayam, ada Pring Petung Resto and Cafe yang buka dari pagi hingga pukul 02.00 WIB. Selain olahan ikan dan ayam ada juga sop, es durian, dan es teler. Lokasinya tepat di belakang stasiun KA Wates, pas banget jika anda datang dengan kereta api kemari.

Soto Bathok Wulung

Pernah makan Soto Bathok? Soto Bathok Wulung adalah alternatif brunch yang nikmat. Diberi nama soto bathok karena sajian soto segar berada di dalam bathok atau mangkuk yang terbuat dari kulit kelapa. Harga satu porsi soto berkisar Rp 5.000 saja. Ditambah dengan lauk pendamping seperti tempe mendoan, sate telur dan jeroan, berkedel, dan tahu bacem membuat Soto Bathok Wulung dicari penikmat kuliner.

kuliner kulon progo jogja

photo by @sri_wiwin

Mie Ayam Pak Man

Bagi kebanyakan orang tentu tidak asing dengan yang namanya Mie Ayam. Sajian mie kenyal yang ditambah dengan potongan ayam kecil-kecil ini memang nikmat rasanya. Di Kulon Progo sendiri ada kuliner mie ayam yang terkenal enak yaitu Mie Ayam Pak Man. Bumbunya lain daripada yang lain dan porsinya cukup besar. Mie disini ternyata dibuat sendiri oleh sang pemilik. Harganya tetap terjangkau, hanya Rp 10.000 per porsi.

Itulah beberapa tempat kuliner kulon progo yang wajib anda kunjungi. Jika anda mau menjelajah rasa khas Kulon Progo beserta dengan objek wisata wajib Kulon Progo, segera hubungi Pamitran Rental Motor Jogja. Cocok sekali untuk anda yang sedang bingung mencari dimana tempat sewa di Jogja. Disini anda bisa sewa motor Jogja dan sewa mobil jogja. Bahkan anda pun bisa menyewa bus besar lho. Nah selain sewa bus di Jogja ini tentunya kami punya penawaran menarik seputar paket tour di Jogja yang murah. Ragam paket tour kami menarik dan anda pun bisa custom destinasi yang ingin dituju. Tinggal infokan kepada kami. Yuk segera pesan transport atau paket wisatanya sebelum kehabisan!