Wisata Kuliner Tradisional Jogja: Mencicipi Rasa Khas Jajan Tradisional Jogja yang Sudah Mulai Jarang Ditemukan

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan jajaran kawasan wisata di Jogja nya saja. Kota ini punya banyak hal menarik dan itulah kenapa banyak wisatawan datang kemari. Salah satu yang dicari tentu adalah kuliner khasnya. Jika anda termasuk salah satu pecinta kuliner, wajib coba dan cicipi wisata kuliner tradisional Jogja. Disini anda bisa menjajal rasa khas makanan tradisional Jogja dengan resep jadul alias jaman dulu yang masih enak sampai sekarang.

kuliner di bantul jogja

photo by @sate_petir_pak_nano

Memang sangat unik dan jarang yang mencoba wisata untuk menemukan jajanan pasar tradisional jogja ini. Orang Jogja biasa menyebutnya jajanan pasar karena kebanyakan yang jual makanan tradisional ya di pasar tradisional. Untuk anda yang mau mencoba wisata jenis ini bisa menggunakan jasa tour Pamitran Rental Motor Jogja yang punya paket unik dimana anda bisa menjajal ragam kuliner tradisional di Jogja. Tapi sebelum itu kita lihat dulu bersama apa saja aneka jajanan pasar tradisional Jogja yang masih bisa ditemukan.

Pilihan Jajanan Tradisional di Jogja

Onde-Onde

Makanan khas Jogja enak pertama adalah onde-onde. Bentuknya bulat besar berisi bola kacang hijau dan kulitnya penuh dengan biji wijen. Jika mau bertemu kuliner tradisional jogja onde-onde yang lezat cobalah ke area pinggir jalan Gardena. Eitts, tapi sekarang juga ada onde-onde mini lho di Pasar Lempuyangan.

photo by @voilajogja

Lumpia Samijaya

Lumpia mungkin bukan berasal dari Jogja, tapi kota ini juga tempat menemukan lumpia dimana-mana. Anda bisa menemukan makanan khas Jogja lumpia di kawasan Gardena atau beli Lumpia Samijaya yang rasanya khas dan klasik. Makanan khas Jogja dekat Malioboro ini tak pernah sepi pengunjung sehingga anda harus rela antre. Tapi karena menunggu di area pedestrian Malioboro menjadikannya justru kian nikmat.

Lupis Mbah Satinem

Ada apalagi di makanan khas Jogja yang enak? Ada Lupis Mbah Satinem. Lupis legendaris ini sudah ada sejak 1963. Lokasinya ada di dekat Tugu Jogja. Salah satu makanan khas jogja paling enak ini dibuat dari ketan. Warna luar hijau dan dalamnya putih, mirip lontong. Toppingnya berupa saus gula merah dan kelapa yang disini disebut juruh. Yummy!

kuliner tradisional jogja

photo by @jogjataste

Jenang Pasar Lempuyangan dan Jenang Sumsum

Jajanan kaki lima yang khas Jogja adalah jenang. Orang Jogja suka makan jenang. Makanan khas jogja manis salah satunya ya jenang ini. Yang melegenda adalah jenang gempol Pasar Lempuyangan kesukaan Presiden Kedua, Soeharto. Teksturnya lembut dan ada yang kenyal. Nikmat jika segala jenis jenang dicampur jadi satu. Atau anda juga bisa rasakan jenang sumsum yaitu jenang yang terdiri dari satu jeni saja yaitu jenang sumsum putih dan kuah gula yang manis.

photo by @maumakandimana_

Jadah Tempe

Tahukah anda jika ada jajanan tradisional khas Jogja yang tampak sederhana namun ternyata favorit Sultan Hamengkubuwono. Mungkin anda bahkan sudah pernah mendengar namanya, Jadah Tempe. Iya, makanan ini khas kawasan lereng Gunung Merapi. Terbuat dari ketan putih dan tempe bacem atau tahu, makanan khas Jogja oleh oleh ini sering dibawa sebagai buah tangan.

Bakpia

Nah kalau makanan khas Jogja bakpia tentu sudah banyak yang tahu. Bahkan kini bakpia berkembang pesat. Sangat mudah untuk menemukannya, tidak perlu ke pasar tradisional. Bakpia ini ada yang masih memiliki cita rasa klasik seperti Bakpia Pathok dan ada yang sudah mengikuti perkembangan jaman modern seperti bakpia kukus dan bakpia lain yang memiliki varian rasa lebih banyak. Makanan khas Jogja buat oleh oleh ini wajib anda cicipi.

Kue Kipo

Satu lagi kue tradisional dari Jogja yaitu Kue Kipo. Kue ini khas Kotagede. Makanan khas jogja kipo ternyata merupakan kue basah yang kemudian dipanggang. Rasanya legit dan gurih. Tak jarang orang-orang sekarang mulai kembali mencari jejak makanan khas jogja terenak ini meski sudah jarang dijual.

photo by @jogjascrummy

Klepon

Jogjakarta punya puluhan camilan tradisional yang masih bertahan melawan waktu. Salah satu makanan khas jogja cemilan adalah klepon. Sudah pernah coba? Klepon berbentuk bola-bola kecil yang diisi dengan gula jawa. Biasa disajikan dengan parutan kelapa yang cukup banyak. Nikmat!

kuliner tradisional jogja

photo by @jennynovembria

Cenil

Jika klepon empuk, cenil rasanya kenyal. Makanan khas Jogja yang harus dicoba ini manis dan tersaji dalam warna-warni yang terang. Ditambah parutan kelapa, makanan khas kota Jogja ini punya banyak penggemar.

Gathot Thiwul

Gathot Thiwul sebenarnya adalah camilan khas Gunung Kidul, namun bisa ditemukan hampir diseluruh daerah di Jogja. Gathot berbentuk dadu berwarna coklat kehitaman. Teksturnya lengket namun manis. Untuk makan gathot biasanya akan ditambah dengan kelapa parut dan gula pasir. Namun juga bisa dimakan bersama makanan khas Jogja tiwul. Tiwul juga terbuat dari singkong namun bentuknya berbeda mirip dengan nasi. Dan dulu memang dijadikan pengganti nasi.

kuliner gunung kidul jogja

photo by @ikahuseinda

Kue Apem

Apem bentuknya bulat pipih. Rasanya pun gurih karena dibuat dari tepung beras, kelapa muda, santan, dan telur. Banyak yang bilang kue ini mirip serbai. Bedanya serabi lebih empuk. Apem lebih kenyal. Untuk mencari makanan khas Jogja yang wajib dicoba ini, anda hanya perlu menuju Pasar Ngasem.

kuliner tradisional jogja

photo by @jogjabikinlaper

Gethuk

Makanan khas Jogja getuk sudah terkenal sejah dahulu kala. Tak hanya Jogja, daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur juga punya varian gethuk-nya sendiri-sendiri. Anda bisa coba gethuk khas Jogja yang berbahan dasar singkong dan warna-warninya yang menarik.

Geplak

Buat para penyuka daging kelapa yang gurih wajib coba makanan khas jogja Geplak. Camilan ini terbuat dari campuran daging kelapa dan gula tentunya, sehingga rasanya gurih manis, khas lidah orang Jogja. Makanan khas jogja warna warni ini sudah ada sejak dulu dan khas dari Gunungkidul.

oleh oleh jogja murah

photo by @wahyunikamah

Yangko

Orang Jogja jaman dahulu kala suka buat makanan yang bermakna. Salah satunya makanan khas jogja yangko. Sering dijadikan makanan khas jogja untuk oleh oleh ternyata yangko yang teksturnya lengket memiliki makna persaudaraan orang Jogja yang erat. Dibuatnya dari ketan dan berasal dari Kotagede. Namanya pun bersejarah karena yangko diambil dari kata kiyangko, singkatan dari ki tiyang Kotagede (ini orang Kotagede).

Kuliner Tradisional di Jogja

Gudeg dan Krecek

Mau mencoba sensasi makan makanan khas Jogja pagi hari? Cari gudeg dan krecek saja yuk. Tentu ada banyak yang menyajikan makanan ini. Tapi siapa sangka gudeg dan krecek ini dulunya ternyata makanan Keraton lho. Sayur berbahan dasar nangka yang sangat manis, gudeg, ditemani dengan lauk pauk lengkap akhirnya juga digemari masyarakat Jogja dan jadi kuliner tradisional yogyakarta yang paling dicari. Ditambah dengan makanan khas jogja krecek yang pedas membuat kuliner ini bisa juga ditemukan di luar Yogya. Turispun suka lho makanan khas jogja gudeg ini.

wisata kuliner di jogja

photo by @gudegyudjum167

Entok Slenget

Suka pedas-pedas? Kota ini juga punya makanan seperti entok slenget, yaitu makanan khas jogja pedas terbuat dari entok, hewan yang mirip dengan bebek. Kata slenget sendiri diambil untuk mendefinisikan sensasi menyengat di lidah akibat rasa pedas berlebih. Bayangkan nikmatnya makan daging entok yang dimasak ala semur pedas.

kuliner tradisional jogja

photo by @jogjakakilima

Oseng Mercon

Adakah yang tahu kalau makanan khas Jogja hits ini sebenarnya kuliner tradisional yang sudah ada sejak dulu. Oseng Mercon baru-baru ini terkenal kembali, padahal sudah ada lama. Makanan khas jogja oseng mercon diisi oleh kikil dan jeroan ayam yang diberi bumbu sangat pedas yang serasa meledak di mulut.

Angkringan Kopi Joss

Yang tak boleh terlewat tentunya makanan khas angkringan Jogja. Angkringan merupakan gaya warung sederhana tradisional di Jogja. Meski sekarang menunya baru-baru, anda tetap bisa menemukan makanan khas jogja malioboro angkringan yang diisi oleh nasi kucing dan ragam sate serta lauk sederhana lainnya.

wisata malam jogja hits

photo by @voilajogja

Rekomendasi lain: Kuliner Malam Hari di Jogja untuk Anda yang Tidak Mau Bosan

Wedang Tahu Bu Sukardi

Asing di telinga? Iya, soalnya sajian wedang tahu mulai jarang ditemukan di Yogya. Yang terkenal saja adalah Wedang Tahu Bu Sukardi. Minuman hangat ini terdiri dari kembang tahu, kuah jahe, plus air gula yang manis. Rasanya sangat mantap dicoba ketika udara dingin pagi Jogja masih menyelimuti.

kuliner tradisional jogja

photo by @jogjaculinary

Minuman Kuliner Tradisional Khas Jogja

Rujak Es Krim Pak Paino

Jogja lagi panas? Ada satu cara untuk mendinginkan tubuh, yaitu makan rujak es krim. Yang terkenal dengan rujak es krim adalah kawasan Pakualaman. Salah satu yang bisa anda coba adalah Rujak Es Krim Pak Paino. Es yang segar dan potongan buah-buahan yang sedap membuat panasmu hilang.

photo by @aya_nurhidayati

Es Buah PK

Kalau tadi sudah rujak es krim, sekarang anda wajib cicipi es buah PK. Ini salah satu minuman yang dicari ketika hawa sedang panas-panasnya atau ketika anda butuh pelepas lelah. Makanan khas jawa jogja ini sama seperti es buah biasanya yang terdiri dari serutan es dan aneka buah seperti sawo, nangka, kelapa muda, alpukat, cincau hitam, dan lain-lain. Tapi rasanya dijamin lebih nikmat karena sudah berdiri sejak tahun 1973. Anda juga bisa sekalian makan bakso disini.

Wedang Ronde Mbah payem

Sekarang kita beralih ke makanan khas Jogja malam hari. Jogja punya minuman hits yaitu wedang ronde. Anda dapat mencoba Wedang Ronde Mbah Payem yang ternyata menjadi langganan mantan presiden RI, Soeharto. Rasa pedas kuah jahe yang kuat namun hangat akan membuat tubuh juga hangat. Isiannya pun menambah nikmat minuman yang satu ini.

kuliner tradisional jogja

photo by @a.putri_lie

Es Dawet

Es Dawet merupakan salah satu minuman segar yang bisa dicari di Jogja. Yang khas sih, es dawet ireng yang asalnya di daerah kalasan dan Prambanan. Dawet yang berwarna hijau, disini malah diberi warna hitam dan ditemani juga oleh dawet putih. Jadi mirip es yin dan yang.

photo by @dawetirengmulia

Es Krim Goreng

Tahu sajian es potong kan ya? Es ini dulu begitu terkenal dan sekarang sudah tergerus zaman. Bahkan penjual es potong goreng di Jogja adanya tinggal di Alun-Alun Selatan. Diberi nama es krim goreng bukan berarti esnya di goreng melainkan diberi lapisan coklat cair yang dimasak di penggorengan sehingga meleleh sempurna. Ketika es potong dicelupkan, cairan coklat pun langsung beku. Nikmat dimakan malam-malam sambil keliling alun-alun.

Bir Jawa

Ini juga minuman makanan khas keraton Jogja. Sudah jarang yang menjual sehingga harus ke resto atau rumah makan yang dekat dengan Keraton. Ada yang unik dengan Bir Jawa atau Bir Mataram ini. Ia tidak memabukkan tetapi justru memberikan rasa hangat dan segar. Tidak mengandung alkohol melainkan seduhan rempah-rempah jawa seperti bunga cengkeh, kulit secang, kayu manis, kapulaga, gula batu, jahe, dan jeruk nipis. Lucu ya?

kuliner tradisional jogja

photo by @wanasti

Tentu masih banyak kuliner tradisional lainnya yang bisa anda coba ketika main ke pasar tradisional. Tapi bagaimana, sekarang anda sudah tahu kan gambaran makanan khas jogja murah apa saja yang bisa dibeli dan dicicipi? Tunggu apalagi, langsung serbu saja makanan khas Yogyakarta yang klasik tersebut.

Tapi jika anda ingin lebih pasti mencari tempat kuliner tradisional Jogja sebaiknya ambil paket wisata Jogja di Pamitran Rental Motor Jogja saja. Anda bisa mendapatkan penawaran menarik datang ke tempat-tempat kuliner yang bahkan jarang dikunjungi di agen tour lain. Plus, anda bisa dapat sewa mobil Jogja dengan harga terjangkau disini. Tentu jika anda ambil paket tour Jogja sudah sekalian transportasinya. Namun jika anda sedang ingin liburan on budget, rental motor di Jogja juga tersedia. Pasti menyenangkan keliling Jogja dengan motor sambil coba kulinernya. Mau?