Monumen Jogja Kembali (Monjali Jogja) – Museum dan Taman Pelangi yang Terkenal di Jogja

Wisata Ramah Anak atau wisata edukasi sering dicari orang tua ketika berlibur bersama keluarga. Tidak salah, sebagai orang tua tentu kita maunya anak bermain sambil belajar. Nah, jika anda salah satunya, maka tak perlu khawatir ketika berkunjung ke Jogjakarta. Ada Museum Monumen Jogja Kembali Yogyakarta yang siap menampung liburan bermanfaat anda.

monumen jogja kembali

photo by @amoebakamera_baciro

Bahkan untuk menarik minat wisatawan dan anak, museum ini membuka sebuah wahana keseruan di malam hari. Monumen Jogja Kembali malam dibuka sebagai Taman Pelangi Jogja, atau taman dimana lampion-lampion yang indah dan gemerlap berada. Sudah tidak sabar kesini?

Rekomendasi: Obyek Wisata Edukasi di Jogja Terfavorit

monumen jogja kembali

photo by @fadlyfadillah91

Keistimewaan Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Wisata Monumen Jogja Kembali biasanya dikunjungi oleh anak-anak dan remaja dalam wisata study tour atau darmawisata untuk lebih mengenal sejarah Indonesia. Tapi tak ada salahnya jika pengunjung dewasa juga mempelajari kembali sejarah yang tak boleh dilupakan.

Selain sebagai museum yang menyimpan artefak dan diorama, Monumen Jogja Kembali sejarahnya cukup unik. Monjali merupakan museum yang didedikasikan pada para pahlawan yang merebut kembali Yogyakarta dari tangan Belanda. Kembalinya Jogja (saat itu ibukota Indonesia dan garis besar pertahanan pemerintah) ke tangan Indonesia dan menyingkirnya pihak Belanda dari tanah Jogja, menandai juga kembalinya pemerintahan Republik Indonesia.

monumen jogja kembali

photo by @rickysyyach

Maka tak heran jika bentuk Monumen Jogja Kembali juga unik. Bentuknya yang seperti gunung ternyata memiliki filosofi yang melambangkan kesuburan peninggalan budaya dan sejarah dari nenek moyang yang harus dilestarikan, sekaligus kokohnya pihak Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaannya.

Baca juga: Taman Pintar Jogja, Tempat Anak Eksplor Dunianya

Nah dengan begitu objek wisata Monumen Jogja Kembali sendiri terbagi menjadi 3 lantai: lantai pertama adalah ruang museum yang menyimpan peninggalan perjuangan Jogja 1945 – 1949, auditorium, perpustakaan, serta kafetaria, sedangkan lantai kedua adalah lantai yang mempertontonkan 10 diorama dan 40 relief, dan di lantai ketiga ada ruang bernama Garbha Graha dengan sebuah bendera merah putih dan lukisan tulisan tangan Soeharto, menandai lantai ini untuk tempat perenungan dan mendoakan pejuang yang gugur bagi bangsa.

monumen jogja kembali

Namun tentu keseruan di Monjali bukan hanya itu. Jika anda mau bersabar, anda dapat sekaligus menikmati wisata Monumen Jogja Kembali malam hari yang sifatnya bersenang-senang atau refreshing semata. Gedung Monjali yang sudah tutup, tetap tampak mempesona sebagai latar belakang Taman Pelangi.

Baca juga: Museum Ullen Sentalu Jogja, Seni dan Sejarah yang Berpadu

monumen jogja kembali

photo by @raka_bahy

Keindahan Taman Pelangi Jogja Monjali

Kalau mau melihat lampu-lampu yang cantik dan wahana seru, tunggu hingga malam tiba dan segera datang ke objek wisata Taman Pelangi Jogja. Seperti yang sudah dibilang tadi, Taman Pelangi Jogja di siang hari tutup dan menjadi wisata museum Monjali. Namun ketika malam tiba, Taman Pelangi Jogja malam hari jadi tempat wisata.

monumen jogja kembali

Isi Taman Pelangi Jogja cukup menarik perhatian. Anda akan melihat ragam lampion dengan bentuk hewan, tumbuhan, tokoh kartun, hingga wajah para pemimpin Indonesia. Selain itu ternyata tersedia wahana di Taman Pelangi Jogja berupa perahu dayung, becak mini, bola air, safari train, ATV, sepeda tandem, Euro bungee, bom bom car, hingga speed boat, flying fox, puri hantu, dan trampolin. Juga tersedia kuliner di Taman Pelangi Jogja yang siap menemani anda agar tetap bersemangat.

Taman Pelangi Jogja lokasinya masih berada di area Monumen Jogja Kembali, tepatnya di sekeliling museum. Wisata Taman Pelangi Jogja buka jam 17.00 – 23.00 WIB. Wah, buka hingga larut malam ya ternyata. Dengan Taman Pelangi Jogja tiket masuk sebesar Rp 15.000 anda sudah bisa menikmati wahana dan foto-foto hingga puas.

monumen jogja kembali

photo by @mister_titus

Fasilitas yang Ada di Monumen Jogja Kembali

Fasilitas Monumen Jogja Kembali tentunya lengkap mulai dari area parkir yang luas, kuliner Monumen Jogja Kembali yang ada saat siang maupun malam, Taman Lampion, kafetaria, toilet, hingga hotel sekitar Monumen Jogja Kembali bagi yang ingin menginap di dekat museum ini.

Monumen Jogja Kembali Jam Buka

Sama seperti museum lainnya. Monjali libur ketika Senin. Jam Operasional Monumen Jogja Kembali dimulai hari Selasa hingga Minggu pukul 08.00 – 16.00 WIB. Libur Nasional tempat ini tutup.

Info Harga Monumen Jogja Kembali Tiket Masuk

Biaya masuk Monumen Jogja Kembali tidak mahal. Setiap orang hanya dikenakan Rp 7.500 saja. Sementara jika anda membawa rombongan minimal 30 orang tiket masuk Wisata Monumen Jogja Kembali akan dipotong 10%. Dan jika membawa rombongan anak-anak akan diberi potongan sebesar 50%.

Alamat Monumen Jogja Kembali dan Rute

Bagi anda yang ingin tahu lokasi Monumen Jogja Kembali, museum ini berada di Jl. Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, DIY. Letaknya mudah dijangkau dari pusat kota. Rute Monumen Jogja Kembali jika dari kota adalah: dari kota Jogja silahkan menuju Ringroad Utara. Kemudian belok kiri dan berputar ke jalur sebaliknya. Ikuti jalan hingga menemukan Monumen Jogja Kembali di pinggir jalan.

Peta Lokasi Monumen Jogja Kembali>> https://goo.gl/maps/fXBVbxp7fzQ2

Mau Sewa Mobil atau Rental Motor? Klik di bawah ini

Tunggu apalagi, segera ke Monumen Jogja Kembali. Dan jangan lupa bagi anda yang ingin rental mobil jogja murah dan rental motor jogja termurah hanya di Pamitran Rental Motor Jogja. Juga jika anda ingin mengambil paket wisata murah di Jogja, kami andalannya. Anda bisa mengadakan wisata study tour dengan paket kami atau menyambangi destinasi wisata wajib di Jogja lainnya.

Pesan Sekarang Juga