20+ Museum Museum di Jogja yang Pantas Menyita Perhatian

Yogyakarta terkenal sebagai kota pendidikan di Indonesia, tak pelak julukan tersebut membuatnya memiliki museum museum di Jogja terbaik. Bahkan beberapa museum wajib di jogja ini terbaik se Indonesia. Jadi jika anda datang ke kota ini, pastikan untuk menyempatkan waktu datang ke beberapa museum terbaik di Jogja. Apalagi jika anda datang bersama anak maupun remaja, ada museum-museum unik di kota gudeg yang pantas untuk mendapatkan perhatian. Dan jangan salah, wisata museum di kota Jogja bisa jadi tak sama seperti di tempat lain karena bisa buat foto-foto. Tempatnya instagenic!

List Museum Favorit di Yogyakarta

Monumen Jogja Kembali

monumen jogja kembali

photo by @amoebakamera_baciro

Monumen Jogja Kembali adalah museum yang paling sering dikunjungi anak-anak saat wisata study tour. Wisata Monumen Jogja Kembali merupakan sebuah museum yang menyimpan sejarah kembalinya Indonesia dari tangan penjajah. Bentuknya seperti gunung atau tumpeng dan terdapat diorama-diorama di wisata museum jogja kembali ini. Menariknya ketika malam tiba, Monjali akan berubah menjadi taman lampion lengkap dengan wahana permainan anak yang seru.

Museum Sonobudoyo

museum di jogja

photo by @andrabedy

Museum Sonobudoyo adalah salah satu museum terbaik di kota pendidikan yang menyajikan cerita masa lampau tentang Jawa, Kerajaan Mataram, dan Keraton Yogyakarta. Bangunan museum ini bergaya jawa seperti joglo. Ternyata, Sonobudoyo adalah museum paling lengkap untuk urusan sejarah kebudayaan Jawa. Disini anda bisa menemukan koleksi senjata kuno, topeng jawa, wayang kulit, dan lain-lain. Koleksinya mencapai lebih dari 1.200 koleksi, termasuk di dalamnya arca-arca candi dan juga yang terbaru adalah museum keris di jogja.

  • Lokasi: Jalan Trikora 6, Kota Yogyakarta, DIY
  • Tiket masuk: Rp 3.000 (dewasa), Rp 2.500 (anak-anak)
  • Jam buka: Selasa – Kamis 08.00 – 14.30 WIB, Jumat 08.00 – 11.00 WIB, dan Sabtu – Minggu 08.00 – 13.00 WIB

Benteng Vrederburg

benteng vredeburg jogja

photo by @biandaalzena

Lokasinya masih berdekatan dengan Museum Sonobudoyo, ada Benteng Vredeburg Jogja. Museum jogja dekat malioboro ini dulunya benteng basis pertahanan Belanda. Kini dijadikan museum dan tempat wisata yang menyajikan sejarah Jogjakarta masa penjajahan. Bangunan yang klasik pun turut menjadi keindahannya.

Keraton Yogyakarta

wisata keraton jogja

photo by @jawatravelfactory

Sebenarnya tak perlu pusing mencari tempat wisata museum disini. Bahkan obyek wisata yang kita kenal sebagai Keraton Jogja ternyata adalah sebuah museum. Ya. Selain berfungsi sebagai tempat tinggal Sultan, kini beberapa bagian di Kraton dijadikan museum yang menyimpan artefak dan peninggalan besar Kesultanan Yogyakarta dan Kerajaan Mataram seperti lukisan-lukisan, keramik dan batik, senjata, serta peninggalan seni dan budaya lainnya.

Museum Affandi

photo by @diarychintya88_h

Bagi anda yang suka dengan karya lukis, wajib datang ke museum yang terkenal di yogya yaitu Museum Affandi. Tahukan pelukis kenamaan Indonesia, Affandi, yang namanya besar di dunia internasional? Nah, kini anda bisa melihat ratusan karya lukis terbaiknya serta barang berharga peninggalan Affandi di rumahnya yang jadi museum seni rupa di jogja. Tak hanya koleksinya yang unik. Bangunan museum pun sangat estetik.

  • Lokasi: Jalan Laksda Adisucipto 167, Yogyakarta
  • Tiket masuk: Rp 50.000
  • Jam buka: setiap hari 09.00 – 16.00 WIB

Museum Tino Sidin

Ada satu lagi museum yang didirikan untuk tokoh terkemuka di Jogja yaitu Museum Tino Sidin. Termasuk salah satu museum lukisan di jogja, Taman Tino Sidin memperlihatkan 115 sketsa hitam putih dan 35 sketsa cat dan spidol milik pribadi Tino Sidin. Yang menarik adalah tema sketsanya yang kompleks tentang kehidupan sehari-hari, lanskap, objek, potret figur, hingga kejadian khusus. Disini juga ada 31 lukisan cat minyak dan acrylic, serta sebuah lukisan indah berjudul Jaka Tarub. Selain sketsa dan lukisan anda dapat melihat arsip pribadi serta buku.

  • Lokasi: Jalan Tino Sidin no.297, Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.
  • Tiket masuk: Rp 10.000
  • Jam buka: Selasa- Minggu pukul 08.00 – 16.00 WIB

Rumah Budaya Tembi 

museum di jogja

photo by @shintadj

Ada museum di Jogja terbaru yang ada di kawasan Rumah Budaya Tembi. Sesuai dengan namanya museum budaya di jogja Tembi memamerkan peninggalan bersejarah seperti lukisan jawa, topeng, keris, peralatan memasak tradisional, foto-foto bersejarah, dan koleksi kesenian tradisional, serta permainan anak jadul. Disini juga anda bisa menyaksikan pentas tari dan teater, pentas musik, dan pentas puisi. Fasilitas bale karya, bale rupa, perpustakaan, bale inap, resto dan kolam renang bisa dimanfaatkan. Super lengkap kan?

  • Lokasi: Dusun tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
  • Tiket masuk: gratis jika hanya ingin berkunjung
  • Jam buka: Senin – Jumat 08.00 – 16.00 WIB, dan Sabtu 08.00 – 14.00 WIB

Museum Bahari

photo by @museumbaharijogja

Siapa yang tidak tahu bahwa Indonesia selalu berjaya dengan dunian kemaritimannya sejak dulu kala? Bagi yang penasaran dengan dunia kelautan ini harus datang ke Museum Bahari di Jogja. Beragam foto, lukisan, dan benda peninggalan penjajahan di bidang kemaritiman tersimpan rapi disini. Eits, ada ruang audiovisualnya lho dimana anda dan akan dapat menyaksikan film dokumenter dunia kemaritiman Indonesia dari zaman dulu kala hingga kini.

  • Lokasi: Jalan Dr. Sutomo 13, Bausasran, Yogyakarta
  • Tiket masuk: Rp 15.000 (dewasa), Rp 10.000 (anak-anak)
  • Jam buka: Senin – Sabtu 09.00 – 15.00 WIB

Wisata Jogja Museum Dirgantara Mandala

photo by hivrussia.org

Ini dia museum tni yang menampilkan koleksi pesawat terbang kemiliteran. Anda akan bisa melihat sejarah penerbangan Indonesia di museum pesawat di jogja ini. Lokasinya berada di kompleks pangkalan udara Adisucipto Yogyakarta. Selain jenis pesawat terbang yang jadi lokasi paling menarik dan biasanya dibuat foto, anda bisa menemukan lukisan, foto-foto, diorama, dan lain-lain.

  • Lokasi: Kompleks Landasan Udara Adisucipto, Jalan Kolonel Sugiyono, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta
  • Tiket masuk: Rp 4.000
  • Jam buka: setiap hari 08.00 – 15.00 WIB

De Mata Trick Eye & De Arca Jogja Museum

de mata trick eye jogja

photo by @chrisfellach

Ada yang unik nih dari Yogyakarta, yaitu wisata jogja museum 3d. Berbeda dari museum biasanya yang menyimpan koleksi bersejarah, De Mata Trick Eye & De Arca Jogja Museum adalah museum foto dengan lukisan 3D dan museum patung lilin di jogja. Terkenal sebagai museum instagramable jogja karena memang gudangnya foto para pecinta wisata kekinian.

Museum ini berada di XT Square. Jika anda beli tiket terusan, anda akan bisa leluasa berfoto-foto di museum 3 dimensi di jogja dan museum arca di jogja nya. Tenang, di museum de arca ini juga ada fotografer yang siap memfotokan anda dan menata gaya.

Museum Tani Jawa

museum di jogja

photo by @ybwibawa

Tidak ada habisnya kalau membahas tempat wisata di jogja museum. Satu lagi yang cukup populer adalah Museum Tani Jawa. Bahkan banyak juga bule yang sering kemari untuk melihat bagaimana kehidupan masa lampau Indonesia yang bergantung pada dunia agraris. Ragam koleksinya tentu saja tentang luku, garu, cangkul, bajak, ani-ani, dan segala macam perkakas pertanian serta peralatan dapur. Anda pun bisa menginap di penginapannya untuk kemudian menyaksikan lomba maupun pertunjukan seni.

  • Lokasi: Desa Wisata Kebonagung, Imogiri, Bantul, Yogyakarta
  • Tiket masuk: gratis
  • Jam buka: setiap hari 08.00 – 15.00 WIB

Museum Dewantara Kirti Griya Jogja

Mau datang ke salah satu museum pahlawan di Jogja? Seperti yang kita tahu banyak tokoh perjuangan Indonesia yang berasal dari kota gudeg ini. Salah satunya adalah Ki Hajar Dewantara. Nah di Museum Dewantara Kirti Griya yang dulunya merupakan rumah sang pahlawan anda bisa melihat perpustakan dan pendopo, koleksi biografi sang tokoh, foto-foto, lukisan, dan benda peninggalan yang cukup detail seperti perabot rumah tangga, naskah, buku, surat, dan majalah.

  • Lokasi: Jalan Taman Siswa No.25, Yogyakarta
  • Tiket masuk: Rp 2.000 (umum), Rp 1.000 (pelajar)
  • Jam buka: Senin-Kamis 08.00 – 13.00 WIB, Jumat 08.00 – 11.00, dan Sabtu 08.00 – 13.00 WIB

Museum Sejarah Purbakala

Satu lagi museum sejarah di Jogja yang cukup menarik yaitu Museum Sejarah Purbakala Pleret. Buka pertama kali di tahun 2014, museum ini ramai pengunjung karena menyimpan benda bersejarah peninggalan kerajaan Mataram di wilayah Bantul. Uniknya lagi ada situs peninggalan yang lokasi bersandingan dengan museum ini. Koleksinya berupa arca, sumur gumuling, situs masjid agung kauman, randu alas raksasa, dan ruang audio visual untuk pemutaran sejarah Kraton Pleret akan memuaskan pengetahuan anda.

  • Lokasi: Jalan Raya Pleret, Bantul, Yogyakarta
  • Tiket masuk: gratis
  • Jam buka: Senin – Jumat 08.00 – 16.00 WIB

Wisata Museum Jogja Terfavorit Lainnya

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi merupakan museum yang terletak tak jauh dari Museum Ullen Sentalu. Menyajikan semua tentang Gunung Merapi, mulai dari gambar letusan gunung, benda-benda yang dihasilkan dari letusan, alat-alat yang digunakan untuk mendeteksi gempa dan letusan, dan masih banyak lagi, wisata museum merapi jogja patut dikunjungi. Pada museum merapi juga ada theatre, dimana anak dapat menyaksikan film dokumenter letusan Gunung Merapi.

  • Alamat: Jl. Kaliurang No.KM, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY
  • Tiket masuk: Rp 5.000
  • Jam buka: 08.00 – 15.30 WIB

Wisata Museum Batik Jogja

museum di jogja

photo by @setianingrumnh

Batik adalah nafas hidup bagi masyarakat Jogja. Itulah kenapa ada museum recommended di jogja yang bertema batik. Museum Batik Yogyakarta adalah museum batik pertama dan yang koleksinya terlengkap se Jogjakarta. Disini anda akan bisa menemukan sejarah penemuan batik dan proses pembuatan kain batik dari awal hingga jadi. 1.200 lebih koleksi batik dari seluruh Indonesia akan memukai mata.

  • Lokasi: Jalan Dr. Sutomo No.13, Yogyakarta
  • Tiket masuk: Rp 20.000, Plus latihan membatik jadi Rp 40.000
  • Jam buka: Senin – Sabtu 09.00 – 15.00 WIB

Museum Anak Kolong Tangga

Mau cari museum yang benar-benar menyenangkan dan cocok sekali untuk anak-anak? Museum Anak Kolong Tangga solusinya. Museum ini berada di dekat Taman Pintar tepatnya di area Taman Budaya Yogyakarta atau TBY. Disini banyak terdapat jenis permainan tradisional dari seluruh Indonesia hingga yang terkini. Tahukah anda bahwa museum diisi oleh jenis permainan masa lampau yang datang dari zaman Majapahit? Selain itu terdapat juga poster, buku cerita, serta komik.

  • Lokasi: Taman Budaya Yogyakarta Lantai II, Jalan Sriwedari No.1, Yogyakarta
  • Tiket masuk: Rp 4.000/ orang
  • Jam buka: Selasa- Minggu 09.00 – 16.00 WIB

Museum Biologi di Jogja

Jogja juga punya museum biologi lho. Menyimpan koleksi penelitian biologi dan  flora dan fauna yang diawetkan dari seluruh dunia. Museum Biologi ini juga berada di tengah kota jadi mudah dijangkau. Koleksinya terdiri dari 4.000 spesimen.

  • Lokasi: Jalan Sultan Agung No 22, Yogykarta
  • Tiket masuk: Rp 1.500 (pelajar), Rp 2.000 (umum, lokal)
  • Jam buka: Senin – Kamis 08.00 – 15.00 WIB, Jumat 08.00 – 14.30 Wib, Sabtu Minggu tutup.

Monggo Chocolate Factory

photo by @monggomuseum

Terbaru dan cukup hits, ada museum cokelat di Jogja bernama Monggo Chocolate Factory. Cokelat Monggo merupakan merk coklat yang terkenal khas Jogja. Cokelat ini bisa ditemukan dimanapun di toko souvenir di Jogja. Nah, jika anda ke pabriknya, anak akan diajari cara membuat cokelat serta akan diberi segala pengetahuan tentang cokelat di museum coklat di jogja satu ini.

  • Alamat: Sribitan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul, DIY
  • Tiket masuk: gratis
  • Jam buka: Senin – Kamis 09.00 – 17.00 WIB, Jumat – Minggu 09.00 – 19.00 WIB

Museum Mini Sisa Hartaku

Jogja pernah punya sejarah bencana alam yang mematikan ketika Merapi memutuskan untuk erupsi, sehingga desa-desa sekitarnya luluh lantak akibat awan panas. Kini peninggalan rumah-rumah tersebut ada yang dijadikan Museum Sisa Hartaku di jogja. Ada dua museum mini sisa hartaku, yang satu milik warga dan yang satu milik lurah setempat kala itu. Tapi lokasinya berdekatan. Dekat juga kalau mau kunjungi tempat wisata dekat Merapi lainnya. Disini anda bisa melihat alat memasak, buku, jam, foto, dan sisa perabotan rumah tangga yang terkena erupsi. Dan yang paling menarik ini adalah museum di Jogja gratis.

  • Lokasi: Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta
  • Tiket masuk: gratis
  • Jam buka: Setiap hari pukul 08.00 – 16.00 WIB

Museum Soeharto di Jogja

museum di jogja

photo by @fikrifauzan_18

Jika anda bertanya dimanakah museum tokoh di jogja yang cukup populer, jawabannya adalah Museum HM Suharto Jogja. Museum Pak Harto di Jogja ini bertempat di tempat tinggal presiden kedua Indonesia. Disini anda akan mendapat pengetahuan tentang kehidupan Suharto dari kecil hingga menjadi presiden.

  • Lokasi: Dusun Kemusuk, Jalan Nulis-Puluhan, Srontakan, Argomulyo, Sedayu, Yogyakarta
  • Tiket masuk: gratis
  • Jam buka: Setiap hari pukul 08.00 – 16.00 WIB

Museum Kareta Karaton

Mau lihat kereta kuno zaman kerajaan yang masih kokoh, terawat, dan bersih? Datanglah ke Museum Kareta Karaton. Kareta Karaton adalah satu-satunya museum kereta di Jogja yang menyajikan ragam kereta kuno yang dulu dipakai oleh bangsawan dan keluarga Kesultanan Jogja. Lokasinya ada di dekat Keraton Jogja lho. Disampingnya persis.

  • Lokasi: Jalan Rotowijayan, Kadipaten, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DIY
  • Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB

Museum Perjuangan di Jogja

Museum yang cukup terkenal berikutnya di Yogya adalah Museum Perjuangan. Sesuai dengan namanya, museum ini menyimpan cerita dan koleksi perjuangan Indonesia masa kolonialisme Belanda dan Jepang. Ada pahlawan-pahlawan nasional yang bisa ditemui disini, relief, replika meriam, pakaian pahlawan nasional, dan lain sebagainya.

  • Lokasi: Jalan Kolonel Sugiyono No.24, Yogyakarta
  • Tiket masuk: Rp 3.000
  • Jam buka: Senin-Jumat pukul 08.00 – 14.00 WIB, Sabtu Minggu tutup

Museum Sandi di Jogja

photo by @museum.sandi

Rekomendasi museum di jogja selanjutnya adalah Museum Sandi. Museum ini merupakan satu-satunya museum di dunia yang menyimpan koleksi sandi-sandi seluruh dunia. Mantap bukan? Museum ini juga memiliki koleksi sandi yang bersejarah semasa kemerdekaan Indonesia. Selain sandi ada beragam peralatan sandi lainnya juga. Terbayang nanti pulang dari sini anda jadi ahli sandi hebat.

  • Lokasi: Jalan Farisan M. Noto No 21, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta
  • Tiket masuk: gratis
  • Jam buka: setiap hari 07.30 – 16.00 WIB

Museum Ullen Sentalu

museum ullen sentalu jogja

photo by @nonianaprana

Ada yang unik dengan museum satu ini. Museum Ullen Sentalu di jogja berada di lereng Merapi, Kaliurang tepatnya. Museum art ini menyajikan seni dan budaya Jogja di zaman Kerajaan Mataram. Karena mempertontonkan seni dan budaya, maka bangunannya pun dibuat seartistik mungkin. Dijamin takkan bosan ketika kemari karena setiap rombongan akan ditemani oleh tour guide museum di jogja kaliurang ini.

Museum Wayang Kekayon

Wayang sejatinya adalah sejarah bangsa yang harus kita rawat selamanya. Jika anda tertarik dengan wayang dari Indonesia ini silahkan mengunjungi museum wayang di jogja yaitu Museum Wayang Kekayon. Simpanan berbagai jenis wayangnya sangat indah dan asli. Ada wayang Purwo, wayang madya, wayang gedhong, wayang klitik, dan lain-lain. Anda juga akan mendengar cerita seru tentang wayang seperti cerita Damarwulan dan MinakJinggo, perang Barathayuda, Dewi Candrakirana, dan masiih banyak lagi.

  • Lokasi: Jalan Raya Jogja – Wonosari no.277, Yogyakarta
  • Tiket masuk: Rp 7.000 (umum), Rp 5.000 (pelajar)
  • Jam buka: setiap hari 08.00 – 15.00 WIB

Museum Air Jogja Bay Pirates Waterpark

Jika anda sedang bertandang ke Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark, jangan lupa mampir ke museum air di jogja bay ini. Baru saja dibuka, Museum Air ‘Water for Life’ ini mengusung tema segala pengetahuan tentang air. Disini anak pun akan diajari pentingnya air untuk kegiatan manusia. Selain itu sejarah mengenai tempat pengaliran air terbesar di Yogyakarta, Selokan Mataram, juga akan diberikan.

Ice Cream World Jogja

photo by @riakurniawati_rk

Bukan Jogja namanya kalau tidak unik dan nyeleneh. Kali ini telah hadir juga museum hits dengan tema ceria Ice Cream World. Iya, di dunia es krim ini anda akan melihat spot-spot foto bertema es krim. Museum ice cream di jogja ini memang kekinian dan instagramable. Tergolong baru karena baru dibuka tahun 2018 lalu. Setelah lelah jeprat jepret di banyak spot fotonya, anda bisa menikmati ice cream sungguhan di kafe museum es krim di jogja ini lho. Mau?

  • Lokasi: Jalan Solo KM 11 no31, Cupuwatu I, Kelurahan Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, DIY.
  • Tiket masuk: Rp 80.000 (dewasa), Rp 40.000 (anak-anak)
  • Jam buka: 09.00 – 20.00 WIB

World of Magic Jogja

photo by @metrojogja

Seolah tak pernah kehabisan akal, Yogyakarta lagi-lagi memukau dengan adanya museum sulap di jogja. Museum unik ini diberi nama World of Magic Jogja. Disini anda bisa menemukan spot foto dengan tema sensasi sulap. Mau foto melayang? Bisa. 8 ruangan asyiknya cocok untuk anda yang suka trik-trik sulap.

  • Lokasi: Jl. Magelang KM 9.2 Sleman, Jogja (ruko warna abu-abu)
  • Tiket masuk: Rp 60.000 (dewasa), Rp 30.000 (anak-anak)
  • Jam buka: Setiap hari pukul 10.00 – 19.00 WIB, tetapi tiket terakhir harus dibeli pukul 18.00 WIB

History of Java Museum Jogja

Museum baru di jogja terakhir yang akan kita bahas adalah History of Java Museum. Kalau yang satu ini adalah museum modern dengan sistem informasi teknologi terkeren di Jogja. Museum jawa di jogja ini menempati bekas sebuah kafe piramid yang cukup terkenal. Bentuk museumnya unik seperti pyramid Mesir. Tapi di dalamnya menyimpan artefak Jawa. Anda akan bisa melihat betapa kayanya peradaban Jawa disini. Selain itu ada ruang pertunjukan 4D dan ruang swafoto 3D.

  • Lokasi: Jalan Parangtritis KM 5.5, Sewon, Bantul, Yogyakarta
  • Tiket masuk: Rp 30.000
  • Jam buka: setiap hari pukul 10.00 – 19.00 WIB

Oke, itu dia beberepa tempat wisata museum Yogyakarta yang paling terkenal dan jadi favorit siapapun. Tentu saja masih ada yang lainnya. Tapi jika anda kemari, cukuplah untuk memilih beberapa museum di kota jogja yang cocok untuk anak ataupun keinginan anda. Namun ingat untuk memudahkan anda bisa datang ke museum-museum tersebut ada penawaran sewa mobil di Jogja dari Pamitran Rental Motor Jogja. Sewa mobil di tempat kami bisa lepas kunci maupun plus sopir. Atau jika anda ingin yang lebih murah bisa sewa motor Jogja saja.

Pamitran Rental Motor Jogja juga menyediakan paket wisata murah Jogja yang bisa anda pilih. Destinasi wisatanya selalu up to date. Harganya murah dan fasilitasnya lengkap. Untuk yang mau bepergian ke Jogja bersama grup pun bisa menggunakan jasa sewa bus murah Jogja milik kami. Jangan ragu untuk hubungi kami segera ya.