Museum Ullen Sentalu Jogja: Kekayaan Seni, Budaya, dan Sejarah di Yogyakarta

museum ullen sentalu jogja

photo by @naomisunggono

Hanya di Yogyakarta, museum tak melulu membosankan dan justru terlihat atraktif dengan caranya sendiri. Tak heran jika salah satunya menjadi museum terbaik se Indonesia. Ialah Museum Ullen Sentalu Jogja yang memiliki sentuhan seni tinggi dan budaya. Di tiap ruangan terbaik di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta, tersimpan kekayaan sejarah Jogjakarta dan Indonesia.

Anda mau kemari? Simak dulu pembahasan singkat tentang  Museum Budaya Ullen Sentalu Jogja.

Yang Unik dan Menarik dari Museum Ullen Sentalu di Jogja

Jika anda suka dengan hal-hal unik dan sejarah, wajib datang ke Museum Ullen Sentalu Kaliurang Jogja. Ada apa disini? Sejarah berdirinya Museum Ullen Sentalu adalah keprihatinan dan rasa ingin melestarikan kebudayaan dan kebanggaan perkembangan peradaban kerajaan-kerajaan terkemuka di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Sehingga terpilihlah museum yang dibuat sedemikian rupa dengan konsep klasik dan arsitektur yang artistik.

Diberilah nama Ullen Sentalu dari singkatan Ulating bLENcong SejatiNe TAtaraning LUmaku. Artinya adalah Nyala lampu blencong (lampu yang digunakan untuk pagelaran wayang kulit) adalah petunjuk bagi manusia dalam melangkah.

Artikel lain: Museum Monumen Jogja Kembali, Wisata Sejarah di Jogja

museum ullen sentalu jogja

photo by @nellytheexplorer

Dengan begitu isi Museum Ullen Sentalu tentu tak jauh tentang koleksi bersejarah kerajaan-kerajaan di Jawa terutama Mataram dan Keraton Yogyakarta serta Surakarta. Anda dapat melihat perkembangan masa lampau, 2000 tahun yang lalu, seperti apa kehidupan para raja dan ratu, serta kesenian dan budaya yang tercipta.

Lihat juga: Wisata Edukasi di Jogja yang Wajib Dikunjungi Bersama Anak

museum ullen sentalu jogja

photo by @sersan.id

Bagian-Bagian Museum Ullen Sentalu Pakem

Museum Seni Ullen Sentalu dibagi menjadi beberapa bagian. Namun anda takkan bingung mengelilinginya serta takkan bosan karena harus dipandu guide yang akan bercerita tentang setiap koleksi. Artefak-artefak yang tersimpan di wisata Museum Ullen Sentalu tidak memiliki tulisan keterangan karena semua akan disampaikan oleh tour guide.

Ruang pertama adalah Ruang Selamat Datang dimana anda akan disambut oleh patung Dewi Sri (dewi kesuburan). Ruang kedua adalah Ruang Seni Tari & Gamelan, lalu selanjutnya adalah Guwa Sela Giri. Bagian ini cukup unik karena berbentuk gothic Eropa dilengkapi dengan Sumur Gumuling Taman Sari yang materialnya diambil dari kawasan Gunung Merapi. Disini ada fine arts dan karya lukis dokumentasi tokoh perwakilan dari 4 Kraton dinasti Mataram.

museum ullen sentalu jogja

photo by @olivewidayat

Beranjak ke ruang selanjutnya, di Museum Ullen Sentalu Yogya ada Kampung Kambang. Kampung ini terdiri dari labirin dan bangunan di atas sebuah kolam air. Kampung Kambang memiliki 7 ruangan seperti Bilik Syair Tineke (kumpulan sastra Putri Sunan Pakubuwana XI Surakarta, Tineke, dan para putri keraton), Royal Room Ratu Mas (aksesoris dan fashion Ratu Mas, istri Sunan Pakubuwana X), Ruang Batik Vorstendlanden (koleksi batik Jogja dan Surakarta), Ruang Batik Pesisiran (batik dari daerah lain di Jawa), Ruang Putri Dambaan (berisi biografi Gusti Nurul, putri tercantik Kraton), Koridor Retja Landa (berisi patung dan arca dewa & dewi hindu), dan Sasana Sekar Bawana (koleksi lukisan, tari sakral, dan patung zaman Mataram). Di ruang terakhir ini anda akan disuguhi minuman herbal gratis.

Selain itu anda dapat menemukan toko souvenir dan Ullen Sentalu Museum Restaurant yang wajib dikunjungi untuk merasakan sensasi sepenuhnya berlibur di tempat ini. Namun harap diingat selama disini anda tidak boleh mengambil gambar. Hanya dibeberapa tempat saja anda diizinkan berfoto.

Paket Wisata Museum Ullen Sentalu

Anda mungkin bertanya-tanya adakah paket wisata Jogja yang menawarkan Ullen Sentalu Museum Tour sebagai pilihannya? Tentu saja ada. Di Pamitran Rental Motor Jogja semua tersedia. Ada puluhan paket tour Jogja murah menarik yang bisa dipilih, dan anda bisa mencari paket tour ke Museum Ullen Sentalu ini.

Tentunya jika anda juga ingin membawa anak atau merencanakan study tour di Jogja, ada paket wisata study tour Jogja yang kami tawarkan. Semuanya sudah lengkap dengan transport dan hotel. Harganya tetap terjangkau lho.

Selain itu bagi anda yang ingin ke museum ini dengan sewa mobil di Jogja atau rental motor Jogja murah juga bisa. Ada armada favorit plus driver yang siap mengantar anda kapanpun kemanapun. Langsung cek semuanya di Pamitran Rental Motor atau pesan via online yang anti ribet.

Museum Ullen Sentalu Harga Tiket Masuk

Museum Ullen Sentalu tiket masuk nya masih termasuk murah. Anak-anak diberi harga yang lebih terjangkau yaitu Rp 15.000 dan dewasa Rp 30.000. Ullen Sentalu Museum entrance fee ini tentu termasuk murah karena anda sudah dapat tour guide, minuman gratis, dan melihat koleksi yang sangat berharga di dalamnya.

Sedangkan jika anda membawa turis bersama, ada htm Museum Ullen Sentalu Jogja tersendiri yaitu sebesar Rp 50.000 (adult) dan Rp 30.000 (kids).

 

museum ullen sentalu jogja

photo by @oppinopitasari

Museum Ullen Sentalu Jam Buka

Jam buka Museum ullen Sentalu dari mulai pukul 08.30 – 16.00 WIB setiap Selasa – Jumat. Sementara weekend Sabtu-Minggu mulai dari 08.30 – 17.00 WIB. Hari Senin tutup.

Alamat Museum Ullen Sentalu Kaliurang Yogyakarta

Selain dari arsitekturnya yang unik, lokasi Museum Ullen Sentalu pun cukup berbeda. Berada di lereng Gunung Merapi, Ullen Sentalu beralamatkan: Jalan Boyong, Hargobinangun, Kaliurang Barat, Sleman, DIY. Ya, letak Museum Ullen Sentalu memang dekat dengan kawasan Kaliurang dan wisata Gunung Merapi.

Untuk dapat kemari lebih baik menggunakan kendaraan pribadi karena harus masuk ke jalan-jalan kecil. Jika mau sewa mobil dan motor hanya di Pamitran Rental Motor Jogja ya.

Rutenya adalah:

Kota Jogja – Jalan Kaliurang – Gerbang Kaliurang, lurus – pertigaan Patung Udang, lurus, pertigaan kedua, ambil jalur kanan – lurus sekitar 700 m – Museum Ullen Sentalu.

Museum Ullen Sentalu Map>>  https://goo.gl/maps/NHBLyhRHBSR2