Museum ullen sentalu

Wisata Kulonprogo
February 10, 2014
Museum De Mata
Museum De Mata
February 19, 2014

Museum ullen sentalu

MUSEUM ULLEN SENTALU

Museum ullen sentaluMuseum ullen sentalu terletak di Jalan Boyong Taman Wisata Kaliurang, Sleman. Museum yang diresmikan pada tahun 1997 oleh PakuAlam VIII ini memiliki arsitektur yang unik dan menarik. Pembangunan yang berlangsung selama 3 tahun ini menghasilkan nuansa nilai magis tersendiri bagi pengunjungnya. Museum ini bercerita tentang seni dan budaya jawa yang dikemas dalam bentuk yang berbeda. Museum ini menampilkan tokoh tokoh Sultan di Yogyakarta beserta permaisurinya dengan berbagai macam pakaian yang dikenakan sehari hari. Namun saat anda berkunjung  jangan mengambil gambar karena memang di larang, katanya nantinya akan mengurangi nyawa dari ruangan tersebut dan sebagai bentuk penghormatan kita terhadap warisan budaya. Berikut ini ruangan ruangan yang ada di Museum ullen sentalu :

– Ruang Selamat Datang

 Ruangan ini dipenuhi unsur kayu dan batu yang kental, dilindungi oleh pepohonan yang sejuk dan asri. Di sini terdapat tulisan tentang latar belakang pendirian Ullen Sentalu, serta arca Dewi Sri yang dipercaya sebagai dewi kesuburan.

– Ruang Seni dan Gamelan

Ruangan ini memamerkan berbagai macam gamelan yang merupakan hibah dari seorang pangeran dari Keraton Yogyakarta. Beberapa lukisan tari juga terpajang di ruangan ini.

– Gua Sela Giri

 Ruangan ini berada di bawah tanah, berbentuk lorong panjang perpaduan dari Sumur Gemuling Tamansari dengan Gothic. Ruangan ini memamerkan lukisan lukisan dokumentasi dari tokoh tokoh yang mewakili 4 figur di jaman dinasti Mataram.

– Kampung Kambang

 Ruangan ini terletak di atas kolam air dan memiliki beberapa bagian di dalamnya seperti ruang yang menampilkan syair syair putri Keraton, ruang khusus Ratu Mas yaitu permaisuri Paku Buwana X dimana terdapat lukisan lukisan, aksesoris, batik yang dipakai oleh Ratu Mas. Ruangan yang lain adalah ruang Batik Vorstendlanden Surakarta dan Yogyakarta. Disini kita dapat melihat masyarakat jaman dulu yang begitu kreatif dalam menuangkan ide kreatifnya dalam sebuah batik. Ruangan yang terakhir adalah Ruang Putri Dambaan, dimana ruangan ini bisa dikatakan album hidup Gusti Nurul Kusumawardhani, putri Tunggal Mangkunegara VII dengan permaisuri GKR timur. Ruangan yang begitu kental dengan perjalanan hidup seorang Putri ritual ritual tahapan putri Keraton, aksesoris milik putri dan lain sebagainya.

– Sasana Sekar Buana

Ruangan ini memamerkan lukisan lukisan raja Mataram dan lukisan tari sakral Bedhaya Ketawang, serta lukisan dan patung dengan tata rias pengantin gaya Yogyakarta.

                Taman di Museum ullen sentalu ini berupa hutan alami dan sangat kental nuansa pegunungannya sehingga siapapun yang berkunjung di tempat ini maka akan betah karena  udaranya yang segar. Di akhir kunjungan Anda akan mendapatkan suguhan minuman yang merupakan resep warisan dari Kanjeng Ratu Mas. Cukup dengan Rp 30.000 saja Anda akan mendapatkan ilmu pengetahuan dan melihat keindahan arsitektur yang menyimpan nilai seni tinggi. Selamat mencoba..

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: