Oleh Oleh Jogja Murah Buat yang Terkasih yang Menunggumu Pulang

Ketika kamu pergi ke Jogjakarta, pasti kepikiran untuk membawa pulang buah tangan asli dari kota ini untuk orang-orang terkasih yang menunggumu pulang dengan selamat. Jangan khawatir, oleh oleh Jogja murah bisa kamu temukan dengan mudah kok. Seperti yang kita tahu, semua di Jogja memang serba murah. Jadi oleh oleh khas Jogja pun harganya ringan di kantong. Apalagi kalau kamu pintar-pintar menawar dan tahu tempat oleh oleh di Jogja yang murah. Belanja jadi makin hemat deh. Bahkan nggak jarang kamu akan menemukan beberapa oleh oleh yang hanya ada di Jogja. Nah, apa saja ya kira-kira yang bisa kamu beli kali ini?

Oleh Oleh Khas Jogja yang Wajib Dibeli Saat ke Yogyakarta

Gudeg Kering

Yang terpikir olehmu pasti adalah oleh oleh Jogja gudeg. Ya, memang ke Yogya tanpa mencicipi dan membawa pulang gudeg agak lucu. Gudeg yang makanan khas kota ini sebenarnya sudah mulai dijual diberbagai tempat di seluruh Indonesia. Tapi cita rasa khasnya pasti beda. Buat kamu yang lagi berpikir apa oleh oleh dari Jogja untuk orang tua, boleh coba belikan gudeg kaleng. Bentuknya seperti kaleng sarden dan merupakan jenis gudeg kering. Oleh oleh khas Jogja yang awet ini direkomendasikan untuk dibawa pulang.

oleh oleh jogja murah

photo by @makanankhasjogja_online

Bakpia Pathok

Siapa sih yang tidak tahu bakpia? Bukan nggak mungkin camilan pertamamu pas datang pertama kali ke Jogja adalah bakpia. Kamu juga bisa bawa pulang oleh oleh makanan dari Jogja ini. Sekarang bakpia punya ragam rasa yang kekinian. Kalau dulu bakpia hanya diisi oleh kacang hijau, bakpia pathok ini saat ini punya varian rasa cokelat, keju, strawberry, nanas, kumbu, dll. Mau?

oleh oleh jogja murah

photo by @oleholehjogjaonline

Cokelat Monggo

Untuk kamu yang suka cokelat, ada oleh oleh dari Malioboro Jogja yang bertema cokelat nih. Namanya cokelat Monggo. Monggo ini rajanya cokelat di Jogja. Sekarang malah ada tour menuju pabriknya di Jalan Dalem KG III/978, Kotagede, Yogyakarta. Setiap bar cokelat Monggo ini punya harga yang murah disesuaikan dengan kantong orang Jogja. Jadi buat kamu yang datang dari luar kota pasti menganggap cokelat ini murah banget. Rasanya unik-unik; cokelat rasa jahe, cokelat rasa rendang, cokelat rasa caramel, durian, mangga, dan masih banyak lainnya yang nggak kalah nyeleneh.

photo by @chocolatemonggo

Jadah Tempe Mbah Carik

Manis-manis gurih, adalah rasa yang bisa digambarkan ketika kamu makan jadah tempe. Oleh oleh khas Jogja yang enak ini digawangi oleh Mbah Carik. Setiap libur tiba jadah tempenya selalu ludes. Tak heran akhirnya buka cabang di beberapa tempat. Dengan Rp 10.000 – Rp 20.000 saja kamu sudah  bisa menikmati makanan ini dan membawanya pulang.

– Lokasi: Jl. Palagan, Glondong, Purwobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Maps>> https://goo.gl/maps/rwR7P6WGE1qj4Sjh6

Wedang Uwuh

Selain gudeg kaleng dan cokelat monggo, ada oleh oleh khas jogja yang tahan lama meski bertema makanan dan minuman, yaitu wedang uwuh. Wedang uwuh artinya minuman sampah. Maksudnya adalah minuman ini berisi campuran berbagai macam racikan tanaman kering berkhasiat yang ketika dihidangkan memiliki ampas yang cukup banyak. Campuran ampas tersebutlah yang diberi nama uwuh atau sampah. Sekarang kamu bisa bawa pulang wedang uwuh ini untuk orang di rumah.

photo by @putritaruno

Salak Pondoh

Tak jauh-jauh dari keberadaan jadah tempe, ada sebuah area di lereng gunung Merapi yang khas banget dengan salak pondohnya. Ya, meski salak ini nggak bisa dibawa pulang ke area yang jauh, tapi kamu bisa cicipi buah salak pondoh yang sangat manis ini. Manisnya bikin ketagihan. Kamu bisa dengan mudah menemukan agrowisata salak pondoh di daerah sekitar Kaliurang dan Turi.

Geplak dan Yangko

Geplak dan Yangko adalah oleh oleh dari Jogja bertema makanan yang juga sukses dicari wisatawan. Yangko adalah sejenis makanan berbentuk persegi empat mungil yang terbuat dari tepung ketan. Warna-warninya semarak banget dan tekstur kenyalnya nggemesin. Sedangkan geplakberbahan dasar kelapa, gula, dan pewarna makanan. Warnanya lebih terang dari yangko. Kedua-duanya sekarang dibuat lebih kekinian dengan menambah citarasa baru seperti cokelat, nangka, durian, strawberry, dan lain-lain. Anda bisa beli di Toko Oleh-Oleh Mbok Tumpuk.

oleh oleh jogja murah

photo by @wahyunikamah

Kerajinan Perak

Bingung cari oleh oleh dari Jogja untuk pacar? Nggak usah. Kamu datang aja ke Kotagede pusatnya kerajinan perak. Kamu akan menemukan aksesoris seperti cincin, kalung, anting, dan gelang yang cocok untuk pasanganmu. Tidak hanya yang perempuan, aksesoris laki-laki pun bisa dibuat disini. Dan untuk yang mau menghias rumah menjadi lebih mewah, cari saja hiasan rumah dari perak disini.

Batik Khas Jogja

Oleh oleh dari Jogja yang murah yang tidak boleh dilewatkan adalah batik. Kenapa murah? Di Pasar Beringharjo atau di kios-kios kaki lima sepanjang Jalan Malioboro kamu  bisa beli satu buah batik dengan kisaran harga Rp 30.000 an. Ada daster, celana panjang dan pendek, kaos, dress, kemeja, outer, topi, tas, semua ada deh. Diserbu yuk!

oleh oleh jogja murah

photo by @vitarlenology

Aksesoris Kaki Lima Malioboro

Kalau sudah beli batik, nggak boleh lupa dengan oleh oleh khas jogja aksesoris yang lagi-lagi dijual di sekitar Jalan Malioboro. Berjajar rapi dari utara ke selatan, kamu bakal dibuat bingung belanja aksesoris disini karena apa-apa ada. Bahkan hal-hal yang mungkin asing bagimu juga ada. Kamu bisa cari oleh oleh khas Jogja untuk wanita disini karena terdapat tas etnik, dompet, jam tangan, hingga pernak-pernik seperti kalung, gelang, dan lain-lain. Nggak hanya aksesoris wanita, dompet pria, topi, dan hiasan rumah yang etnik bisa dengan mudah kamu tawar disini.

oleh oleh jogja murah

photo by berita trans

Kerajinan Kulit

Nah kalau yang satu ini cocok buat kamu penyuka kerajinan. Nilai seninya tinggi dan produknya sudah diakui sampai luar negeri, itulah kerajinan kulit Jogja. Jika kamu mau beli kerajinan kulit datanglah ke desa wisata Manding. Kamu akan menemukan oleh oleh khas Jogja selain makanan yaitu kerajinan kulit dalam bentuk tas, sepatu, dompet, topi, dan macam-macam lainnya.

photo by @dewi_setyosari

Kerajinan Gerabah

Sudah saatnya memperindah rumah dengan gaya yang beda daripada yang lain. Ada oleh oleh dari Jogja barang yang bisa kamu manfaatkan sebagai pemercantik rumah dan kamar yaitu kerajinan gerabah. Caranya menemukan gerabah cukup mudah. Datanglah ke Desa Wisata Kasongan. Galeri gerabahnya ada banyak.

oleh oleh jogja murah

Lukisan Seniman

Selain gerabah, untuk mempercantik rumah mungkin kamu butuh lukisan seniman yang apik. Tenang, di Yogyakarta ini ada beberapa galeri lukisan yang bisa kamu kunjungi. Tapi kalau kamu sekalian ke area Keraton dan Tamansari, disana juga banyak warga yang berprofesi sebagai pelukis. Kamu bisa lihat-lihat karya mereka dan membelinya.

Kerajinan Tangan Biota Laut

Antimainstream dan unik. Kerajinan dari biota laut pantai-pantai selatan ini ternyata bisa jadi oleh oleh dari Jogja selain makanan. Kamu nggak akan nyangka kalau cangkang kerang dan biota laut lainnya bisa jadi indah banget di tangan para perajin. Yang dijual biasanya asbak, tempat tisu, gelang, bros, dan hiasan-hiasan rumah.

photo by bisnis ukm

Tak Mau Kalah, Oleh Oleh Jogja Kekinian Buat Kamu yang Gaul

Bakpia Kukus

Nah, udah pernah tahu belum tentang bakpia kukus. Jenis dan teksturnya cukup berbeda dari bakpia biasanya. Oleh oleh unik dari Jogja ini sedang naik daun. Bakpia ini digemari anak muda karena bentuknya yang lucu dan tekstur lembut luar dalam. Satu kotak bakpia kukus dibanderol dengan harga Rp 25.000 untuk rasa basic seperti kacang hijau dan kacang merah, dan Rp 30.000 untuk varian rasa kekinian seperti keju dan cokelat. Kamu bisa cari di Bakpia Kukus Tugu Jogja.

oleh oleh jogja murah

photo by @bakpiatugujogja

Jogja Scrummy

Kamu-kamu yang anak hits dan gaul pasti tahu kalau aktor kenamaan Indonesia punya Jogja Scrummy. Makanan di Jogja Scrummy yang unik-unik digemari oleh orang Jogja lho. Kamu bisa membawanya pulang sebagai oleh oleh Jogja hits karena ada brownies kukus dan puff pastry.

Bakpia Princess Cake

Suka banget makan bakpia? Ada satu lagi nih, bakpia yang bisa kamu jadikan buah tangan. Namanya Bakpia Princess Cake, kepunyaan princess Syahrini. Oleh oleh khas Jogja artis ini sangat enak dinikmati rame-rame. Varian rasanya lebih aneh lagi karena ada rasa durian, choco banana, double chesee, strawberry, dan red bean.

Mamahke Jogja

Artis-artis ibukota ini memang sukses eksplor bisnis di bidang makanan. Salah satu yang terlaris di Jogja adalah Mamahke Jogja milik Zascia Mecca. Oleh oleh kekinian di Jogja ini cukup banyak yang mencari.

oleh oleh jogja murah

photo by @mommy.culinary

Brownies Ubi Ungu

Lihat yang cokelat-cokelat seperti brownies pasti bikin meleleh ya. Tapi gimana kalau ubinya berwarna ungu? Pasti bikin makin semangat makan. Oleh oleh khas Jogja anti mainstream brownies ubi ungu ini lagi hits banget. Berwarna ungu karena memang terbuat dari ubi ungu. Rasanya manis dan sedikit gurih.

Kaos Jogja

Terakhir untuk oleh oleh hits di Jogja, kekinian, namun tak lekang oleh waktu adalah kaos Jogja. Kaos yang bertuliskan kata-kata dan gambar tentang Yogya ini selalu jadi serbuan wisatawan domestik maupun manca lho. Kamu bisa cari kaos ini di gerai Dagadu, atau di pinggir jalan Malioboro. Biasanya wisatawan belanja kaos ini sebagai oleh oleh jogja di Malioboro karena bisa ditawar sehingga bisa borong banyak. Kamu yang sedang cari oleh oleh dari Jogja untuk cowok, mungkin kaos-kaos gaul ini bisa jadi jawabannya. Selain kaos, oleh oleh khas Jogja kekinian yang biasa dibeli adalah sandal jepit warna-warni.

oleh oleh jogja murah

photo by tirto id

Gimana? Ternyata ada banyak oleh oleh di Yogyakarta yang bisa kamu beli kan? Nah, sekarang buatlah daftar dan masukkan barang-barang yang memang mau kamu beli. Dan kalau kamu mau keliling Jogja jangan lupa sewa mobilnya di Pamitran Rental Motor Jogja. Disini kamu bisa dapat fasilitas sewa mobil di Jogja dan sewa motor di Jogja terbaik, bahkan sewa bus Yogyakarta. Syarat sewa mudah dan cara menyewa pun gampang banget. Bisa via online. Dan untuk kamu yang mau ambil paket tour Jogja murah, kamu datang ke tempat yang tepat. Langsung aja cari paket wisata Jogja mana yang sesuai untukmu di Pamitran Rental Motor Jogja ini. Yuk segera hubungi kami untuk order ↓

Atau lihat-lihat dulu penawaran terbaik yang kami punya dibawah ini ↓