Daftar Wisata Pantai di Bantul Jogja (Pantai Dekat Pantai Parangtritis Jogja)

Pernahkah terpikir untuk menghabiskan waktu di pantai yang masih jarang tereksplorasi di Jogja? Jika iya, mungkin memang sudah saatnya kamu ke Pantai di Bantul Jogja. Kenapa? Karena disini masih ada banyak pantai di Bantul selain Parangtritis. Nah, kan.

Kalau kamu hanya terpikir pantai di Bantul yang indah itu hanya Parangtritis, berarti kamu salah besar. Coba deh kamu datang ke pantai hits Bantul dan buktikan sendiri. Terus mana aja ya pantai recomended di bantul itu? Sebagai contohnya aja Pantai Goa Cemara, Pantai Baru, Pantai Kuwaru, Pantai Samas, dan Pantai Cemara Sewu.

photo by @pantai_samas

Beberapa dari lokasi tersebut merupakan pantai di Bantul yang masih sepi. Nah, kamu bisa memanfaatkan waktu dengan bebas untuk berfoto dan berkegiatan seolah itu adalah pantaimu sendiri dong ya. Tapi meski pantai-pantai di bantul diy ini ada yang masih terbilang baru, kecantikannya nggak perlu diragukan lagi.

Di deretan pantai berikut ini juga kamu bisa menikmati seafood, camping di pantai bantul, hingga sunset eksotis yang menyentuh laut dan pasir hitam yang magis. Oke, jadi dibawah ini akan diberikan nama pantai, harga tiket pantai di bantul, beserta lokasi pantai di bantul untukmu.

Objek Wisata Pantai di Bantul Terindah dan Terfavorit

Seperti yang tadi dibilang pantai di sekitar Bantul nggak kalah epik sama Pantai di Gunungkidul. Meskipun beberapa wisatawan belum tahu kalau Jogja punya pantai bantul terbaik, keuntungan itu bisa kamu manfaatkan untuk refreshing di tempat yang damai dan bebas. Nah, ini dia destinasi wisata pantai di Bantul rekomendasi kami.

Pantai Goa Cemara

Selain Parangtritis, Pantai Goa Cemara di Bantul ini cukup terkenal sebagai alternatif liburan. Tak heran jika kamu kesini waktu liburan pasti akan ramai pengunjung. Keunikannya terletak pada goa yang berada di pinggir pantai yang terbuat dari ribuan pohon cemara udang.

>> Selengkapnya: Pantai Goa Cemara, Pantai Unik dengan Goa dari Pohon Cemara

  • Harga tiket masuk: sekitar Rp 3.000
  • Alamat pantai goa cemara: Jalan Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, DIY.
  • Maps>> https://goo.gl/maps/ny1bMaT9vRR2

photo by @ariefsatria_

Pantai Baru Jogja

Seperti namanya, Pantai Baru adalah pantai baru bantul jogja. Meski baru tapi nggak mau kalah eksis. Jika pantai cemara yang lain sudah penuh, ke Pantai Baru Jogja saja. Letaknya dekat dengan Pantai Parangtritis dan juga Pantai Goa Cemara. Unggulannya adalah seafood dan sunset pantai di bantul yang cantik dan mempesona.

>> Selengkapnya: Pantai Baru Jogja, Baru Tapi Menawan

  • Harga tiket masuk: membayar retribusi Rp 4.000 / orang.
  • Alamat Pantai Baru: Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55762, Indonesia.
  • Maps>> https://goo.gl/maps/yZpAL6Tk3rD2

Pantai Kuwaru Bantul Jogja

Pernah dengar namanya? Sebenarnya Pantai Kuwaru ini sudah lebih dulu terkenal dibanding Goa Cemara. Disini juga ada pohon-pohon cemara udang. Meski tak membentuk goa, tetapi jajaran rapinya membuatmu ingin selfie. Seafood juga tersedia setiap saat.

  • Harga tiket masuk: Rp 5.000
  • Alamat: Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Maps>> https://goo.gl/maps/M4vTS8pQAvx
pantai di bantul

photo by @sanjayaarchi

Pantai Pandansari Bantul Jogja

Kamu penasaran sama pantai di Bantul yang ada mercusuar? Namanya Pantai Pandansari. Lokasinya masih ada di jajaran Goa Cemara. Itulah kenapa pengunjung sering mampir kemari. Disini kamu bisa naik mercusuar dan melihat pantai dari bagian atas. Pantainya sendiri masih sepi.

  • Harga tiket masuk pantai: Rp 3.000 per orang.
  • Tiket mercusuar: Rp 5.000 per orang.
  • Alamat: Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55763, Indonesia.
  • Maps>> https://goo.gl/maps/VPfGPJCU3z32
pantai samas jogja

photo by @mhanifai

Pantai Pandansimo

Nah, kalau kamu melihat ada kincir angin di perjalanan, itu ada di Pantai Pandansimo. Pantai di area Bantul ini juga masih sepi. Kalau kamu main kesini berasa sedang berada di pantai pribadi. Pantainya damai dan nggak kalah keren dari yang sudah lebih dulu terkenal.

Pantai Bantul yang Keren dan Terkenal

Pantai Parangtritis

Membicarakan pantai indah di daerah Bantul, nggak akan seru kalau nggak menyebutkan Pantai Parangtritis. Pantai Ratu Selatan Jogja ini terkenalnya bukan hanya seantero Indonesia tapi hingga ke luar negeri. Dengan hamparan pasir hitamnya, Parangtritis membius pengunjung. Kamu bisa naik delman, melihat air terjun di pinggir pantai, mencari pantai bantul sunrise atau pun sunsetnya.

Kawasan ini juga dekat dengan wisata Gumuk Pasir Barchan yang terkenal itu dan paralayang di atas bukit.

>> Selengkapnya: Pantai Parangtritis Jogja, Pantai Ratu Selatan yang Membius Mata  

  • Harga tiket masuk: Rp 5.000/orang
  • Alamat pantai parangtritis: Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.
  • Maps>> https://goo.gl/maps/TbUEJAXSVJK2
pantai parangtritis jogja

photo by @rujidwardoyo

Pantai Depok Bantul Jogja

Berada tak jauh dari Parangtritis adalah Pantai Depok. Wisata pantai di daerah Bantul yang ini terkenal dengan seafood lezatnya dan Tempat Pelelangan Ikan yang berharga murah. Kamu bisa makan seafood disini langsung dari hasil tangkapan nelayan, atau membawanya pulang untuk oleh-oleh di rumah.

>> Selengkapnya: Mencicip Seafood Khas di Pantai Depok Jogja

Pantai Parangkusumo

Bersebelahan dengan Pantai Parangtritis adalah Pantai Parangkusumo. Pantai ini lebih sepi, namun terkenal dengan pesona gumuk pasir dan tempat wisata Gumuk Pasir Barchan dibelakangnya. Dekat dengan pantai ini juga ada petilasan yang konon dipakai oleh Panembahan Senopati (Raja Mataram) bertemu dengan Nyi Roro Kidul.

Pantai Parangendog

Berada di bagian paling jauh dan akhir dari Parangtritis dan dibatasi tembok tebing yang tinggi adalah Pantai Parangendog. Pantai ini juga masih sepi, tapi sebenarnya sangat menawan. Di Parangendog ada delman. Dan juga kalau kamu mau naik ke bagian perbukitannya ada wisata paralayang yang terkenal itu. Jika kamu takut dan nggak mau coba paragliding, kamu cukup menikmati sunset dan mengumpulkan foto sampai memori kameramu penuh.

pantai parangendog – photo by @malik_ash_shidiqi

Pantai Cemara Sewu

Selain Goa Cemara, ada pantai cemara Bantul lainnya yang bernama Cemara Sewu di dekat Parangtritis. Termasuk wisata pantai di Bantul Yogyakarta yang baru, jadi tidak seramai Goa Cemara. Disini juga ada goa-goa dari pohon cemara udang. Dan menariknya sudah ada spot-spot selfie yang cantik.

  • Harga tiket masuk: membayar retribusi Rp 5.000 per orang
  • Alamat pantai cemara sewu: Jl. Pantai Parangkusumo, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, DIY.
  • Maps>> https://goo.gl/maps/3Cq8xQDGG4C2

Kecantikan Pantai Tersembunyi Bantul Jogja

 

Pantai Samas Bantul Jogja

Daftar pantai di kabupaten Bantul selanjutnya jatuh pada Pantai Samas. Jika kamu sudah sering mendengar kebun bunga matahari atau bunga celocia di dekat pantai, lokasinya ada di dekat Pantai Samas ini. Pantainya sendiri sudah lumayan ramai pengunjung. Fasilitas lengkap, dan ada berbagai wahana hiburan serta seafood disini. O ya, kamu juga bisa melihat konservasi penyu.

>> Selengkapnya: Pantai Samas Jogja dan Kebun Bunga Matahari yang Instagenic

pantai di bantul

pantai samas jogja

Pantai Baros Bantul

Asing mendengar namanya? Ya karena pantai ini masih cukup tersembunyi. Meski begitu sudah mulai banyak anak muda yang mencari keindahan Pantai Baros. Jika kamu mencari pantai bantul sunset terbaik, Baros salah satunya. Pantai Baros juga terkenal dengan hutan mangrove-nya. Jika beberapa waktu lalu kamu sempat melihat hutan mangrove jogja yang viral dan instagrammable, itu ada di Pantai Baros.

pantai di bantul

pantai baros – photo by @rifai_zebi

Pantai Pelangi Bantul

Rekomendasi pantai di Bantul yang masih cukup virgin selanjutnya adalah Pantai Pelangi. Pantai ini berlokasi dekat Pantai Parangkusumo. Pantai Pelangi tadinya adalah pantai nelayan yang terbengkalai. Namun akhirnya disulap jadi tempat penangkaran penyu. Sekarang, mulai banyak yang datang kemari sebagai alternatif liburan.

Cara ke Pantai-Pantai Bantul Jogja yang Mudah

Gimana? Banyak kan ternyata pantai di Bantul Jogja yang bisa kamu eksplor? Kalau kamu termasuk orang yang suka dengan hal baru, menjelajah pantai Bantul adalah hal wajib. Tapi kesananya gimana ya?

Nah, jika kamu pergi dengan beberapa teman atau keluarga dan nggak mau mikir masalah rute, ada sewa mobil di Jogja yang bisa kamu ambil. Sewa mobil jogja dengan driver akan jadi alternatif yang membantu apalagi kalau kamu orang luar kota Jogja. Kemudian ada juga rental motor Jogja buat yang suka motor-motoran. Dijamin murah tapi berkualitas.

Pesan Sekarang Juga

Syarat sewa juga nggak ribet. Dan pemesanan bisa via online. Ada antar jemput gratisnya lagi. Dimana lagi kalau bukan di Pamitran Rental Motor Jogja. Kamu bukan Cuma bisa sewa motor atau mobil, tapi juga ambil paket wisata jogja murah yang akan memudahkanmu dalam planning liburan kali ini.

Ayolah tunggu apalagi. Langsung hubungi Pamitran Rental Motor Jogja via apapun yang kamu bisa.

Pesan Sekarang Juga