Pulau Karang, Pasir Putih, dan Kolam Raksasa Pantai Drini Jogja

pantai drini jogja

photo by @bety_19930114

Berwisata ke pantai pasir putih di Jogja memang tidak pernah membosankan. Satu lagi nih pantai yang jadi tujuan para wisatawan lokal maupun luar yaitu Pantai Drini Jogja. Ada pesona unik yang coba disajikan oleh Pantai Drini di Jogja. Meskipun tadinya Pantai Drini Gunung Kidul agak kalah gaungnya dengan pantai lain seperti Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, Kukup, dan Baron, tapi sekarang ia jadi salah satu wisata pantai yang wajib dikunjungi ketika ke Jogja. Nah, apa saja sih pesona dan keindahan Pantai Drini di Yogyakarta? Mau tahu? Simak semuanya di bawah ini.

Pesona Pantai Drini

Pantai Drini kabupaten gunung kidul daerah istimewa Yogyakarta menyimpan keindahan yang sangat sayang untuk ditolak. Pesona pertama yang dimiliki wisata pantai drini adalah pulau karangnya. Pantai Pulau Drini Yogyakarta ini adalah daya tarik magnetis bagi wisatawan. Pulau ini mengapung sendirian di dekat pantai, sebuah pemandangan yang jarang didapati di pantai selatan Yogyakarta. Konon nama Pantai Drini gunkid juga diambil dari pulau karang ini. Dulu disebutkan bahwa banyak terdapat tumbuhan santigi (Pemphis acidula), dan orang sekitar menyebutnya drini. Jika air laut sedang surut, anda bisa eksplor pulau tersebut. Tinggal menyeberang dan melewati beberapa anak tangga beton agar kita bisa melihat keseluruhan pantai dari atas.

pantai drini jogja

photo by @ig_cicill

Pemandangan Pantai Drini tak cukup hanya disitu saja indahnya. Pulau karang yang teguh itu ternyata juga menjadi pemisah dua karakter lautan di Drini, sisi disebelahnya berair tenang dan yang satunya berombak keras. Di bagian tiimur pantai juga terdapat tebing-tebing gagah yang membuat pantai memiliki sebuah laguna. Seolah terjaga dari amukan ombak penguasa laut, anda bisa berenang nyaman di laguna tersebut seperti berada di kolam raksasa. Air berwarna biru kehijauan siap menerima anda, dan dinding pulau karang yang mengelilingi melindungi anda, serta atap langit biru membuat segalanya terasa lepas dan bebas di Pantai Drini Wonosari.

Ada pula ikan-ikan khas yang menemani anda berenang. Jika beruntung anda bisa menemukan Goby Pasir, Jambrong, dan ikan Sergeant Major yang tampak asyik bermain.

Aktivitas Wisata Pantai Drini Yogyakarta

Pantai Drini Kano

Ada satu aktivitas air yang menarik jika dilakukan di pantai ini yaitu kano di pantai drini. Karena Pantai Drini memiliki ombak yang tenang, maka pantai drini kano adalah salah satu kegiatan yang boleh dicoba. Anda yang belum pernah pun bisa belajar menaikinya.

Pantai Drini Snorkeling

Yang kedua adalah snorkeling di pantai drini. Meskipun masih tergolong baru, tapi sudah banyak yang mencoba pantai drini snorkeling. Dengan ber-snorkeling kita bisa tahu apa saja yang terdapat di bawah laut Drini dan melihat sendiri pesona yang dibawanya.

Sunset di Pantai Drini

Seperti biasa menikmati sunset adalah sebuah keharusan ketika datang ke pantai. Di Pantai Drini sunsetnya juga sangat manis. Sunset di Pantai Drini terkesan eksotis.

pantai drini jogja

photo by @maspeot

Pantai Drini Sunrise

Bagi yang kurang puas hanya melihat sunset bisa menginap untuk menanti pantai drini sunrise. Tak kalah menarik dengan sunset, pemandangan matahari terbit bisa membuat anda lebih bersemangat menjalani hari.

Camping di Pantai Drini

Nah, untuk menikmati sunrise maupun malam hari di pantai, cobalah sesekali menginap dan ber-camping di Pantai Drini. Bagi yang berjiwa muda atau suka dengan petualangan alam, pastinya camping di pinggir pantai jadi kewajiban.

Mencicipi Kuliner di Pantai Drini

Sama seperti jika bepergian ke pesisir pantai lainnya, salah satu hal yang wajib dilakukan adalah mencicipi kuliner di Pantai Drini. Ikan-ikan segar disajikan dengan bumbu khas daerah Gunung kidul yang pastinya berbeda dari seafood-seafood lain.

pantai drini jogja

photo by @retnohandayani94

Objek Wisata Dekat Pantai Drini dan Sekitarnya

Ada pula objek wisata lain dekat Pantai Drini dan sekitarnya, yaitu:

  • pantai drini dan bukit kosakora
  • Pantai Sepanjang
  • Pantai Sundak
  • Pantai Kukup
  • Pantai Indrayanti
  • Pantai Timang
  • Pantai Sadranan
  • Pantai Pok Tunggal
  • Pantai Krakal
  • Pantai Kukup
  • Pantai Wediombo
  • Pantai Slili
  • Pantai Ngobaran
  • Pantai Siung
  • Pantai Jogan
  • Pantai Watu Lumbung
  • Goa Jomblang
pantai drini jogja

photo by @zaidanzuhair_

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Drini

Retribusi Pantai Drini yang harus anda bayar ini sudah meliputi retribusi ke kawasan Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Krakal, Sundak, Indrayanti, dan Pok Tunggal. Berfungsi seperti tiket masuk, harga tiket masuk Pantai Drini berkisar Rp 10.000. Nantinya di Pantai Drini anda tinggal membayar parkir Rp 2.000 untuk motor, Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 20.000 untuk bus. Jam buka Pantai Drini sendiri adalah setiap hari 24 jam.

Pantai Drini Alamat

Letak Pantai Drini memang jauh dari pusat kota. Dibutuhkan sekitar 2 jam untuk bisa sampai ke pantai dari kota Jogja. Tapi pantai drini rute mudah dan akses jalan gampang untuk diikuti. Rutenya sendiri adalah:

Jogja kota- Piyungan – Patuk – Sambipitu – Landasan Udara TNI Gading – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – ambil arah ke Pantai Drini.

Jangan lupa untuk ke Pantai Drini dengan sewa transportasi dari Pamitran Rental Motor jogja. Anda tak perlu lagi ribet mengurusi masalah kendaraan pribadi kalau mau ke Gunungkidul dan ke pantai-pantai yang eksotis. Tinggal melakukan satu panggilan ke kantor kami dan masalah beres.

Penginapan di Pantai Drini

Bagi yang ingin menginap di sekitar Pantai Drini tapi tidak camping ada ragam penginapan di Pantai Drini yang tersedia mulai dari homestay di pantai drini yang murah hingga villa di pantai drini dan resort pantai drini. Anda tinggal pilih saja. Biasanya lokasinya dekat dengan pantai atau kalau ragu bisa tanya warga sekitar.

Gimana? Jadi kepengin segera ke Pantai Drini kan? Tak perlu berpikir berkali-kali. Anda bisa kemari dengan sewa mobil, motor, dan bus (bagi yang membawa rombongan) di Pamitran Rental Motor. Harga terjangkau. Armada selalu dalam kondisi baik. Sistem order yang mudah (bisa melalui online). Dan bisa diantar ke tempat anda berada gratis (syarat & ketentuan berlaku).