Pantai Glagah Kulon Progo Yogyakarta: Pemecah Ombak yang Instagramable

Sudah pernah ke Pantai Glagah Kulon Progo Yogyakarta? Kalau belum, segera aja kamu datang ke pantai di kabupaten Kulon Progo Jogja ini yang terkenal dengan ratusan beton pemecah ombaknya. Pantai Glagah Indah, sesuai dengan nama aslinya juga sangat cantik. Beton-beton pemecah ombak yang mengelilingi jembatan justru jadi satu hal yang membuat fotomu disini tampak instagenic. Nah, tunggu apalagi? Buruan ke Pantai Glagah Kulon Progo.

pantai glagah jogja

photo by @tono_stark_graphy

Pesona Pantai Glagah Jogja (Sunrise dan Sunset)

Bagi kamu yang belum pernah, wajib dulu tahu apa saja pesona yang dimiliki Pantai Glagah Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Glagah di Jogja adalah satu-satunya yang memiliki beton-beton pemecah ombak. Pemecah ombak ini tentu aja bertujuan untuk memecah ombak besar karena daratan pantai sedikit demi sedikit mulai terkena abrasi.

Tapi siapa sangka, dikalangan fotografer handal justru pantai glagah pemecah ombak ini dijadikan background foto yang menarik. Sejak saat itu, Pantai Glagah Yogyakarta mulai diburu wisatawan karena mereka ingin berfoto dengan pemecah ombak itu. Spot yang paling dinanti-nanti adalah di dekat tiang menara. Jika kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan waktu yang tepat saat ombak besar menyapa daratan. Dan kamu bisa berfoto dengan ombak tersebut. Tapi ingat, keselamatan adalah yang utama ya.

pantai glagah jogja

photo by @arianarima

Pantai Glagah disebut dengan Pantai Pasir Besi karena pasirnya hitam legam. Selain itu pesona pantai terletak pada sunrise pantai glagah dan sunsetnya. Pantai Glagah Indah punya pemandangan matahari terbit yang sangat mempesona. Matahari berwarna keemasan datang dari arah timur menyambut pagi yang cerah. Tapi nggak kalah dengan sunrise, sunset di pantai glagah juga indah banget. Warna-warna eksotis langit dibawa ke depan mata membuatmu nggak mungkin kalau nggak mengabadikan momen itu. Saat pantai glagah sunset berlangsung kamu juga bisa menjumpai nelayan yang masih sibuk memancing ikan di pinggir pantai.

Masih belum cukup menikmati semua keindahan itu? Kamu bisa stay lebih lama dengan camping di pantai glagah. Camping di pinggir pantai sendiri seru, apalagi kalau keesokan paginya kamu dapat sunrise yang cantik. Tersedia juga sampan untuk kamu yang ingin mengarungi laguna Glagah yang dekat dengan pantai dan ATV serta sepeda untuk kamu yang ingin keliling pantai dengan mudah.

pantai glagah jogja

photo by @mandrapahlawa

Fasilitas Pantai Glagah

Kamu nggak perlu khawatir lagi soal fasilitas Pantai Glagah. Pantai ini sudah terkenal cukup lama di Jogjakarta jadi pasti fasilitasnya udah lengkap mulai dari toilet, mushola, warung makan, kolam renang anak, seafood, ATV dan sepeda, kapal kecil, hingga penginapan di pantai glagah.

Kuliner di Pantai Glagah

Kuliner apa kira-kira yang ditawarkan pantai ini? Pastinya yang harus kamu coba adalah seafood nya. Ada udang, kepiting, dan ikan-ikan laut yang segar dan khas. Tapi kalau kamu tertarik mencoba kuliner di Pantai Glagah yang unik, beliliah rempeyek undur-undur. Hewan yang selalu ada di pinggir pantai ini bisa diubah jadi snack nikmat ala Jogja. Selain undur-undur ada juga rempeyek udang dan kepiting.

Pantai Glagah dan Sekitarnya

Buat yang merasa ke Pantai Glagah aja nggak cukup, bisa banget mengunjungi wisata di sekitar Pantai Glagah, seperti misalnya Wisata Alam Kalibiru, Waduk Sermo, Pule Payung, dan yang lagi hits saat ini adalah pantai glagah bunga matahari. Apa sih pantai glagah kulon progo bunga matahari ini? Tak begitu jauh dari area Pantai Glagah, ada kebun bunga matahari yang jadi sasaran wisatawan. Pengunjung biasanya datang kemari saat bunga sedang mekar sempurna supaya bisa berfoto bersama mereka. Ratusan bunga matahari ini sangat cantik menjelang sunset atau saat matahari bersinar cerah.

Atau mau ke pantai sekitar Glagah lainnya? Ada kok, tenang saja. Pantai Congot dan Pantai Trisik siap menerimamu. Meski nggak ada pemecah ombaknya, tapi dengan pasir hitam legam nan eksotis pasti membuat liburanmu jadi sensasional.

pantai glagah jogja

photo by @desitikaerna_

Htm Pantai Glagah

Penasaran tiket Pantai Glagah Jogja mahal atau nggak? Tenang, untuk bisa datang kemari pantai glagah tiket masuk yang harus kamu bayar hanya sekitar Rp 5.000.

Lokasi Pantai Glagah Jogja

Alamat Pantai Glagah Jogja adalah: Glagah, Temon, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Akses ke pantai sudah sangat baik dan lokasi Pantai Glagah Jogja dapat dengan mudah ditempuh dari pusat kota. Nah untuk pantai glagah rutenya sendiri ada dua:

  • Lewat Jalan Bantul: Jl. Bantul – Palbapang (ambil arah kanan) – Jl. Srandakan via jembatan Srandakan – lampu merah ke kiri – Pantai Glagah.
  • Lewat Jalan Wates: Jl. Wates – Sentolo – Wates kota – Purworejo (ambil ke kiri) – ikuti petunjuk ke Pantai Glagah.
pantai glagah jogja

photo by @dwiputra_yuga

Perjalanan melalui kedua rute itu memakan waktu sekitar 1 jam namun transportasi ke pantai glagah yang terbaik adalah memakai kendaraan pribadi karena lebih mudah. Terus gimana kalau kamu nggak bawa kendaraan pribadi atau malas membawanya? Sewa kendaraan aja di Pamitran Rental Motor Jogja. Disini kamu bisa pilih-pilih motor atau mobil mana yang mau kamu pakai sesuai dengan kebutuhan. Soal harga, nggak perlu khawatir karena masih terjangkau dan fasilitas lengkap bisa kamu dapat. Yuk, buruan sewa transport di Pamitran Rental Motor.