Pantai Jungwok Jogja | Pantai Tersembunyi Jogja yang Jadi Surga Dunia

Pantai baru di Yogyakarta terus bermunculan di Jogjakarta lho! Ayo jangan ketinggalan untuk menggali mereka lebih dalam dan melihat sendiri kecantikan yang ditawarkan. Kali ini ada Pantai Jungwok Jogja yang pesonanya nggak kalah dengan pantai-pantai lain yang sudah lebih dulu terkenal.

pantai jungwok jogja

photo by @atika_muth

Pantai Jungwok Gunkid adalah sebuah pantai berpasir putih yang baru aja jadi hits karena pemandangannya yang sedikit berbeda dibandingkan pantai lain di pesisir selatan Jogja. Pantai Jungwok di Gunung Kidul ini bersih karena merupakan tempat yang baru, dengan batuan karang yang cantik di tengah laut membuat siapapun yang melihat penasaran dibuatnya.

Panorama Pantai Jungwok Yogyakarta yang Memikat Hati

Masih sangat tersembunyi, untuk datang ke Pantai Jungwok di Yogyakarta ini kamu membutuhkan perjuangan, karena kamu harus berjalan kaki untuk masuk ke area utama melalui jalanan yang kecil. Tapi begitu lihat pantai yang melengkung indah kamu pasti merasa sepadan.

Pantai Jungwok Wonosari Jogja cukup luas, bersih, dan sepi karena masih baru. Ya, hitung-hitung kalau kamu penasaran gimana rasanya punya pantai pribadi, inilah saat yang tepat untuk merasakannya sendiri. Pasir putih kekuningannya yang mirip coklat susu bersatu padu dengan ombak yang tenang.

pantai jungwok jogja

photo by @dhian_hardjodisastro

Tebing-tebing tinggi dan batuan karang di tengah laut menjadikannya pemecah ombak yang terbaik. Pun tebing ini tak tampak gersang karena ditumbuhi rumput.  O iya, pantai ini punya tiga aliran sungai air tawar yang bermuara ke lautan. Itu membuatnya seolah membelah bibir pantai menjadi tiga bagian.

Keindahan Pantai Jungwok memang sangat tak tertandingi. Meskipun ada mitos-mitos angker, tapi nyatanya yang ada hanyalah segelintir pesona Pantai Jungwok yang semua pasti setuju kalau ini indah banget.

pantai jungwok jogja

photo by @chaniiiss

Aktivitas di Pantai Jungwok Gunung Kidul

Bertanya-tanya bisa ngapain aja di Pantai Jungwok? Tenang, kamu nggak akan berakhir putus asa disini. Cobain saja aktivitas wisata Pantai Jungwok berikut ini:

  • Pantai Jungwok Untuk Camping

Camping di Pantai Jungwok jadi salah satu yang paling diincar oleh wisatawan yang datang kemari. Kamu harus coba camping di pinggir pantai atau di atas perbukitan Jungwok. Dari situ kamu akan tahu bahwa Bumi sebenarnya adalah surga kedua.

pantai jugnwok jogja

photo by @andreass

  • Mancing di Pantai Jungwok

Ya buat siapapun yang mau coba dapat ikan disini bisa juga. Tinggal bawa alat pancing. Kalau kamu bingung dimana areanya, ikuti saja bapak-bapak yang suka cari ikan di pinggir laut.

  • Sunset Pantai Jungwok

Selain camping, ada lagi pemandangan yang paling dicari yaitu sunset. Siapa yang sangka kalau pantai ini adalah salah satu tempat terbaik menikmati sunset di Jogjakarta. Sunsetnya amazing!

pantai jungwok jogja

photo by @angga_saputra38

  • Sunrise Pantai Jungwok

Tapi kalau kamu mau cari yang nomor satu disini ya sunrise Pantai Jungwok. Fotografer seneng banget datang kemari menunggu momen sunrise soalnya salah satu yang terbaik. Pokoknya sunrise Pantai Jungwok nomor satulah!

pantai jungwok jogja

photo by @bingah_inawati

Pantai Dekat Jungwok, Sama-sama Cantiknya

Sekarang kita beralih ke panti sekitar Jungwok. Kita semua setuju Pantai Jungwok Gunung Kidul Jogja memang cantik luar biasa. Tapi bagaimana dengan pantai lain di sekitarnya? Ya tentu nggak kalah bagus dan masih perawan. Contohnya saja Pantai Greweng dan Pantai Sedahan yang jaraknya dekat dengan Jungwok.

Atau kamu mau berkitar sebentar dan mencari lainnya. Ada Pantai Wediombo yang sudah terkenal, Pantai Nampu, dan Pantai Watu Lumbung.

pantai jugnwok jogja

photo by @alestaaaa

Harga Tiket Pantai Jungwok

Htm Pantai Jungwok sangat murah. Rp 5.000 per orang sudah bisa masuk ke pantai termasuk hingga ke Pantai Wediombo karena lokasinya dekat. Untuk kendaraan akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 (motor) dan Rp 5.000 (mobil). Tapi dari lokasi parkir kamu masih harus jalan lagi ya. Maklum jalannya masih sangat perawan. Tapi ya ini juga untuk menjaga lingkungan Jungwok kan?

Alamat Pantai Jungwok Jogja

Lokasi Pantai Jungwok Gunung Kidul berada di Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DIY. Ya tepatnya untuk letak Pantai Jungwok Gunung Kidul ini berdekatan dengan pantai-pantai lainnya seperti Pantai Greweng, Pantai Wediombo, hingga Pantai Nglambor dan Jogan.

Sementara itu akses ke Pantai Jungwok memang tidak semudah pantai yang lainnya. Kamu harus jalan kaki untuk sampai ke area utama. Tapi tenang, pemandangan cantik akan langsung membuatmu lupa kalau kamu harus berlelah-lelah.

Pantai Jungwok Maps>> https://goo.gl/maps/b5D9QSAoc6Q2

Pilihan Transportasi ke Pantai Jungwok

Pantai Jungwok ini bisa didatangi dari kota Jogja maupun Bantul, melewati Imogiri Timur. Rute Pantai Jungwok dari Jogja kurang lebih seperti ini:

>> Kota Jogja – Jl. Bausasran – SMA N 8 – PLN Jogja – Wonosari – Jl. Kiai Legi – jl. Pantai Selatan – Jl. Wediombo – Pantai Jungwok.

>> Jl. Imogiri Timur / Playen Dlingo – Jl. Kiai Legi – jl. Pantai Selatan – Jl. Wediombo – Pantai Jungwok.

Nah tapi memang tidak bisa pakai kendaraan umum. Harus pakai kendaraan pribadi untuk bisa kemari. Kamu bisa sewa motor Jogja aja biar lebih gesit dan efisien, daripada pakai ojek. Atau kalau mau seru-seruan bareng teman dan keluarga bisa sewa mobil jogja. Dimana dong sewanya? Di Pamitran Rental Motor Jogja.

Mau cek armada apa aja yang tersedia dan bagaimana cara sewa transportnya? Langsung aja klik dibawah ini.