Wisata Pantai Kukup Jogja – Pulau Karang di Hamparan Pasir Putih

Kamu suka dengan pantai pasir putih? Jika iya, berarti kamu harus ke Pantai Kukup Jogja. Kenapa? Pantai ini adalah salah satu pantai yang terkenal di jajaran pantai di Gunungkidul. Bahkan termasuk yang pertama terkenal sebelum pantai-pantai cantik lainnya menyusul.

pantai kukup jogja

photo by @hanifphotography

Ada banyak hal yang menarik di Pantai Kukup di Jogja. Hamparan pasir putih Pantai Kukup Wonosari yang pastinya bisa bikin hari libur jadi tak terlupakan. Jaraknya dari kota memang lumayan jauh. Tapi begitu kamu sampai di Pantai Kukup Beach dan melihat lansekap cantik plus pulau karang bakal bikin kamu lupa kalau tadi kamu sedikit lelah di perjalanan.

Baca juga: Pantai Krakal Jogja, Pantai yang Penuh Kedamaian

Pesona Pantai Kukup yang Sulit Ditolak

Kalau mau disebut sebagai tempat wisata yang terkenal dan bagus, pasti harus ada kriterianya. Tapi Pantai Kukup Gunung Kidul ini masuk ke semua kriteria. Apa yang bisa kamu lihat dan lakukan disini? Banyak! Liburan ke Pantai Kukup sangat bisa mengurangi beban pikiranmu. Kamu bisa melihat Pantai Kukup Sunset dan juga ketika datang di pagi hari ada Sunrise Pantai Kukup yang menantimu.

pantai kukup jogja

photo by @yay.lliy

Juga ketika kamu memutuskan untuk menghabiskan waktu lebih lama disini, kamu bisa mencoba camping Pantai Kukup. Dengan itu kamu bisa menikmati pemandangan Pantai Kukup malam hari.

Di Pantai Kukup Wonosari Jogja kamu bisa melihat pasir putih yang terhampar sederhana dibalut dengan air laut berwarna biru kehijauan. Pantai Kukup di Gunung Kidul dikelilingi oleh perbukitan karang.

Nah yang menarik dari pantai ini adalah adanya pulau karang di pinggir pantai yang disebut Pulau Jumino. Untuk datang ke pulau ini kamu akan menapaki Pantai Kukup jembatan. Dari atas pulau karang Jumino, kamu bisa melihat kekayaan ekosistem Pantai Kukup. Panai ini sendiri dijuluki aquariumnya jogja. Karena biota lautnya menarik dan masih alami. Hewan-hewan laut sering mampir ke pinggiran pantai atau bersembunyi di terumbu karang di laut dangkal pantai.

Rekomendasi lain: Menariknya Kawasan Pantai Baron di Jogja

pantai kukup jogja

photo by @imansyah.budi

pantai kukup jogja

photo by @anaz.rp

Pantai Dekat Kukup yang Terkenal

Wisata Pantai Kukup Jogja nggak henti-hentinya memukai wisatawan. Tempat ini sendiri terkenal dengan Pantai Baron Kukup Krakal. Kalau kamu berpikir datang kesini, biasanya warga lokal Jogja juga akan menyarankan kamu datang ke Pantai Baron dan Pantai Krakal. Ketiga bersaudara pantai tersebut memang cukup terkenal.

Tapi ada juga lho pantai sekitar Kukup yang lain, seperti: Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Watu Kodok, Pantai Drini, Pantai Nglolang, dan lain-lain.

pantai kukup jogja

photo by @ibnu.wali

Fasilitas Pantai Kukup yang Tersedia

Ada banyak fasilitas di Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta. Jadi kamu nggak perlu khawatir. Mulai dari warung-warung yang menjajakan seafood khas, hingga toilet, mushola, toko souvenir, dan penginapan di Pantai Kukup seperti hotel di Pantai Kukup. Tapi kamu harus coba seafood khasnya. Nggak kalah dengan masakan di tempat lain karena ikannya fresh dari laut setempat.

pantai kukup jogja

photo by @sgustaam

Paket Tour Pantai Kukup

Kamu mau ke Pantai Kukup Wonosari Gunung Kidul dan ke tempat lain juga tanpa ribet? Ambil aja paket tour ke Pantai Kukup Gunung Kidul Jogja. Kamu bisa cari paketnya di Pamitran Tours atau Pamitran Rental Motor Jogja. Selain dari pantai ini, ada puluhan destinasi wisata lain dalam paket yang kami punya. Langsung aja cari dan pilih!

Pantai Kukup Harga Tiket Termurah

Berapa biaya yang kira-kira harus kamu siapkan untuk kemari? Tidak banyak. Kamu cukup membayar retribusi Pantai Kukup sebesar Rp 10.000. Karena itu adalah tiket retribusi, maka berlaku sekali bayar kamu udah bisa datang ke Kukup dan pantai terdekat lain seperti Pantai Drini, Pantai Baron, Pantai Krakal, dan lain sebagainya. O ya, jangan lupa siapkan biaya untuk tiket parkir kendaraan sebesar Rp 2.000 (motor), Rp 5.000 (mobil), dan Rp 20.000 (bus mini).

Rute dan Alamat Pantai Kukup

Akses Pantai Kukup sudah sangat mudah, jadi kamu bisa datang kesini sendiri. Memang paling enaknya pakai kendaraan pribadi. Lokasi Pantai Kukup adalah di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, DIY.

Nah, letak Pantai Kukup seperti yang tadi disebutkan dekat dengan Pantai Baron dan Krakal. Jadi kalau kamu sudah pernah ke kedua pantai itu, tinggal ikuti jalur yang sama. Atau kalau kamu baru pertama kali bisa ikuti rute ke Pantai Kukup berikut:

Rute Pantai Kukup Dari Jogja

  • Jalan Jogja-Solo – simpang tiga Candi Prambanan, ambil arah kanan – Jalan Baron – Pantai Kukup.
  • kota Yogyakarta – Jalan Ringroad Selatan – jalan Wonosari – Jalan Baron – Pantai Kukup

Kamu masih bingung rutenya? Berarti pilihan terbaik lainnya adalah sewa mobil Jogja aja. Dengan rental mobil di Jogja dari Pamitran Rental Motor kamu bisa dapat driver yang handal. Jadi kamu tinggal duduk manis dan sampai di tempat tanpa kesasar. Ini juga bagus buat yang liburan bersama keluarga dan rombongan. Selain mobil ada minibus, hingga sewa bus besar untuk rombongan besar pula.

Maps>> https://goo.gl/maps/7CGVadUKnPE2

Tapi kalau yang mau suasana lebih private dan santai, bisa deh sewa motor di Jogjanya. Lebih gesit dan terjangkau juga harganya. Apalagi kalau kamu sudah handal di jalanan, rental motor bisa jadi pilihan terbaikmu yang mau bepergian on budget. Ingat ya, pesan semuanya di Pamitran Rental Motor Jogja.