Eksotisme Pantai Pasir Hitam di Pantai Parangtritis Jogja

Ke Jogja belum lengkap rasanya kalau belum menyambangi tempat wisata wajib seperti Pantai Parangtritis di Jogja. Ya, anda mungkin sudah pernah mendengar nama Pantai Parangtritis Jogja yang cukup terkenal di Indonesia. Tempat ini selalu dikaitkan dengan legenda Nyi Roro Kidul, penguasa gaib setempat yang kemunculannya pernah dilihat oleh beberapa orang. Tapi selain kisah mistisnya, daya tarik wisata Pantai Parangtritis di Yogyakarta memang selalu membuat wisatawan pergi berkunjung. Jika anda belum pernah kemari, silahkan datang kemari dengan rental mobil plus driver atau sewa motornya di Pamitran Rental Motor.

pantai parangtritis jogja

photo by @depibelinda

Daya Tarik Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta

Pantai Parangtritis Yogyakarta merupakan sebuah pantai dengan pasir yang hitam. Pasir hitam ini rupanya hasil erupsi Gunung Merapi yang kemudian terbawa angin atau pun dibawa aliran sungai hingga ke pesisir selatan. Ombak disini cukup besar dan ganas. Anda bisa bermain air maupun berenang namun harus berhati-hati, tak boleh sampai ke tengah lautan. Dan ketika ombak sedang pasang biasanya penjaga pantai akan membunyikan peluit atau memberikan pengumuman agar wisatawan mundur dari pantai laut parangtritis.

Pantai ini juga merupakan asal muasal legenda di Jogja yang menceritakan tentang penguasa pantai selatan. Pantai Parangtritis dan Nyi Roro Kidul konon merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Parangtritis disebut-sebut sebagai kerajaan gaib Ratu Pantai Selatan tersebut. Ratu yang dikatakan dulunya adalah seorang putri raja yang cantik dianggap sebagai salah satu sosok yang menjaga Jogjakarta dan masyarakatnya. Pantai Parangtritis legenda ini cukup terkenal hingga siapapun yang kemari pasti pernah mendengarnya. Terkadang disini diadakan ritual seperti salah satunya 1 suro di pantai parangtritis.

Larangan Pantai

Larangan di Pantai Parangtritis cukup unik, yaitu pengunjung tak boleh kemari memakai pakaian warna hijau. Konon ini akan menyinggung Nyi Roro Kidul yang menyukai warna tersebut. Namun penjelasan ilmiahnya ada lho. Pantai Parangtritis memiliki palung di dekat pantai yang membuat ombak disekitarnya berwarna kehijau-hijauan. Jika ada pengunjung yang tenggelam, tim SAR tak akan bisa segera menyelamatkan karena korban yang memakai baju hijau tak kelihatan di laut yang hijau tersebut. Jadi daripada jadi bahaya, lebih baik diikuti saja peraturan ini.

Daya tarik lainnya dari pantai ini adalah adanya air terjun kecil yang mengalir di pinggir pantai. Air ini kemudian bertemu dengan air laut yang asin. Pemandangannya cukup unik. Anda juga dapat menikmati pantai dengan menaiki atv pantai parangtritis atau juga mencoba naik kuda atau andong yang ada di pinggir pantai. Jangan lupa juga untuk mencoba masakan seafood yang ada di warung-warung dan jagung bakar.

pantai parangtritis jogja

photo by @rockstartiket

Aktivitas Liburan ke Pantai Parangtritis yang Bisa Dicoba

Ada banyak hal yang bisa dilakukan ketika ke Pantai Parangtritis. Salah satunya adalah menikmati pemandangan sunrise di Pantai Parangtritis. Anda tinggal menuju ke pantai ketika matahari hendak memulai hari. Atau bisa juga menginap di villa Pantai Parangtritis jadi paginya bisa langsung jalan kaki kemari. Panorama pantai parangtritis pagi hari yang masih sepi akan membuat anda tenang. Mau berfoto-foto ketika pantai parangtritis sunrise juga disarankan.

Tak mau ketinggalan dengan sunrise, sunset di Pantai Parangtritis adalah keeksotisan lain yang disimpannya. Matahari oranye dan mega berwarna jingga keunguan harus diajak selfie juga. Anda bisa menikmati pantai parangtritis sunset ditemani jagung bakar tradisional atau sambil menunggang pantai parangtritis kuda sembari berjalan di pinggir pantai.

pantai parangtritis jogja

photo by @rujidwardoyo

Bagi anda pecinta alam, camping di Pantai Parangtritis bukan hal yang mustahil. Selalu ada tempat untuk anda mendirikan tenda. Nikmatilah suasana pantai parangtritis malam hari saat debur ombak hanya terdengar suaranya di kegelapan malam. Gemintang langit juga akan setia menemani jika hari sedang cerah. Anda bisa melihat rembulan sembari menyeruput segelas kopi di tengah dinginnya angin Samudra Hindia.

Aktivitas terakhir di wisata Pantai Parangtritis adalah datang kemari saat tahun baru. Pantai Parangtritis malam tahun baru selalu meriah karena disini biasanya akan diadakan acara seperti penyalaan mercon maupun menerbangkan lampion. Datanglah kemari untuk liburan tahun baru anda. Tapi konfirmasi dulu dengan pengurus pantai.

pantai parangtritis jogja

photo by @sya.nmn

Wisata Pantai Parangtritis dan Sekitarnya

Seolah tak cukup memukau anda dengan sihir cantiknya, objek Pantai Parangtritis ini menyediakan juga destinasi wisata lain di dekat Pantai Parangtritis daerah istimewa Yogyakarta. Berikut adalah beberapa tujuan wisata terdekat Pantai Parangtritis:

pantai parangtritis jogja

photo by @ahmdyns_05

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Kira-kira berapa tiket masuknya? Anda cukup membayar biaya retribusi Pantai Parangtritis di pintu masuk dan setelah itu tak ada yang perlu dibayar lagi di pantai kecuali parkir. Pantai Parangtritis harga tiketnya Rp 5.000. Jika anda membayar di pintu masuk artinya anda tak perlu lagi membayar tiket masuk di pantai-pantai lain sekitar Parangtritis dan objek wisata lainnya. Hanya perlu membayar parkir yang berkisar Rp 2.000 / motor dan Rp 5.000 / mobil.

pantai parangtritis jogja

photo by @niluh_indriati

Pantai Parangtritis Lokasi

Lalu bagaimana cara ke Pantai Parangtritis? Cara terbaik ke pantai ini adalah menggunakan kendaraan pribadi. Transportasi ke Pantai Parangtritis paling enak menggunakan motor atau mobil, namun bus juga bisa kalau dengan rombongan. Nah jika anda sedang bingung mencari tempat sewa motor, mobil, dan bus di Jogja, langsung saja hubungi Pamitran Rental Motor Jogja. Sebagai agen tour terpercaya kami akan memberikan pelayanan terbaik dan tercepat dengan harga terjangkau.

Alamat lengkapnya adalah Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Akses ke Pantai Parangtritis mulus dan mudah sehingga semua kendaraan bisa mencapainya. Untuk pantai parangtritis rute cukup mudah saja. Tinggal arahkan kendaraan ke Jl. Parangtritis dan terus menuju ke arah selatan. Di sepanjang jalan mendekati pantai sudah ada petunjuk. Kalau ragu bisa tanya orang sekitar atau buka maps.

Fasilitas di Pantai Parangtritis

Jangan ditanya kalau urusan fasilitas, tentunya lengkap. Disini juga ada penginapan di pantai parangtritis. Ada yang harganya murah dan ada yang cukup tinggi dengan fasilitas resort. Fasilitas lain adalah:

  • ATV Pantai Parangtritis
  • Bendi / Andong
  • Kuda
  • Layangan
  • Warung
  • Toilet
  • Tempat Parkir
  • Toko Pakaian
  • Pantai Parangtritis Resort (Queen of The South Resort)
  • Beragam Hotel di Pantai Parangtritis

Yuk tunggu apalagi? Segera saja ke Pantai Parangtritis bersama Pamitran Rental Motor Jogja. Kami juga menyediakan paket wisata di Jogja jika anda mau. Kami tunggu pesanan anda!