Pantai Sadranan Gunung Kidul yang Antimainstream – Snorkeling Pantai Sadranan

Bagi yang suka dengan kegiatan anti-mainstream, cobalah datang ke Pantai Sadranan Gunung Kidul. Kamu bisa snorkeling di laut dangkal yang super murah, atau mencoba ber-kano, aktivitas yang masih terbilang baru di Pantai Sadranan Gk.

Seperti apa sih sensasi berkano dan snorkeling di Pantai Sadranan beach? Simak artikel berikut yang akan membahas semua tentang Pantai Sadranan Jogja lengkap dengan info tiket masuk dan lokasi.

pantai sadranan gunung kidul

photo by @villanofreza

Pesona Pantai Sadranan Terfavorit

Pantai Sadranan Wonosari identik dengan ombak yang tenang meski berada di pesisir selatan Jawa yang menghadap langsung ke samudra. Karena itu ada aktivitas snorkeling dibuka disini. Jangan salah. Pantai-pantai di Gunungkidul juga kaya dengan kehidupan bawah lautnya. Ada banyak yang bisa kamu temukan di bawah laut Pantai Sadranan Gunungkidul Yogyakarta; ikan-ikan cantik yang ramah, terumbu karang, dan hewan-hewan lain yang sering mendekati pantai.

Tentu aja pantai sadranan pemandangannya tiada dua banget. Air laut yang biru kehijauan tampak sangat bersih ditambah dengan paduan pasir putih khas Gunungkidul. Tidak ada sampah berterbaran jadi view pantai sadranan makin cantik. Selain itu ada apalagi yang menarik di Sadranan?

Rekomendasi: Pantai Teras Kaca Gunungkidul yang Sedang Hits

pantai sadranan gunung kidul

photo by @eka_nurdy

Wisata Biota Laut di Pantai Sadranan Snorkeling

Wisata biota laut atau snorkeling akan membuatmu merasa sesuatu yang unik karena biasanya snorkeling nggak bisa dilakukan di pantai selatan yang berombak ganas. Tapi disini bisa. Beragam spesies terumbu karang dan ikan laut selatan menunggumu menyapa mereka. Alat snorkeling dapat ditemukan disekitar tempat persewaan dekat pantai. Biayanya pun hanya Rp 50.000 per jam. O ya, waktu terbaik untuk snorkeling yaitu pagi 06.00 – 08.00 WIB, dan sore pada jam 16.00 – 18.00 WIB.

pantai sadranan gunung kidul

photo by @veronicapinastika

Menikmati Sunrise Pantai Sadranan Jogja dan Sunsetnya

Saat-saat paling indah di pantai adalah menikmati sunrise dan sunset. Di Sadranan juga bisa. Kamu bisa menghabiskan waktu memandangi matahari terbit dan terbenam sambil mengambil beberapa foto cantik untuk dibawa pulang atau diposting di sosial media kamu.

Mendayung Kano

Meskipun termasuk aktivitas yang baru, tapi percayalah kamu harus mencoba mendayung kano di Sadranan. Nggak perlu lagi jauh-jauh keluar negeri kalau mau merasakan sensasi canoeing. Tempat sewanya bahkan hanya mematok tariff sama seperti snorkeling yaitu Rp 50.000 per jam.

Rekomendasi lain: Coba Adventure Gondola Maut di Pantai Timang Yogya

pantai sadranan gunung kidul

photo by @faisalalauddin.

Ngecamp Pantai Sadranan & BBQ

Menyatulah sekali-kali dengan alam. Ngecamp di Pantai Sadranan ini hits banget karena kamu bisa melihat gemintang malam saat cuaca cerah, memainkan gitar, atau merayakan kedekatan bersama teman dan keluarga dengan pesta BBQ. Sewa tenda dome disini Cuma Rp 50.000 dan berkapasitas 4 orang.

Jelajah Pantai Terdekat Sadranan

Wisata pantai sadranan gunungkidul nggak sendirian lho. Seperti biasa ada pantai-pantai terdekat di Sadranan. Ada Pantai Sundak, Pantai Ngandong, Pantai Slili, dan Pantai Krakal.

Adat Jawa Sadranan

Terakhir adalah menyaksikan upacara adat Jawa, Sadranan. Itulah asal mula nama pantai ini karena pantai sadranan adalah tempat untuk ‘nyadran’. Cari informasi dulu kapan upacara ini diadakan.

Baca juga: Mau ke Balinya Jogja? Enjoy Pantai Ngobaran Jogja Aja!

pantai sadranan gunung kidul

photo by @sbncrnns

Biaya Pantai Sadranan: Tiket Masuk dan Parkir

Pantai Sadranan tiket masuk tidak mahal. Jadi biaya yang perlu disiapkan saat kesini tidak terlalu banyak. Nah untuk tiket masuk pantai sadranan Yogyakarta, kamu Cuma perlu membayar retribusi Pantai Sadranan sebesar Rp 10.000 per orang. Tapi selain Pantai Sadranan harga tiket ada biaya lain yang bisa kamu persiapkan untuk:

Parkir motor: Rp 2.000

Parkir mobil: Rp 5.000

Alat snorkeling: Rp 50.000

Kano: Rp 50.000

Payung: Rp 30.000

Gubuk di pinggir pantai: RP 25.000

Alamat & Lokasi Pantai Sadranan Jogja

Alamat Pantai Sadranan Jogja ada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Jaraknya dari kota Jogja memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Letak Pantai Sadranan Jogja dekat dengan pantai-pantai Gunungkidul yang terkenal lainnya. Pantai Sadranan Rute juga mudah untuk diikuti.

Rute Pantai Sadranan Jogja:

Kota Jogja – Wonosari – Pasar Wonosari ambil kanan menuju Pantai Baron – Pantai Baron, ambil arah menuju timur – Pantai Sadranan.

Pantai Sadranan Map>> https://goo.gl/maps/kUhdQUR4cwt

Tapi kalau kamu bingung atau nggak mau ribet cari lokasi pantai ini, ada alternatif sewa mobil Jogja dengan driver di Pamitran Rental Motor. Ada sewa innova jogja dan sewa elf jogja yang jadi favorit wisatawan. Atau juga sewa elf jogja dan sewa hiace jogja untuk rombongan.

Kalau kamu suka dengan petualangan bisa juga sewa motor jogja disini. Syarat sewa mudah dan harganya juga nggak mahal. Yuklah langsung ke Pantai Sadranan dengan sewa transportasi di Pamitran.