17 Pantai Tersembunyi di Jogja yang Bikin Kamu Nggak Ingin Pulang!

Apa yang menarik dari Jogja menurutmu? Wisata budaya klasiknya yang nggak bisa ditemukan di tempat lain, atau wisata alam Jogja yang bikin kamu bersemangat? Apapun itu kamu nggak boleh ketinggalan datang ke pantai tersembunyi yogyakarta. Pantai tersembunyi di Jogja ini surganya para pelancong yang suka hal anti mainstream.

Kalau kamu salah satunya, mainlah ke pantai indah tersembunyi di Jogja. Sekalipun membutuhkan perjuangan yang tidak sedikit, bukankah hal-hal berharga yang tersimpan tetap patut diusahakan? Makanya, yuk langsung saja cari, eksplor, dan buat kenanganmu di wisata pantai tersembunyi di Jogja.

Deretan Pantai Jogja yang Tersembunyi I

Pantai Wohkudu

Di deretan yang pertama tentu diisi oleh deretan pantai pasir putih tersembunyi di jogja Gunungkidul. Salah satunya adalah Pantai Wohkudu. Pernah dengar belum? Pantai Wohkudu diapit oleh dua bukit hijau besar yang membuat lebar pantainya tak seperti pantai biasanya, hanya berupa ceruk dan dipinggir pantai pun terdapat bebatuan yang menghiasi. Sangat cocok jika digunakan untuk private camping.

photo by @jogjabikinlaper

  • Alamat: Desa Nglaos, Dukuh Wiroso, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: Rp 2.000 / orang
  • Maps>> https://goo.gl/maps/rofULhMKzqk

Pantai Jogan

Pantai ini cukup terkenal sebagai pantai berair terjun. Tapi letaknya memang cukup tersembunyi dan karena itulah sepi. Jika musim hujan tiba, debit air akan naik dan menambah indahnya alam Jogan ini. Kamu bisa turun ke bawah air terjun untuk menikmati air pantai dari ceruk pantai yang ada. Namun untuk bisa turun, sebaiknya ketika air terjun tidak terlalu deras ya.

Pantai Watu Lumbung

Selanjutnya ada si cantik Watu Lumbung. Pantai di Jogja sepi ini memiliki keunikan yang tak terkalahkan. Kamu akan lihat langsung luasnya lautan baik dari pantainya maupun bukit di atasnya. Tebing-tebing yang hijau, batu karang besar yang bentuknya unik, dan debur ombak yang senantiasa mengunjungi pantai membuat segalanya sempurna. Cari sunset juga?

photo by @pergipedia

Pantai Ngrumput

Sesuai dengan namanya, pantai Ngrumput Jogja di kelilingi oleh tebing besar yang ditumbuhi berbagai macam tumbuhan hijau. Di tempat ini pula terdapat tempat wisata yang sedang hits yaitu puncak bukit Kosakora. Di pantai Ngrumput kamu bisa menemukan lorong gua, batu karang bolong, dan tentunya suasana pantai yang penuh kedamaian.

Pantai Nglimun

Pantai terbaru di daerah Jogja berikutnya adalah Nglimun. Baru bukan berarti baru terbentuk ya. Tapi mulai diramaikan oleh pengunjung. Nah, Pantai Nglimun sangat unik karena ceruk pantainya kecil dan air yang datang kemari sangat tenang. Tidak banyak batuan karang mendominasi. Namun justru karena mulut pantainya cukup tersembunyi di balik karang, membuat biota laut seperti ganggang dan ikan sering bermain dekat pantai di jogja dengan ombak kecil ini. Pantai Nglimun Jogja kini mulai dikenal sebagai akuarium raksasa, dan mungkin cocok juga sebagai pantai buat snorkeling di jogja.

  • Alamat: Bedalo, Krambil Sawit, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: Rp 3.000 / orang (retribusi)
  • Maps>> https://goo.gl/maps/M1S5aZFg5TK2

Pantai Watu Nene

Kamu tentunya pernah melihat seperti apa deretan pantai di Inggris ya. Dengan pasir yang tak seberapa lebar, namun panjang dan dibelakangnya langsung berhadapan dengan tebing tinggi menjulang. Nah, ternyata di Jogja juga ada lho pantai seperti itu. Namanya Pantai Watu Nene. Aneh juga ya nama pantai terbaru jogja ini? Bedanya bukit di belakang ditumbuhi tumbuhan hijau nan asri. Cocok buat camping dan santai di private beach.

photo by @berandajogja

Pantai Jungwok

Kamu mungkin pernah mendengar nama pantai Jungwok karena sering disebut sebagai hidden paradise Jogja yang instagenic. Pantai baru di Jogja Gunung Kidul ini juga berombak tenang. Memang kalau dituju dari kota Jogja memakan waktu tempuh yang cukup lama, sekitar 2,5 jam karena berada di perbatasan Gunungkidul dan Jawa Tengah. Tapi keindahan laut yang jernih dan pasir putih yang damai sepadan kok.

Pantai Sedahan

Pantai Sedahan adalah pantai di jogja buat ngecamp. Nuansanya pas banget. Bentuk pantai yang berlekuk seperti ceruk, terjaga dari ombak besar karena ada dua pintu karang besar yang menghalau. Pantai “perawan” di Jogja ini ternyata tempat biota laut berkumpul. Pun penyu yang mau bertelur dan main ke pinggir pantai. Makanya, tetap hati-hati dan jaga mereka meskipun kamu mau eksplor Pantai Sedahan.

photo by @pantai.jogja

Pantai Greweng

Ada pesona pantai baru di Wonosari Jogja, yaitu Pantai Greweng. Pantai ini sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan pas liburan. Ya nggak salah sih. Udah cantiknya kebangetan, ada hutan mangrove yang bisa kamu jelajahi tempat kepiting dan ikan hidup. Meski begitu sebenarnya pantai ini cukup kecil dan tersembunyi. Ada aliran sungai kecil juga dan spot memancing ikan. Kalau dilihat dari atas, pantai ini mirip Pantai Tegalwangi, pantai baru di Bali.

photo by @jogjahitz.id

Daftar Pantai yang Tersembunyi di Jogja II

Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok adalah pantai terbaru di Gunung Kidul Jogja. Sekarang juga sudah mulai hits. Di pantai ini kamu bisa melihat air laut kehijauan di pinggir pantai. Jika kamu datang di hari biasa, kamu akan menikmati pantai dengan lebih maksimal.

  • Alamat: Kelor Kidul, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: Rp 3.000 / orang
  • Maps>> https://goo.gl/maps/HhkBEZ4W1ip

Pantai Seruni

Pantai terbaru di Yogyakarta yang cukup tersembunyi selanjutnya adalah Pantai Seruni. Masih bertema pasir pantai putih, Seruni digemari mereka yang suka eksplor hal baru. Namanya berarti keindahan emas bungai Crysanthemum. Ya memang cantik meski masih sepi. Saat matahari menyentuh pasir putihnya, akan berubah jadi pasir keemasan. Pantai di Jogja cocok untuk camping ini bisa kamu kunjungi.

Pantai Sinden Pulau Kalong

Mau sedikit menantang nyali di pantai? Nggak perlu ke Pantai Timang. Ke Pantai Sinden saja yang ada Pulau Kalongnya. Terus dimana uji adrenalinnya? Lewati saja jembatan dari kayu yang bergoyang untuk menuju Pulau Kalong di tengah laut. Debur ombak di bawah kakimu yang nggak mau mengalah dijamin membuat seru.

pantai tersembunyi di jogja

photo by @ayodolan

Pantai Butuh

Sesuai dengan namanya, Pantai Butuh seolah diciptakan Tuhan untuk kamu yang butuh ketenangan. Dengan ceruk pantai yang kecil namun landai, membuat ombak tenang menyapa kakimu. Diapit oleh dia perbukitan besar menyembunyikannya dari tangan-tangan nakal. Nikmatilah suasana hijau dari rerumputan sekitar pantai yang memang mantap jiwa!

Pantai Ngandong

Pantai Ngandong sebenarnya berada dekat dengan Pantai Sundak yang cukup terkenal. Disini kamu bisa melihat sunset yang indah ketika sore, dan gradasi air laut dari hijau, biru, hingga biru tua. Kamu pun bisa lho sewa perahu untuk eksplor lautnya sebentar. Kano yang siap kamu pakai dan snorkeling menjamin liburanmu berakhir baik.

pantai tersembunyi di jogja

photo by @ayodolan

Pantai Cemara Sewu

Ada pantai bertema cemara juga dan ini adalah pantai di jogja dekat parangtritis. Pantai Cemara Sewu jadi idola baru buat kamu yang mau menemukan hidden paradise sekitar Parangtritis. Dengan pasir hitam eksotis dan pepohonan cemara yang mengalun saat ditiup angin, pasti menyenangkan melihatnya.

Baca juga: Pantai di Bantul Jogja yang Eksotis dengan Pasir Hitam

  • Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, DIY.
  • Harga tiket masuk: Rp 5.000 (termasuk retribusi ke pantai sekitar Parangtritis)
  • Maps>> https://goo.gl/maps/8M6JMfHq3WS2

Pantai Samas

Jangan Cuma ke Gunungkidul terus, sekali-kali ke pantai baru di Bantul Jogja juga biar kamu bisa lihat pantai pasir abu-abu kehitaman dan konservasi penyu. Hanya di Pantai Samas kamu bisa melihat itu. Ditambah dengan berfoto dari atas mercusuar sekitar pantai, atau ber-instagenic ria di Kebun Bunga Matahari.

Pantai Congot

Yang terakhir ini benar-benar tersembunyi. Kamu mungkin belum pernah dengar kalau ada pantai di jogja kulon progo yang bernama Congot yang berada persis di balik wisata hutan mangrove Jogja. Sepi banget disini. Berasa Pantai Congot hanya milikmu seorang. Tapi tetap, eksotis!

pantai tersembunyi di  jogja

photo by @apipjunot

Oke, itu dia pantai tersembunyi dan terbaru di Jogja. Buat kamu pecinta beach hoppers, jangan lupa memasukkan mereka ke daftar petualanganmu. Dan kalau kamu mau kesini dengan lebih mudah sewa motor di Jogja saja di Pamitran Rental Motor. Juga bisa rental mobil Jogja murah lho. Dan puluhan paket wisata Jogja terseru di Pamitran bisa kamu coba. Segera hubungi kami ya. Have a nice holiday!