21
Aug-2013

Pengertian Homestay Jogja

Pengertian Homestay Jogja

Apa sih homestay? Pasti teman-teman sering mendengar kata homestay. Baik homestay di jogja, di bali dan di kota besar kita sering mendengar homestay. Menginap di rumah penduduk memberi peluang leluasa untuk berbaur, bersentuhan langsung dengan situasi rural, dan cara hidup masyarakat sehari-hari. Tapi apa sebenarnya arti homestay tsb?

homestay Pengertian Homestay Jogja

Awal mula homestay

Rumah adat beralih fungsi menjadi tempat penginapan dengan menyuguhkan kesan sederhana, aman dan nyaman bagi pengunjung.

Home Stay Sekarang dan Pengertiannya

Pengertian home stay sebagai rumah tinggal atau tempat tinggal sementara yang bercorak trasidional, sebagai fasilitas wisata yang sedang berlibur untuk waktu tertentu, kini sudah mengalami pergeseran orientasi. Perubahan pergeseran tersebut semakin kental jika dikaitkan dengan beberapa hal yang melekat menjadi bagian dalam satu kesatuan. Misalnya bentuk bangunan, lokasi, fasilitas, service dan yang terakhir tentunya harga sewa atau harga kontrak.

Keberadaan rumah tinggal sementara pada saat ini, lebih cenderung mengarah pada bisnis murni atau money oriented sebagai bagian dari proses implementasi sosial ekonomi. Sehingga setiap orang yang menggarap sektor ini sudah memikirkan dan paham betul bagaimana mengkemas sebuah home stay agar menarik bagi calon penghuninya.

Pemilihan lokasi yang strategis, bentuk bangunan, fasilitas yang tersedia sampai dengan pelayanan serta kenyamanan penghuninya. Semuanya sudah dipikirkan dan sangat terencana, dan ini akan menjadi komoditi alternative yang sangat menjanjikan.

Beberapa ciri-ciri home stay modern saat ini salah satunya adalah sebagai berikut :

1. Bangunan home stay dibuat standar dengan segala fasilitasnya seperti, private room, reading room, televisi, telepon, bathroom, linens, dresser, closet, mirror dan sebagainya.

2. Pemberlakuan House Rules

3. Service breakfast, lunch, dinner dan transportasi

Dari uraian standar pengelolaan home stay modern di atas terdapat sedikit perbedaan dengan keberadaan home stay dahulu yaitu bahwa semangat tersedianya akomodasi atau rumah tinggal dahulu (sebelum muncul istilah “home stay), di mana penyediaan fasilitas dan perlakuannya sangat sederhana. Hampir tidak ada managemen yang mengatur seperti pemberlakukan “house rules” yang biasa terdapat dalam home stay modern saat ini. Kenyataan ini kemungkinan disebabkan oleh adanya perubahan trend secara linear baik menyangkut tujuan datangnya wisatawan maupun tujuan penyedia akomodasi dimaksud.

Secara ekonomi makro, trend seperti ini mungkin baik dari sudut pertumbuhan pendapatan daerah karena pajak dari penghasilan ini akan mendongkrak APBD yang tentu akan berdampak positif bagi pertumbuhan perekonomian daerah.

Tetapi satu hal yang sering terlupakan adalah ikut berubahnya tatanan infra struktur, tata ruang serta originalitas suatu tempat, jika hanya terfokus pada orientasi bisnis. Karena pada kenyataannya, banyak pelaku bisnis home stay yang melupakan keaslian wajah wilayahnya. Dalam kalimat berbeda dapat dikatakan, bahwa pembangunan home stay dewasa ini cenderung pada kepentingan bisnis semata tanpa memikirkan lingkungan sekitarnya, dengan tetap mempertahankan nuansa dan cirri khas daerahnya. Kenyataan ini sudah berlangsung di banyak tempat yang menjadi daerah tujuan wisata. Ini yang sebenarnya boleh dikatakan sebagai home stay modern.

Yang paling penting, bagaimana kita dituntut untuk lebih kreatif di dalam memberikan sentuhan baru, agar tercipta home stay modern berakar budaya trasional yang kuat. Dengan tidak mengorbankan keindahan yang sudah menjadi bagian warisan masa lalu. Karena pada kenyataannya, sekarang banyak menjamur bangunan home stay yang tidak mengindahkan tata ruang kota. Ini bagi home stay yang ada di wilayah perkotaan. Semuanya berlomba untuk mendapatkan lokasi dipinggir jalan, sehingga wajah kota terkesan semrawut antara pusat pemerintahan, pertokoan, taman kota, perkantoran, home stay maupun rumah penduduk.

Jika semuanya dapat direncanakan dengan matang, untuk melokalisir dan membuat bangunan sesuai dengan fungsi masing-masing tentu akan menjadi lebih nyaman dan indah. Disamping juga masing-masing kompleks tersebut akan memiliki identitas dan ciri khas tersendiri.

Demikian sedikit paparan mengenai keberadaan perkembangan home stay dahulu dengan home stay yang ada sekarang. Semoga ada manfaatnya.

Contoh beberapa homestay yang berada di kota jogja :

Sumber : Marbeta
Room 2 1024x558 300x163 Pengertian Homestay Jogja

AC Room

pixel Pengertian Homestay Jogja

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec