Situs Warungboto Jogja: Bangunan Historis nan Indah yang Jadi Wisata Hits di Jogja

Kamu sudah pernah dengar belum Situs Warungboto Jogja? Itu lho, yang dipakai putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu saat foto prewedding dengan Bobby Nasution. Nah itulah Situs Warungboto. Dengan gaya bangunannya yang klasik kembaran dengan Tamansari, Warungboto Yogyakarta laris dalam jajaran wisata hits di Jogja.

Meskipun situs ini kecil dan tak seluas Tamansari, nyatanya tiap-tiap hari ada saja wisatawan yang mengincarnya untuk foto instagramable. Karena bentuknya yang unik dan satu-satunya di Jogja, wisata Warungboto jogja pun laris manis. Sering sekali dijadikan tempat photo session dan prewedding seperti mbak Kahiyang dan mas Bobby.

Yuk kita kunjungi tempat wisata Warungboto Jogja ini. Biar mainmu ke Jogja terasa lengkap dan memuaskan.

situs warungboto jogja

photo by @arikadevi

Keindahan Wisata Situs Warungboto Yang Tiada Dua

Situs Warungboto ini berada di kampung wisata Warungboto. Wisatawan yang datang kemari nggak hanya bisa menikmati foto-foto di situs utama. Tetapi juga jelajah kampung wisata yang menawarkan keragaman seni dan budaya khas Jogjakarta.

Kampung Wisata Warungboto sering dipakai pameran seni. Disini juga ada sebuah upacara yang baru-baru saja diadakan kembali yaitu Upacara Mreti Tuk Umbul. Dalam pertunjukan budaya ini warga akan mempertontonkan tarian dan juga pameran souvenir dari bahan daur ulang dan souvenir pernikahan, karena Warungboto terkenal akan paket pernikahan dan souvenir wedding yang murah.

photo by @idhapristy

Dan apa yang paling membuat Warungboto ini menarik? Situs Warungboto jogja adalah sebuah pesanggrahan milik Sultan Hamengkubuwono II. Disebut juga dengan Pesanggrahan Rejawinangun. Nah, sejarah situs warungboto jogja bercerita bahwa tempat ini merupakan sebuah pemandian dan peristirahatan raja setelah dari berburu atau ketika keluar istana. Ya, nggak heran kalau ada kolam dan taman meskipun tidak begitu luas.

Warungboto masuk menjadi cagar budaya di tahun 2010. Siapa sangka bahwa dulunya tempat ini sangat terbengkalai dan berupa reruntuhan? Hingga akhirnya direnovasi dan kini bisa dinikmati kamu semua.

Dinding-dinding kokoh dan tebal berwarna cream klasik, lorong-lorong beratap lengkung, tangga-tangga dan bangunan yang berlevel-level menjadi ciri khas dari Situs Warungboto. Dua buah kolamnya terhubung meski bentuknya berbeda, satu lingkaran dan satu persegi yang ukurannya cukup besar.

Buat kamu yang suka hal-hal vintage wajib datang kemari membawa kamera lengkap dengan dandanan klasik, biar amazing kalau difoto. Tapi jangan lupa untuk tetap jaga kebersihan dan lingkungan karena Warungboto adalah cagar budaya yang dilindungi.

Lihat juga>> Destinasi Wisata Budaya di Yogyakarta yang Indah Menawan

Obyek Wisata Dekat Situs Warungboto

Situs Warungboto asyiknya punya destinasi sekitar yang bisa kamu kunjungi. Obyek wisata dekat Situs Warungboto pun menarik. Nggak percaya? Lihat dibawah ini.

XT Square

Wisata dekat warung boto ini adalah sebuah pusat belanja yang menjajakan elektronik dan gadget. Uniknya, tiap malam ada panggung musik dan cafe yang sering jadi tempat nongkrong anak muda dan keluarga. Dan tentunya ada tempat wisata unik lainnya.

Museum De Mata Trick Eye, De Arca, dan De Walik

Museum seni bertema 3D Eye trick photo shooting ini adalah yang pertama di Jogja. De Mata Trick Eye Museum adalah wisata sekitar warung boto yang saat ini cukup terkenal. Tak hanya berfoto dengan lukisan 3D yang menipu mata, kamu juga bisa ke De Arca dimana patung-patung lilin tokoh terkenal Indonesia berada, dan De Walik yang memiliki konsep foto terbalik. Semuanya buatan seniman lokal Jogja.

Gembiraloka Zoo

Gembiraloka adalah sepotong rimba di Jogja. Kamu bisa menemukan ragam flora dan fauna yang cukup lengkap disini. Lokasinya yang dekat dengan Warungboto bisa dijadikan alternatif tempat wisata ketika liburan.

Wisata Kuliner Gulai Sapi

Gulai sapi adalah andalan dari kampung Warungboto. Coba dan cicipi makanan Gulai Sapi ini yang biasa ditemukan disekitar situs.

Lokasi Warungboto Jogja, Harga Tiket, dan Jam Buka

situs warungboto jogja

photo by @chan_ikhsan93

Lokasi Warungboto Jogja tidak susah dicari dan dituju. Alamat situs warungboto jogja sendiri ada di Jalan Veteran No. 77 Warung Boto Umbulharjo Yogyakarta. Situs ini rupanya berada diantara dua desa dan kecamatan. Dekat dengan Kotagede juga. Untuk bisa kemari dibutuhkan waktu 15 menit jarak tempuh dari pusat kota Jogja.

Rutenya adalah: ambil jalur selatan, Jl. Margo Utomo – Jalan mataram – perempatan pertama belok kiri, Jl. Juminahan – Jl. Ki Mangunsarko – pertigaan, belok kiri ke Jl. Kusumanegara – Jl. Veteran – Situs Warungboto.

Untuk kamu yang masih bingung sama lokasi situs warungboto jogja, bisa cek maps>> https://goo.gl/maps/HbZ2GWLe4HZpgcC88

Situs Warungboto Jogja Htm

Serunya kalau kamu mbolang sampai sini adalah, nggak dipatok harga tiket masuk situs warungboto jogja. Jadi maksudnya gratis. Kamu tidak akan dipungut biaya untuk masuk ke situs ini. Cukup membayar parkir di area yang sudah tersedia. Biaya parkir pun murah hanya sekitar Rp 3.000 – Rp 5.000 per kendaraan.

Tiket masuk wisata warungboto yang free ini juga cocok untukmu yang backpackeran. Jogja memang sarangnya wisata murah dan gratis, seperti yang satu ini. Makanya kamu wajib kemari. Disarankan pakai kendaraan pribadi. Kalau kamu nggak bawa dari rumah bisa sewa selama di Jogja.

Jam Buka Situs Warungboto Jogja

Jam buka Situs Warungboto Jogja ini adalah dari pukul 06.00 – 16.00 WIB. Warung boto Jogja buka tiap hari. Jadi wisatawan bisa dengan leluasa menentukan waktu kapanpun mau kemari.

photo by @dittopercussion

Oke, itu tadi informasi seputar wisata Warungboto Jogja. Kamu yang mau kemari jangan lupa sewa motor di Jogja atau sewa mobil Jogja di Pamitran Rental Motor Jogja. Kenapa harus sewa kendaraan segala? Ya, biar liburan makin efisien dan simple kalau mau kemana aja. Kamu bisa sewa motor dengan harga yang murah disini. Jadi bisa ke Warungboto dan wisata sekitarnya.

Atau kalau yang bersama rombongan teman dan keluarga bisa sewa mobil driver Jogja maupun lepas kunci. Nah, selain obyek wisata warungboto yogyakarta tadi, kamu juga bisa kunjungi obyek wisata hits di Jogja lainnya. Tentunya bersama Pamitran Rental Motor Jogja karena kami sediakan paket tour Jogja terbaik buat kamu. Harganya aman di kantong. Yuk segera kontak kami untuk info lebih lanjut dan pemesanan.